Connect with us

Crypto

Negara Dengan Harga Premium Kripto Terbesar

Published

on

Hingga awal 2018, pasar cryptocurrency besar seperti Korea Selatan dan Jepang menunjukkan harga premium yang tinggi untuk Bitcoin. Pada puncak 2017, ketika harga Bitcoin diperdagangkan di sekitar $ 20.000 di pasar spot AS, Bitcoin diperdagangkan di pasar pertukaran cryptocurrency Korea Selatan untuk sekitar 26.000.000 won Korea, setara dengan sekitar $ 22.000. Perbedaan ini sekarang dikenal sebagai premium Kimchi.Sejak itu, dimulai dengan diperkenalkannya berbagai kerangka kerja peraturan oleh Korea Selatan untuk mengurangi harga premium regional yang termasuk larangan perdagangan mata uang asing dengan asing di pasar lokal, harga premium di pasar utama telah menurun secara substansial.

Namun, karena kurangnya pasokan dan permintaan yang relatif tinggi di beberapa pasar, Bitcoin diperdagangkan dengan harga premium di negara tertentu – beberapa lebih tinggi daripada kebanyakan.

Pasar Bitcoin OTC Hong Kong: 2% hingga 4%

Mengikuti larangan perdagangan cryptocurrency oleh People’s Bank of China, bank lokal di China diperintahkan untuk tidak bekerja dengan pertukaran Bitcoin lokal untuk mencegah individu dan bisnis dari perdagangan aset digital. Seiring waktu, pemerintah China juga memerintahkan pemroses pembayaran seperti AliPay untuk menghentikan pemrosesan transaksi terkait Bitcoin, menurut laporan dari publikasi blockchain Cina 8BTC.

Namun kabarnya, investor individu terus berinvestasi dalam Bitcoin setelah pelarangan. Pengenaan larangan perdagangan mata uang kripto oleh Cina memaksa investor untuk pindah ke negara-negara tetangga seperti Hong Kong, pada dasarnya memulai perdagangan dengan cara peer-to-peer.

Pada platform perdagangan OTC (over-the-counter ) OKEx , misalnya, investor dapat memperdagangkan Bitcoin menggunakan Tether ( USDT ), stablecoin yang didukung oleh dolar AS, dan kemudian menjual USDT untuk dolar Hong Kong. Harga premium pada Bitcoin muncul ketika investor menukar USDT yang mereka gunakan untuk membeli atau menjual Bitcoin untuk HKD, mirip dengan sebagian besar pasar OTC peer-to-peer. Di OKEx, USDT diperdagangkan di kisaran $ 1,02 hingga $ 1,04, yang mengindikasikan harga premium berkisar dari 2% hingga 4%.

Jepang dan Korea Selatan: 0,2%

Sementara Korea Selatan masih merupakan pasar yang relatif kecil dibandingkan dengan Jepang, AS dan Hong Kong, larangan perdagangan mata uang asing cryptocurrency telah menghilangkan sebagian besar permintaan mata uang digital. Di pasar bull 2017, mayoritas perdagangan skala besar di pasar Korea Selatan dikatakan berasal dari investor dan penambang Jepang dan Cina, mengurangi pasokan pertukaran.

Pasar pertukaran Jepang juga menunjukkan sedikit harga premium 0,2% dan telah melihat sebagian besar penurunan harga premium dalam dua tahun terakhir. Untuk pembelian spot atau broker, yang melibatkan transfer kawat langsung atau transaksi melalui pemroses pembayaran langsung ke bursa, ada harga premium sebesar 3,59%. Pada broker BitFlyer, harga untuk pembelian Bitcoin diperkirakan 936.621 yen Jepang, yang setara dengan $ 8.635 – hampir $ 300 lebih tinggi dari harga spot rata-rata global.

