Connect with us

Crypto

Dua Misteri Terbesar dalam Sejarah Aset Kripto

Published

on

Ilustrasi aset kripto. Sumber: Shutterstocks.

Ruang aset kripto diselimuti misteri dan kerahasiaan. Itu tidak mengherankan, karena anonimitas adalah salah satu fondasi utama dari industri yang terdesentralisasi.

Ada banyak misteri di dunia. Namun, misteri zaman modern di dunia digital adalah sesuatu yang baru. Dengan itu, mari kita lihat dua misteri terbesar di sektor aset kripto yang dilansir Watcher Guru.

1. Siapa Satoshi Nakamoto?

Pada tanggal 31 Oktober 2008, sebuah makalah berjudul “Bitcoin: A Peer-to-Peer Electronic Cash System” dikirim ke milis kriptografi. Makalah tersebut menggambarkan bagaimana rekan-rekan dapat mengirim nilai pertukaran antara satu sama lain tanpa harus bergantung pada kepercayaan. Penulis makalah itu bernama Satoshi Nakamoto. Namun, tidak ada yang tahu siapa orang ini.

Ilustrasi Satoshi Nakamoto. Foto: Getty Images.
Ilustrasi Satoshi Nakamoto. Foto: Getty Images.

Baca juga: NGOBRAS Season 2: Dampak Elon Musk Akuisisi Twitter ke Market Kripto

Sekarang, selama 14 tahun sejarahnya, banyak orang telah dituduh sebagai Satoshi. Menurut Vitalik Buterin, salah satu pendiri Ethereum (ETH), Hal Finney adalah kandidat yang paling mungkin untuk mengisi posisi Satoshi.

Finney adalah seorang ilmuwan komputer yang merupakan pengembang awal Bitcoin, dan dia juga penerima transaksi Bitcoin pertama dari dompet Satoshi. Selain itu, Finney tinggal di lingkungan yang sama dengan Dorian Satoshi Nakamoto, yang juga dituduh sebagai pembuat kode anonim.

Namun, Dorian membantah klaim tersebut. Mungkin Finney menggunakan nama tetangganya untuk tidak menonjolkan diri. Sayangnya, Finney meninggal pada tahun 2014 karena komplikasi ALS.

Kandidat Lain

Nick Szabo adalah kandidat lain yang telah dipertimbangkan untuk menjadi Satoshi. Szabo adalah penggemar mata uang terdesentralisasi dan menulis makalah untuk “Bit Gold”, yang merupakan pendahulu dari awal Bitcoin. Selain itu, Szabo dikenal sebagai penggemar penggunaan nama samaran; Inisial Szabo, NS, kebalikan dari Satoshi, SN.

Advertisement

Kandidat lain yang mungkin adalah Adam Back. Back adalah salah satu dari dua orang pertama yang menerima email dari Satoshi. Back juga merupakan pencipta Hashcash, sistem Proof-of-Work (POW) yang dirancang untuk membatasi penipuan email. Banyak orang bahkan menunjukkan gaya penulisan Back cocok dengan Satoshi.

Namun, tidak ada bukti kuat untuk membuktikan salah satu dari tiga identitas sebagai pencipta Bitcoin.

2. Siapa “Ratu Kripto” Ruja Ignatova?

Ratu kripto, Ruja Ignatova, Foto: The Guardian.
Ratu kripto, Ruja Ignatova, Foto: The Guardian.

Baca juga: Gantikan Indonesia, India Usung Regulasi Kripto Agenda Utama G20 2023

Ruang aset kripto dipenuhi dengan penipuan. Namun, tidak ada yang lebih terkenal dari Ruja Ignatova, yang dikenal sebagai “ratu kripto”.

Ignatova lahir di Bulgaria dari orang tua berdarah Roma, Italia. Namun, ketika dia berusia 10 tahun, orang tuanya pindah ke Jerman, dan sebagai hasilnya, dia kemudian memperoleh kewarganegaraan Jerman.

Onecoin adalah penipuan aset kripto skema ponzi yang didirikan dengan bantuan Ignatova. Pada tahun 2017, penipuan menipu publik sekitar US$ 4 miliar, dan Ignatova telah hilang sejak 25 Oktober di tahun yang sama. Ignatova terakhir terlihat meninggalkan Sofia, ibu kota Bulgaria, menuju Athena.

Keberadaan Ignatova masih belum diketahui, namun masih banyak yang menduga bahwa ia masih berada di Yunani. FBI Amerika Serikat telah memasukkan Ignatova ke dalam daftar orang yang paling dicari. Selain itu, FBI menawarkan hadiah US$ 100.000 untuk informasi yang dapat mengakibatkan penangkapannya.

Advertisement

Popular