Connect with us

Crypto

Regulator Crypto Mengumumkan Aturan Baru untuk Broker Crypto

Published

on

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                   Dua regulator crypto dan keuangan utama Amerika, Securities and Exchange Commission (SEC) dan Financial Regulatory Authority (FINRA) telah mengumumkan bahwa broker yang ingin menawarkan sekuritas cryptocurrency harus mematuhi undang-undang sekuritas yang ada, termasuk aturan perlindungan pelanggan – tetapi tampaknya perlu lebih banyak waktu untuk memutuskan apakah mereka akan menyetujui aplikasi perusahaan terkait cryptocurrency untuk menjadi pialang-dealer resmi.

Dalam pernyataan bersama SEC-FINRA, para regulator menyatakan,

“Persyaratan Peraturan Perlindungan Pelanggan telah menghasilkan rekam jejak pemulihan selama hampir 50 tahun bagi investor ketika broker-dealer mereka gagal. Catatan tentang melindungi aset pelanggan yang ditahan oleh broker-dealer ini sangat berbeda dengan laporan cybertheft baru-baru ini, dan menggarisbawahi kebutuhan untuk memastikan broker-dealer melakukan perlindungan kuat terhadap aset pelanggan, termasuk sekuritas [cryptocurrency].

Broker-dealer diwajibkan menahan sekuritas margin

Pada aturan yang dipermasalahkan, regulator crypto tersebut merinci, “Aturan 15c3-3 mengharuskan broker-dealer untuk secara fisik menahan sekuritas margin yang dibayar penuh dan kelebihan margin atau mempertahankannya bebas lien di lokasi kontrol yang baik.”

Menariknya, regulator tampaknya telah menyarankan dalam pernyataan bahwa mereka menganggap perdagangan over-the-counter (OTC), di mana broker tidak memiliki penyimpanan efek aset digital, sebagai risiko yang lebih rendah. Ini berarti perdagangan OTC seperti itu tidak akan membutuhkan pengawasan tingkat tinggi.

Baca juga: Lyfe Berkolaborasi dengan BNI Hadirkan Jam Tangan Pembayaran Pertama di Indonesia

Penulis pernyataan itu menulis,

“Contohnya [dari aktivitas non-kustodian yang melibatkan sekuritas (cryptocurrency)] adalah di mana broker-dealer memfasilitasi transaksi pasar sekunder OTC dalam sekuritas [cryptocurrency] tanpa mengambil kendali atau melakukan kontrol atas sekuritas [cryptocurrency]. Dalam contoh ini, pembeli dan penjual menyelesaikan transaksi secara langsung dan karena itu, sekuritas tidak melewati perantara pialang yang memfasilitasi transaksi.”

Reuters mengutip Matt Comstock dari firma hukum yang berbasis di Washington, Murphy & McGonigle, seorang spesialis dalam hal-hal yang berhubungan dengan fintech, yang mengatakan pernyataan itu menunjukkan SEC “akan melihat sekuritas [cryptocurrency] sebagai sekuritas tidak bersertifikat.”

Advertisement

Pengacara mengatakan bahwa di beberapa negara bagian Amerika, kepemilikan saham disahkan dengan menggunakan catatan elektronik daripada sertifikat berbasis kertas.

Comstock juga menambahkan bahwa pernyataan itu mengisyaratkan bahwa “solusi lain untuk mengendalikan sekuritas, seperti menahan sekuritas dalam dompet yang dikendalikan oleh broker-dealer melalui kunci pribadi akan menghadapi jalan yang lebih sulit untuk persetujuan.”

Sumber

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular