Dilansir dari UseTheBitcoin, selama lebih dari 4 hari harga Bitcoin (BTC) diperdagangkan di bawah US$10.000 dan level dukungan target berikutnya bisa menjadi $9.500.

BTC/USD menarik keluar dari puncak intraday US$10.028 dan kembali ke area di bawah US$10.000, di bawah tekanan yang meningkat tren menurun (downtrend). Pada saat penulisan artikel ini di UseTheBitcoin, BTC/USD melayang di sekitar US$9.819, dengan bias bearish jangka pendek. Koin ini telah kehilangan sekitar 2,3% dalam 24 jam terakhir, sementara pasangan BTC/USD sedang dipengaruhi oleh perlambatan saat ini di seluruh pasar kripto dan menghentikan semua upaya untuk pulih sejak “musim gugur” minggu lalu.

Sampai sekarang, Bitcoin menuju jatuh lagi, tetapi dukungan utama menjadi ancaman bear (pasar yang melemah). Ada cukup banyak level teknis yang dikelompokkan di atas harga saat ini, yang berarti bahwa koin tersebut mungkin rentan terhadap kerugian lebih lanjut, setidaknya selama nilainya tetap di bawah angka kritis US$10.000. Pasangan BTC/USD dapat turun ke dukungan US$9.200, US$9.000, dan US$8.800 jika dukungan (support level) US$9.500 gagal dipertahankan.

Dalam arah yang berlawanan, jika dukungan kritis dapat terus memberikan dukungan untuk pasar, pasti kita dapat mengharapkan harga Bitcoin untuk kembali ke level resistansi US$10.300 sebelum pasar mengalami kenaikan jauh di atas formasi saluran untuk mencapai level resistensi potensial pada US$10.700, US$10.900, dan US$11.100. Namun seiring berjalannya waktu, BTC turun dan ada peluang tinggi untuk “istirahat” daripada terpental. RSI stokastik berada di zona oversold, dan penurunan lebih lanjut dapat menyebabkan harga Bitcoin jatuh lebih banyak, tetapi tekanan beli dapat mengunjungi pasar segera.

Pada grafik 4 jam, BTC/USD bergerak dalam pola saluran menurun. Setelah jatuh ke level dukungan US$9.814 pada 19 September, BTC menunjukkan harga cepat melompat ke batas atas saluran, tempat asal bear melanjutkan tekanan.

Saat ini harga BTC sedang menghadapi dukungan penting US$9,700. Setelah dukungan ini pecah, level US$9.600 dan di bawahnya mungkin ikut bermain. Lebih dari itu, RSI Stokastik bergerak di bawah level 40, yang menunjukkan momentum bearish lebih mungkin bermain.

Sumber: UseTheBitcoin