Crypto

Vasil Hard Fork Cardano (ADA) Semakin Dekat, Apa Dampaknya?

Published

on

Pengembang Cardano Foundation akhirnya mengumumkan bahwa Vasil hard fork Cardano (ADA) akan terjadi pada 22 September mendatang, atau hanya satu minggu setelah tanggal perkiraan The Merge Ethereum di tanggal 15 September.

Pendiri Cardano, Charles Hoskinson, mengatakan Vasil hard fork adalah pembaruan tersulit yang pernah dilakukan. Sehingga peluncurannya nanti akan menjadi tonggak sejarah bagi Cardano

“Apa yang luar biasa dari tanggal itu adalah secara acak dan kebetulan, jatuh pada hari kemerdekaan Bulgaria,” kata Hoskinson dikutip Decrypt.

Ilustrasi Cardano (ADA) akan upgrade Vasil hard fork.

Baca juga: Kelas Kripto: Trust Wallet Vs MetaMask, Mana Lebih Baik?

Vasil adalah pembaruan Cardano yang paling signifikan hingga saat ini, membawa peningkatan kapasitas jaringan dan biaya transaksi yang lebih rendah. Sementara, istilah hard fork adalah ketika peserta di jaringan blockchain memutuskan untuk membagi rantai, yang dapat terjadi karena berbagai alasan, menghasilkan dua versi jaringan atau protokol yang sama.

Asal-usul Nama Vasil Hard Fork

Nama Vasil hard fork sendiri diambil dari nama anggota komunitas Cardano di Bulgaria, Vasil St. Dabov. Vasil menjabat sebagai Chief Blockchain Advisor di perusahaan perangkat lunak R&D, Quanterall, sebelum meninggal dunia pada Desember 2021.

Advertisement

Hoskinson juga menyinggung Vasil hard fork Cardano bertujuan sebagai upaya besar untuk menskalakan dan memperluas pesaing Ethereum, ia juga bermaksud untuk meningkatkan pengalaman pengembang bagi para insinyur Web3 yang membuat aplikasi terdesentralisasi di Cardano.

Ilustrasi Cardano dan Ethereum, mana yang lebih untuk smart contract?

Baca juga: Jelang The Merge, Tokocrypto Bebaskan Biaya Trading Beli Ethereum

Upgrade juga akan membawa peningkatan pada Plutus untuk memungkinkan para pengembang membuat aplikasi berbasis blockchain yang lebih kuat dan efisien,” katanya.

Diketahui, total proyek yang dibangun di atas jaringan Cardano sejauh ini berjumlah 1.076 di bulan Agustus, bertambah 31 proyek dibandingkan bulan sebelumnya. Dan di awal bulan September, jumlah naik ke 1.082, melibatkan enam juta koin ADA dan 49,1 juta transaksi dalam satu minggu terakhir.

Popular

Exit mobile version