Crypto

Siap-siap! Bappebti akan Umumkan 5 Aset Kripto Lokal Baru Awal 2023

Published

on

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) menyiapkan sejumlah aset kripto baru yang bisa diperdagangkan secara legal di Indonesia pada awal 2023. Investor kripto di Indonesia akan memiliki banyak pilihan ke depannya.

Plt. Kepala Bappebti, Didid Noordiatmoko, menerangkan saat ini Bappebti masih mengatur jenis aset kripto yang boleh diperdagangkan di Indonesia. Adapun saat ini terdapat 383 jenis aset kripto yang legal masuk dalam daftar whitelist.

“Saat ini ada 383 jenis aset kripto yang bisa diperdagangkan di Indonesia, melalui penilaian yang ketat, penilaian yang terus menerus baik oleh pedagang dan Bappebti, 10 di antaranya adalah koin lokal, dari teman-teman di dalam negeri,” kata Didid dikutip kumparan, Kamis (5/1).

Kripto Lokal Baru

Plt. Kepala Bappebti, Didid Noordiatmoko. Sumber: Bappebti.

Baca juga: Daftar Lengkap 383 Aset Kripto Legal Terdaftar Bappebti di Indonesia

Didid melanjutkan pihaknya tengah melakukan kajian terhadap 151 aset kripto baru secara ketat, terutama pada pengembangan koin tersebut. Dari ratusan aset tersebut di dalamnya ada 10 jenis kripto lokal lagi. Harapannya, jumlah aset kripto yang berasal dari Indonesia bisa bertambah.

“Kami sedang lakukan analytical hierarchy process (AHP) terhadap 151 jenis koin di mana, di dalamnya itu ada 10 jenis koin lokal juga.Mudah-mudahan di akhir bulan ini, minggu keempat Januari, kami akan menyampaikan beberapa jenis koin lagi yang bisa diakui untuk diperdagangkan di Indonesia. Setidaknya ada 5 koin lokal lagi dari 10 yang sudah di-review,” ujarnya.

Advertisement

Bappebti juga mendorong penerbitan aset kripto lokal lebih banyak lagi, tetapi tetap sesuai persyaratan yang sudah ditentukan. Bappebti akan melakukan supervisi, pendampingan, agar aset itu bisa memenuhi kriteria-kriteria yang sudah ditentukan.

Daftar Kripto Lokal Masuk Daftar Bappebti

Aset kripto lokal yang masuk daftar legal Bappebti. Sumber: TokoNews.

Baca juga: Aset Kripto Lokal yang Masuk Daftar Legal Bappebti

Sebelumnya, dalam Perba Nomor 11 Tahun 2022 tentang Penetapan Daftar Aset Kripto yang Diperdagangkan di Pasar Fisik Aset Kripto, memuat daftar aset kripto legal yang berasal dari Indonesia.

Daftar itu mengadopsi pendekatan positive list yang bertujuan untuk memperkecil risiko diperdagangkannya jenis aset kripto tidak memiliki kejelasan whitepaper atau yang memiliki tujuan ilegal, seperti pencucian uang dan sebagainya.

Di antara 383 jenis aset kripto, terdapat sejumlah project kripto lokal yang masuk. Berikut ini adalah beberapa project kripto lokal tersebut:

  • Toko Token (TKO)
  • VCGamers (VCG)
  • NanoByte Token (NBT)
  • BIDR (BIDR)
  • Kunci Coin (KUNCI)
  • PTU Token (PTU)
  • Rupiah Token (IDRT)
  • Degree Crypto Token (DCT)
  • Ana Coin
  • Cindrum (CIND)
  • Livepeer (LPT)
  • Shill Token (SHILL)

Untuk membeli atau melakukan transaksi aset kripto bisa melalui platform atau Centralized Exchange (CEX) resmi yang terdaftar di Bappebti, seperti Tokocrypto, Indodax, PINTU, Digitalexchange dan lainnya.

DISCLAIMERBukan saran atau ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset kripto masih berisiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.

Advertisement

Popular

Exit mobile version