Academy

Apa Tujuan dan Fungsi Token Exchange?

Published

on

Token exchange atau sering disebut token bursa, adalah jenis aset kripto yang diterbitkan oleh platform perdagangan kripto. Token ini memiliki berbagai fungsi utilitas dalam ekosistem bursa tersebut. Manfaatnya antara lain adalah diskon biaya perdagangan, hadiah staking, dan akses ke fitur atau layanan khusus.

Kegunaan dan Manfaat Token Exchange

Banyak token pertukaran menawarkan diskon biaya perdagangan saat digunakan untuk membayar transaksi di platform bursa. Contohnya, BNB memberikan biaya perdagangan yang lebih rendah di Binance. Selain itu, pengguna dapat melakukan staking koin mereka untuk mendapatkan hadiah, seperti token tambahan atau berpartisipasi dalam aktivitas bursa, seperti pemungutan suara untuk penambahan token baru.

Pemegang token pertukaran sering kali mendapatkan akses ke fitur atau layanan khusus di bursa, seperti dukungan pelanggan premium atau partisipasi dalam penawaran token awal (IEO). Beberapa token bahkan digunakan sebagai agunan pinjaman atau untuk transaksi lintas platform, meskipun ini jarang terjadi.

Perbedaan Antara Token dan Token Pertukaran

Istilah “token” dan “koin” sering digunakan bergantian, namun sebenarnya memiliki perbedaan. Perbedaan ini tergantung pada apakah mata uang kripto tersebut merupakan mata uang asli dari blockchain atau hanya dibangun di atasnya berdasarkan standar token yang telah ditetapkan.

Advertisement

Misalnya, BNB adalah mata uang kripto asli dari BNB Smart Chain, sementara KuCoin Token (KCS) adalah token ERC-20 yang berjalan di atas Ethereum. Oleh karena itu, BNB adalah token exchange, sedangkan KCS adalah token pertukaran.

Mengapa Berinvestasi pada Koin dan Token Exchange?

Diskon Biaya Perdagangan: Pemegang token pertukaran sering mendapatkan potongan biaya perdagangan, yang merupakan keuntungan signifikan bagi pedagang harian. Misalnya, pengguna BNB di Binance menikmati biaya perdagangan yang lebih rendah.

Mekanisme Pembakaran Token: Banyak token menjalani mekanisme pembakaran, di mana sebagian token dihancurkan secara berkala untuk mengurangi pasokan keseluruhan, seperti yang dilakukan Binance dengan BNB.

Tata Kelola: Beberapa token bursa memungkinkan pemegangnya untuk berpartisipasi dalam keputusan tata kelola, memberikan suara pada proposal yang dapat memengaruhi masa depan bursa.

Advertisement

Generasi Hasil: Investasi dalam koin dan token bursa juga dapat menghasilkan keuntungan melalui staking dan aktivitas DeFi lainnya.

Koin dan Token Exchange Populer

Ilustrasi aset kripto BNB.

Baca juga: TKO Token Rilis Whitepaper V4.0, Hadirkan Inovasi dan Roadmap Terbaru

BNB

Merupakan token exchange paling populer yang diterbitkan oleh Binance. Pengguna BNB mendapatkan berbagai keuntungan, termasuk diskon biaya perdagangan dan akses ke fitur eksklusif.

Toko Token (TKO)

Advertisement

Tokocrypto adalah kripto exchange pertama di Indonesia yang mendapatkan izin resmi dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI), memainkan peran penting dalam industri kripto lokal dengan peluncuran Toko Token (TKO) pada 7 April 2021.

Utilitas TKO token bertujuan untuk memajukan adopsi teknologi blockchain di Indonesia. Ini dilakukan dengan menjadi jembatan antara masyarakat Indonesia dan Web3, membuka peluang bagi pemegang token TKO untuk berkontribusi dan mendapatkan manfaat dari ekosistem ini.

KuCoin Token (KCS)

Digunakan di platform KuCoin, KCS menawarkan diskon biaya perdagangan dan akses ke peluang investasi eksklusif.

Advertisement

GateToken (GT)

Digunakan di Gate.io, GT menawarkan diskon biaya perdagangan dan akses ke penjualan token eksklusif.

OKB

Awalnya token ERC-20, OKB sekarang berfungsi di OKT Chain dan memberikan diskon biaya perdagangan serta akses ke penjualan token.

Advertisement

Memperluas Kegunaan Koin Pertukaran

Beberapa token exchange, seperti BNB dan OKB, mulai diterima sebagai metode pembayaran di luar platform bursa mereka. BNB, misalnya, diterima oleh banyak pedagang Shopify dan layanan pengiriman makanan tertentu. OKB juga digunakan untuk berbagai pembayaran barang, jasa, dan bahkan pemesanan perjalanan.

Meskipun banyak token dan token exchange terutama digunakan dalam ekosistem bursa masing-masing, pengguna selalu dapat menukarnya dengan mata uang lain yang lebih umum digunakan untuk pembayaran barang dan jasa.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMERSetiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Advertisement

Popular

Exit mobile version