Miliarder Prancis Nyatakan Dukung Pada FB Libra

0
24
Xavier Niel, seorang miliarder Perancis yang aktif di industri telekomunikasi dan teknologi yang paling dikenal sebagai pendiri penyedia layanan Internet Prancis Iliad, menulis sebuah artikel untuk LesEchos yang menyatakan dukungannya untuk proyek crypto Facebook Libra pada 11 Oktober 2019.

Jangan Takut pada Libra

Libra akan tetap ada. Ini adalah pernyataan dimana Xavier Niel memulai karyanya. Tidak dapat dihindari dan menyangkal hal itu akan menempatkan Prancis pada posisi rapuh dan ketergantungan.

Menurut Xavier, Prancis harus memposisikan dirinya di pusat revolusi ini dan mendukung proses teknologi ini yang mungkin bertepatan dengan kemajuan sosial dan manusia. Semua upaya untuk menghentikan proyek ini kontraproduktif. Dunia meminta lebih banyak kebebasan, otonomi dan lebih sedikit ketergantungan pada negara. Metode pembayaran tidak akan menghindarinya.

Baca juga: Miliarder Warren Buffet Kembali Mengkritisi Bitcoin

Pertimbangan ini berasal dari fakta bahwa Xavier menganggap Libra sebagai alternatif yang lebih stabil untuk mata uang yang ada yang dapat mewakili aset yang aman di banyak negara jika terjadi ketidakstabilan ekonomi; selain itu, pembayaran juga akan lebih langsung dan lebih cepat seperti SMS. Tanpa perantara, tidak akan ada lagi penundaan dan komisi tinggi – ini bisa mengancam dan mengubah sistem perbankan seperti yang kita ketahui.

Dalam artikel tersebut, Xavier juga berbicara tentang keuntungan yang akan dibawa Libra mengenai inklusi keuangan global. Populasi ‘Unbanked’ berada di sekitar 1,7 miliar, atau sekitar 31% dari populasi dunia, di mana 1 miliar memiliki ponsel dan 480 juta memiliki akses ke Internet. Bangsa tidak boleh takut kehilangan kekuatan atau rasa identitas kolektif ini jika rakyatnya mulai menggunakan bentuk uang baru.

Libra hanyalah sebuah inovasi yang, dengan dukungan yang tepat, dapat menjadi kenyamanan tambahan bagi semua orang.

Namun, harus diingat bahwa miliarder Perancis memiliki semua kepentingan untuk berbicara dengan baik tentang Libra. Perusahaannya, Iliad, adalah salah satu anggota pendiri Asosiasi Libra, jadi akan aneh jika Xavier memiliki pendapat yang berbeda dari yang diungkapkan dalam artikel tersebut.

Sebuah kesempatan

Libra juga merupakan peluang bagi perusahaan yang secara signifikan dapat meningkatkan basis pelanggan mereka. Semakin banyak orang dapat berkomunikasi dengan media pertukaran yang sama, semakin efisien dan kompetitif pasar menjadi. Libra menawarkan kemungkinan ini.

Miliarder Perancis juga menaruh banyak kepercayaan pada anggota pendiri Asosiasi Libra. Xavier menetapkan bahwa Libra tidak boleh dianggap sebagai mata uang Facebook, tetapi lebih mewakili realisasi ide hebat dengan infrastruktur demokrasi sejati.

Pada bagian terakhir, penulis menyimpulkan dengan mengatakan bahwa Libra akan menjadi alat yang sangat baik untuk memerangi pencucian uang dan pendanaan terorisme berkat sifatnya yang terbuka dan transparan.

Kata-kata Xavier bertentangan dengan pendapat umum tentang proyek Libra yang kontroversial yang diumumkan awal tahun ini oleh Facebook. Seperti yang dilaporkan oleh BTCManager , pemerintah terus meminta semakin banyak pertemuan dengan berbagai kepala pejabat jejaring sosial termasuk CEO Mark Zuckerberg, yang juga perlu bersaksi di hadapan Komite Layanan Keuangan Gedung AS sebelum Januari 2020.

Sumber