Business

Ramai Binance Vs FTX Picu Likuidasi, Harga Kripto FTT Bergerak Turun

Published

on

Hubungan dua exchange kripto, Binance dan FTX dikabarkan sedang memanas. CEO Binance, Changpeng “CZ” Zhao, mengatakan pada hari Minggu (6/11) perusahaan exchange miliknya telah melikuidasi kepemilikan FTT, token asli dari FTX.

Dikutip Decrypt, keputusan tersebut menyusul kritik selama berminggu-minggu yang ditujukan pada pendiri dan CEO FTX, Sam Bankman-Fried, untuk proposal peraturan yang dia ajukan dalam sebuah posting blog yang merekomendasikan pembatasan mengenai DeFi. Sejak saat itu, dia berkomitmen untuk merevisi posisi regulasinya.

Binance menerima dana dalam bentuk token kripto, FTT sebagai bagian dari kompensasi keluar mereka dari posisi investor pada tahun lalu. Sejak 2019, Binance menjadi investor awal FTX dan memiliki sejumlah saham di sana.

FTX telah membeli saham Binance di perusahaan senilai US$ 2,1 miliar dalam bentuk FTT dan BUSD – stablecoin asli Binance, menurut pernyataan dari Zhao.

Likuidasi FTT Bertahap

CEO Binance, Changpeng “CZ” Zhao. Foto: Binance.

Baca juga: CEO Binance Terbuka untuk Bergabung dengan Dewan Twitter

CZ mengatakan likuidasi diperkirakan akan memakan waktu beberapa bulan untuk diselesaikan karena kondisi pasar dan likuiditas yang terbatas. Itu juga akan dilakukan dengan cara yang mencoba meminimalkan dampak pasar terhadap FTT, katanya.

Advertisement

Pada hari Sabtu (5/11), 22.999.999 FTT, senilai US$ 584 juta pada saat itu, ditransfer dari wallet ke bursa Binance, menurut Etherscan. Itu setara dengan 17% dari pasokan FTT yang beredar, menurut CoinGecko. CZ membenarkan pemindahan dana tersebut merupakan bagian dari langkah bursa untuk melikuidasi posisinya di FTT.

Zhao menyatakan dalam utas Twitter hari Minggu bahwa keputusan untuk melikuidasi posisinya di FTT bukan merupakan pukulan bagi pesaingnya. Namun, satu pengguna di Twitter menyarankan bahwa penjualan dapat berdampak pada pinjaman yang didukung dalam token.

Terlepas dari itu, FTT telah turun 9,5% selama sehari terakhir menjadi US$ 23,03 dari US$ 25,55, menurut CoinGecko, memantul dari terendah sekitar US$ 22 pada hari Minggu (6/11).

Ditawar Alameda Research

Sam Bankman-Fried, CEO FTX. Foto: FTX.

Baca juga: Dua Misteri Terbesar dalam Sejarah Aset Kripto

Sementara itu, Caroline Ellison, CEO Alameda Research, menawarkan untuk membeli sisa FTT yang dimiliki Binance dengan harga yang ditetapkan sebesar US$ 22, jika Zhao juga ingin meminimalkan dampak pasar dari langkah tersebut.

FTX dan Alameda Research merupakan perusahaan yang sama-sama didirikan oleh Sam Bankman-Friend. Keduanya memiliki fokus bisnis yang berbeda. FTX adalah exchange, sementara Alameda adalah perusahaan trading.

Advertisement

Binance telah menjadi exchange terkemuka dalam hal volume FTT dalam beberapa hari terakhir. Selama 24 jam terakhir, Binance menyumbang 6,3% dari volume perdagangan FTT atau US$ 95,4 juta, menurut CoinGecko.

Binance adalah investor awal di FTX dan sementara jumlah investasi awal belum diungkapkan, Zhao mengatakan kepada Forbes sekitar waktu Binances keluar, “Kami telah melihat pertumbuhan yang luar biasa dari mereka, kami sangat senang dengan itu, tapi kami telah keluar sepenuhnya.”

Pada hari Minggu, CZ mengatakan bahwa perusahaannya biasanya memegang token untuk jangka panjang, tetapi Binance telah mempertahankan posisinya di FTT terlalu lama.

Popular

Exit mobile version