Connect with us

Crypto

Rusia Mengubah Pabrik Soviet Menjadi Pusat Pertambangan Bitcoin

Published

on

Bekas pusat data terbesar Uni Soviet, BitRiver, dibuka sekitar setahun yang lalu di kota Siberia Bratsk dan sebagian besar kliennya menggunakan fasilitas itu untuk menambang Bitcoin (BTC), Bloomberg melaporkan pada 24 November.

Pusat data tersebut memungkinkan penambang cryptocurrency untuk mengambil keuntungan dari energi murah yang dulunya merupakan pabrik peleburan aluminium terbesar di dunia. Pembangkit ini dibangun oleh Uni Soviet pada 1960-an dengan pembangkit listrik tenaga air yang masih aktif untuk menggerakkan operasinya.

Lokasi pusat data juga mendapat manfaat dari iklim dingin, yang memungkinkan perangkat keras pertambangan bekerja pada tingkat efisiensi yang lebih tinggi sambil memotong biaya pendinginan.Miliarder dan presiden perusahaan aluminium terbesar kedua di dunia Rusal, Oleg Deripaska, adalah pemegang saham terbesar Bitriver. Dia dilaporkan memiliki ide untuk membangun pusat data sekitar lima tahun yang lalu dan mengarahkan perusahaannya Rusal bersama aluminium dan produsen listrik En + untuk menggunakan kembali fasilitas tersebut.

Menurut Bloomberg, hukum Rusia tidak mengakui penambangan cryptocurrency. Karena wilayah abu-abu legal ini, Bitriver tidak secara langsung terlibat dalam penambangan, tetapi hanya menyediakan peralatan dan layanan teknis untuk kliennya – termasuk dari Jepang, Cina, dan Amerika Serikat – yang beroperasi seperti pusat data lainnya.En +, di mana Deripaska dan keluarganya memiliki 45% saham, memasok hingga 100 megawatt listrik ke fasilitas tersebut, cukup energi untuk menopang 100.000 rumah. Pembangkit ini adalah pembangkit listrik tenaga air terbesar di Rusia dan pusat data memungkinkannya untuk terus menjual energi berlebih dan mendiversifikasi basis kliennya.

BitRiver membayar daya 2,4 rubel per kilowatt-jam, setara dengan sekitar $ 0,038 tanpa pajak pertambahan nilai dan menjualnya dengan 3,5 rubel ($ 0,055) per kWh ke penambang. Sebagai perbandingan, harga rata-rata listrik di Amerika Serikat adalah sekitar $ 0,12 per kWh.Bitcoin dan pasar cryptocurrency keseluruhan melihat penurunan harga yang signifikan awal pekan ini, karena BTC secara singkat jatuh di bawah $ 7.000. Namun, para penambang tampaknya tetap ingin terus meningkatkan kapasitas mereka.

“Tidak ada kapitulasi penambang,” komentar pengusaha Bitcoin Alistair Milne pada hari Minggu menyusul kenaikan tingkat hash jaringan dan kesulitan yang diperkirakan akan meningkat. Dia melanjutkan:

MEREKA BENAR-BENAR MENYADARI HALVING YANG AKAN DATANG DAN TAMPAKNYA TIDAK TERHALANG OLEH PENURUNAN BARU-BARU INI.”

Advertisement
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular