Connect with us

Blockchain

Kenetic: Asia Adalah Rumah Bagi Generasi Blockchain

Published

on

Kenetic akan segera meluncurkan dana modal ventura baru yang “merupakan blockchain dan ekuitas murni,” Jehan Chu, Co-founder dan mitra pengelola di Kenetic Capital, sebuah investasi blockchain dan perusahaan advisory, mengatakan kepada Cryptonews.com tentang rencana mereka, generasi blockchain di Asia dan desentralisasi bertahap.

Chu berbagi bahwa Kenetic sekarang sedang dalam proses pengumpulan uang, tetapi sudah dalam tahap membuat investasi. Mereka menutup investasi keenam mereka saat ini. Dengan jumlah, “Saya kira sekitar 8 digit dana yang terkumpul,” katanya tanpa menguraikannya lebih dalam.

Mereka juga telah mengembalikan seluruh pokok token dari tahun 2018 (bukan dana investasi yang teregulasi karena ini adalah perusahaan swasta), sementara perusahaan memiliki 50-60% pengembalian.

Ia menjelaskan bahwa Tesis investasi mereka ada dua.

Bagian pertama adalah “fokus ekuitas dan tahap selanjutnya dalam crypto.” Satu-satunya investasi dalam proyek blockchain, kebanyakan melihat hal-hal tersebut melambat, dengan traksi dan pendapatan pas pasar produk. Beberapa proyek yang mereka investasikan termasuk Token exchange berlisensi keamanan Bursa Efek dan Komisi AS, SharePost, aplikasi dompet bitcoin seluler Abra, dan BlockFi – platform peminjaman crypto dengan “pertumbuhan dua digit.”

Bagian kedua dari tesis ini adalah Asia.

“Asia adalah pendorong utama blockchain secara global dan akan berada di masa depan”. Banyak peristiwa yang berkontribusi pada hal ini, seperti perang perdagangan AS-Cina mendorong modal ke Asia, pengetatan kekayaan intelektual, pasar AS menjadi semakin ketat, dll.

“Generasi Internet difokuskan di sekitar Silicon Valley, sedangkan generasi blockchain akan berada di Asia.”

Selanjutnya, untuk membantu masyarakat menggunakan blockchain, Chu mendirikan Social Alpha Foundation (SAF) bersama istrinya, ketua Nydia Zhang. Ini adalah platform nirlaba yang menyediakan hibah dan fokus untuk mendukung pendidikan dan penjangkauan blockchain.

Advertisement

Kasus semi desentralisasi

“Saya pikir semi sentralisasi [dan adopsi yang dipimpin perusahaan] adalah gerbang menuju desentralisasi murni,” kata Chu. “Dan saya pikir dalam jangka panjang, aplikasi terdesentralisasi murni akan mendapat manfaat dari aklimasi pengguna dan normalisasi blockchain melalui jalur semi-desentralisasi dan terbukti di perusahaan.”

Token utilitas murni generasi pertama merupakan sejenis percobaan, sedangkan untuk investasi crypto generasi baru, ekuitas dan hibrida (token utilitas dan ekuitas), atau token keamanan murni, akan menjadi bagian dari persamaan.

Ada kurva adopsi yang dipimpin perusahaan, Chu mengatakan, “Artinya adalah bahwa seratus juta pelanggan pertama akan menjadi pelanggan perusahaan”. Perusahaan besar seperti Facebook, Line, Kakao, Alibaba, JPMorgan, Fidelity, Apple menciptakan masa depan crypto bagi pelanggan mereka. “Konversi jauh lebih mudah daripada adopsi”. Akuisisi pelanggan sulit dilakukan, mahal, dan memakan waktu lama. Langkah terbaru Facebook adalah “mendorong maju misi keseluruhan blockchain,” karena jauh lebih mudah bagi mereka untuk membuat stablecoin dan mengaktifkannya di dalam aplikasi pengiriman pesan WhatsApp dan mengubah ratusan juta pengguna. Komunitas desentralisasi murni memiliki lebih sedikit pengguna. Pada tingkat ini akan memakan waktu lebih lama, mungkin satu atau dua dekade, untuk sampai ke pengarusutamaan. Meskipun kurang anti-sensor dan efisiensi, semi-desentralisasi memiliki utilitas jangka pendek dan miliaran pengguna yang dapat dikonversi dalam beberapa tahun.

Bursa saham utama sudah melihat bagaimana blockchain dan tokenization akan berdampak pada mereka.

Baca juga: RS BP Batam Terapkan Teknologi Blockchain

“Kami tidak tahu persis berapa lama waktu yang dibutuhkan, tetapi pasar modal akan berbasis blockchain atau tokenized pada akhirnya”, kata Chu. “Jadi ini layak diperdebatkan. Ini masalah waktu.”

USD 30.000 hingga USD 100.000 Bitcoin

Prediksi Chu adalah bitcoin akan mencapai USD 30.000 pada akhir tahun dan dia masih yakin, tetapi kita sudah melihat kemunduran yang diharapkan.

“Kita bisa mencapai level 6.000,” katanya, tetapi mengetahui bahwa berbagai perkembangan, meningkatnya jumlah institusi yang masuk ke ruang crypto, dan pengumuman oleh perusahaan besar mungkin berpotensi menyebabkan reli besar-besaran. Semua ini memudahkan investor institusi yang “tiket minimumnya adalah 100 juta” dolar untuk masuk. “Ada banyak orang yang sedang merencanakan atau hampir siap  dan ini hanya titik kritis.”

Ada banyak dana sumbangan, dan “Saya pikir kita berada di tempat yang seharusnya partisipasi kelembagaan mengambil alih dan benar-benar mengantarkan kita dari USD 7.800 bitcoin, jauh melewati USD 30.000 bitcoin, juga USD 100.000 bitcoin.”

Investasikan uang mereka sendiri

Kenetic dimulai pada tahun 2016, dengan hampir tidak ada orang yang ingin berinvestasi di blockchain, jadi para pendiri menginvestasikan uang mereka sendiri. Baik Jehan Chu dan salah satu pendiri Lawrence Chu berasal dari latar belakang investasi, mereka tidak seperti berani mengambil resiko. Chu memulai karirnya sebagai pengembang, kemudian bekerja sebagai pedagang seni, sebelum menemukan Bitcoin pada 2013. Dia mulai berinvestasi dan membangun beberapa komunitas awal, seperti Bitcoin Association of Hong Kong dan komunitas Ethereum di Hong Kong pada 2014. Investasi pendiri Kenetic dalam proyek-proyek awal dan ekuitas memberikan dasar pertumbuhan mereka dan merupakan alasan mengapa Chu tidak menganggap dunia aset digital berisiko. “Jadi ini bukan perubahan,” katanya, tapi “formalisasi dan perluasan dari apa yang sudah kami lakukan ke platform yang tepat.”

Advertisement

Sumber

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular