Blockchain

TokoMall 101: Saatnya Kreator Indonesia Bergabung Jadi “Exclusive Partner”

Published

on

Situasi pandemi saat ini yang terjadi hampir di seluruh dunia tentunya berdampak pada terbatasnya akses dan ruang bagi para pelaku kreatif untuk berkarya serta memasarkan karya seni yang dimiliki. Naiknya tren non-fungible token (NFT) beberapa waktu ini menjadi angin segar dan opsi yang bisa dipilih oleh para pelaku kreatif untuk mengeksplor cara baru dalam menawarkan karya yang dimiliki.

Di Indonesia sendiri, para pekerja kreatif bisa mulai beralih ke NFT dan mencoba platform NFT marketplace dari Tokocrypto yaitu TokoMall. 

“Hadirnya TokoMall diharapkan dapat mendorong perkembangan pasar NFT di Indonesia dan mengajak pekerja kreatif untuk mulai mencoba NFT dan melakukan monetisasi atas karyanya kepada pasar lebih luas, tidak hanya di Indonesia melainkan juga di pasar global”

Pelaku kreatif baik pelukis, digital artist, fotografer, videografer, musisi, content creator, influencer, ataupun brand lokal bisa bergabung di TokoMall sebagai exclusive partner yang akan dibagi menjadi beberapa kategori seperti TKO Lifestyle, TKO Creative, dan TKO Stars.

Apa sih yang dimaksud dengan exclusive partner?

Exclusive partner di TokoMall merupakan para pelaku kreatif yang mendaftarkan diri sebagai merchant dan telah melewati proses verifikasi dari tim internal TokoMall untuk bisa menawarkan karyanya dalam bentuk NFT kepada para kolektor.

Meskipun dinamakan eksklusif partner, tetapi siapapun yang bergerak di industri kreatif Indonesia bisa bergabung. Karena TokoMall ingin memberi peluang pada seluruh kreator lokal berbakat di Indonesia.

Advertisement

Lalu, apa keuntungannya jika pelaku kreatif mengeksplor NFT dan menjadi exclusive partner di TokoMall?

 

  • Meminimalisir replikasi atau duplikasi karya seni

 

Dengan beralih ke NFT, para pekerja kreatif bisa memastikan keunikan atau kelangkaan karyanya sebagai nilai lebih yang ditawarkan kepada para kolektor. Mengapa? Kelangkaan dalam digital art terjadi pada saat para kreator melakukan minting karyanya ke NFT.

Saat itu kepemilikan tercatat di blockchain sehingga tidak mungkin diduplikasi atau replikasi. Hal ini bisa menjadi jawaban atas permasalahan hak cipta dan royalti yang biasa dihadapi kreator jika melakukan pemasaran di dunia nyata. 

 

Advertisement
  • Mendapatkan skema royalti secara berkelanjutan

 

Royalti menjadi salah satu permasalahan yang juga sering ditemui oleh para pelaku kreatif di Indonesia. Skema NFT di TokoMall menawarkan pembagian royalti secara berkelanjutan kepada kreator, setiap karya NFT yang dimiliki berpindah dari tangan kolektor satu dan lainnya.

 

  • Proses minting lebih cepat

 

TokoMall memungkinkan kreator untuk melakukan proses minting dengan jumlah banyak sekaligus (bulk upload), sehingga prosesnya akan lebih cepat.

 

  • Harga yang lebih stabil

 

Karya NFT sendiri bisa didapatkan oleh kolektor dengan menukarkan sejumlah koin/token kripto. Sayangnya dengan kecenderungan nilai kripto yang sangat fluktuatif, hal tsb bisa berpengaruh pada harga NFT yang ditawarkan oleh pelaku kreatif selaku kreator.

Advertisement

TokoMall memberikan opsi penawaran harga dilakukan dalam Rupiah (fixed price) yang nantinya akan dikonversi secara otomatis ke TKO, dimana konversi tsb akan mengikuti harga pasar pada saat proses “redeem” terjadi.

Dengan skema ini, diharapkan bisa menguntungkan kreator karena NFT yang dikoleksi senilai dengan harga yang ditetapkan. Tidak bergantung pada pergerakan nilai TKO di pasar.

Kamu pelaku kreatif yang tertarik dengan NFT? Yuk, bergabung di TokoMall dengan mengikuti langkah – langkah di sini. 

Cek Ini: Mulai Berkarya di TokoMall, Sign Up Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular

Exit mobile version