Advertisement

Baca juga: Ini 5 Negara yang Ramah Bitcoin

Malaysia, Filipina, Thailand: 1% –3%

Pasar pertukaran mata uang kripto Malaysia, Filipina, dan Thailand sebagian besar didominasi oleh broker seperti Koin, yang merupakan pertukaran terbesar di Filipina dan diakuisisi oleh aplikasi hailing ride terbesar di Indonesia yang disebut Go-Jek. Koin, yang memiliki lebih dari 5 juta pengguna di Filipina saja, memungkinkan pengguna untuk membeli atau menjual Bitcoin berdasarkan harga yang telah dihitung seperti broker BitFlyer, yang juga biasanya melihat harga premium lebih dari 3%.

Di Coins.ph, cabang Koin Filipina, Bitcoin memiliki harga beli 440.280 peso, sekitar $ 8.530, menunjukkan tingkat harga premium 2,2%. BuyBitcoin.ph, broker kedua yang paling banyak digunakan di Filipina, memiliki harga beli 443.300 peso, menunjukkan harga premium mendekati 3%. Di Coins.th, lengan Koin Thailand, harga beli Bitcoin melayang di 256.637 baht, atau $ 8.425, harga premium kurang dari 1%.

Thailand memiliki pertukaran spot dominan yang disebut BX Thailand, tetapi pertukaran yang disetujui Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) ditutup pada 30 September, mengutip tingkat volume yang rendah. Penutupan bursa populer dapat menyebabkan perbedaan harga yang lebih besar dalam jangka pendek karena volume beralih ke broker. Namun, dalam jangka panjang, kesenjangan harus ditutup.

Chili dan Brasil: 0,34% –1%

Pada pertukaran yang telah beroperasi selama bertahun-tahun di Amerika Selatan, harga Bitcoin sangat cocok dengan harga pasar spot AS, bahkan pada broker yang telah menetapkan harga beli dan jual. Di ChileBit, harga Bitcoin diperdagangkan sekitar $ 8.374, dengan harga premium 0,34% dan di FoxBit di Brasil, harga Bitcoin diperdagangkan pada $ 8,440, dengan harga premium 1%. Harga premium broker dan pertukaran spot di Amerika Selatan secara umum – dengan pengecualian beberapa negara seperti Venezuela dan Argentina – mendekati nol.

Harga premium rendah dapat mengindikasikan permintaan rendah dari investor lokal karena Chili, Brasil dan pasar besar lainnya di Amerika Selatan tidak diketahui memiliki pusat pertambangan skala besar yang menyediakan likuiditas ke pasar pertukaran Bitcoin global.

Pasar unik: GBTC di AS, Venezuela, dan Bitcoin Lokal

Terlepas dari pasar mata uang cryptocurrency kecil dengan likuiditas yang relatif rendah, produk yang diatur secara ketat yang sering digunakan oleh investor institusi dan terakreditasi untuk berinvestasi di pasar Bitcoin secara konsisten menunjukkan harga premium yang jauh lebih tinggi.

Advertisement

Bitcoin Investment Trust (GBTC), misalnya, yang mengawasi hampir $ 2 miliar aset dan memungkinkan investor institusi dan terakreditasi untuk berinvestasi dalam Bitcoin melalui pertukaran OTC yang diatur di AS, memiliki harga saham $ 9,81. Setiap saham GBTC mewakili 0,00097368 BTC, yang akan menyiratkan bahwa sekitar 1.200 saham setara dengan harga 1 Bitcoin.

Berdasarkan harga saham $ 9,81 dari GBTC, setiap Bitcoin yang dibeli melalui Bitcoin Investment Trust akan bernilai lebih dari $ 10.000. Berdasarkan harga Bitcoin saat ini di $ 8.300, GBTC menunjukkan harga premium lebih dari 20%.

Investor membayar harga premium yang lebih tinggi untuk produk-produk seperti GBTC dan produk yang diperdagangkan di bursa (ETP) karena mereka mengandalkan pihak ketiga untuk mengamankan kepemilikan Bitcoin mereka. Dalam beberapa bulan terakhir, GBTC telah berusaha memungkinkan pengguna untuk berinvestasi dalam Bitcoin dengan nilai nominal tanpa harga premium substansial dengan mengoperasikan jendela penempatan pribadi. Apakah ini akan menurunkan harga premium GBTC masih belum pasti.

Sumber

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular