Fundamental Bitcoin Masih Kuat, Namun Bearish Masih Menekan. Inikah Akhir dari Bulls BTC?

0
53

Bitcoin dan pasar crypto agregat sekali lagi memperpanjang pergerakan ke bawah mereka yang pertama kali dimulai ketika BTC mencapai level $ 13.800, yang sekarang tampaknya menjadi puncak lokal yang mungkin akan bertahan dalam waktu dekat.

Meskipun demikian, Bitcoin pada dasarnya masih memiliki fundamental kuat, yang dapat berarti bahwa setiap perdagangan yang fluktuatif pada saat ini hanyalah sebuah gejolak transaksi yang pada akhirnya akan sia-sia dibandingkan dengan keuntungan besar yang mungkin dicetak oleh BTC dalam beberapa bulan dan tahun mendatang.

Pada saat pers, harga Bitcoin telah turun 7.1 persen dan menduduki wilayah $10.281 atau Rp 145 juta-an, menurut CoinGecko.

Bitcoin telah menghadapi tekanan jual yang meningkat selama seminggu terakhir dan telah gagal untuk mengirim lonjakan signifikan sejak mencapai level tertinggi year-to-date $ 13.800, yang tampaknya merupakan puncak jangka pendek yang mungkin tidak akan ditinjau kembali untuk beberapa waktu.

Tindakan harga Bearish ini telah menangkap banyak kelengahan para Bulls Bitcoin, karena sentimen pasar secara keseluruhan telah menjadi sangat Bullish setelah BTC menembus di atas level $ 10.000, yang menyebabkan meluasnya euforia yang telah mereda.

Meskipun demikian, Bulls dan investor jangka panjang harus ingat bahwa Bitcoin naik secara signifikan dari level terendahnya di tahun 2019 sekitar level $ 4.000, dan telah mengalami beberapa perkembangan yang sangat Bullish pada akhir-akhir ini, termasuk masuknya banyak investor institusi ke pasar.

Selain itu, tingkat hash BTC juga telah naik dan terus naik, dan hanya turun sedikit dari tertinggi baru sepanjang masa yang baru dibentuk.

Semua perkembangan fundamental yang Bullish ini tentu saja berkontribusi pada momentum kenaikan Bitcoin yang terjadi selama kenaikan baru-baru ini, tetapi apakah itu cukup untuk mengurangi tekanan jual yang dihadapi BTC dalam waktu dekat?

Bleeding Crypto, seorang analis cryptocurrency populer di Twitter, berbicara tentang Bitcoin dalam sebuah cuitannya yang menjelaskan bahwa ia percaya BTC akan jatuh ke wilayah level $ 9.000 dalam waktu dekat, tetapi juga mencatat bahwa ini mungkin menjadi level Support yang kuat. Ia pun mengatakan:

“$ BTC berbaris dengan baik dengan retracement ke 30EMA (Ungu) setiap hari. Kami MUNGKIN menuju area $ 9.900- $ 9.700. Semoga kita bisa bangkit dari sana. 30EMA pada harian telah menjadi area di mana kami menemukan Support di masa lalu dan kami bangkit dari sana.”

Meskipun masih belum jelas pada saat ini apakah Bitcoin akan terus menghapus kenaikannya baru-baru ini, dari perspektif makro hal itu terlihat seolah-olah fundamental yang semakin Bullish yang akan membantu memimpinnya secara signifikan bergerak lebih tinggi. Kita lihat saja.