HSBC akan Mendigitalkan Catatan Penempatan Pribadi Tahun Depan

0
21

Raksasa perbankan Inggris, HSBC berencana untuk memindahkan aset senilai $ 20 miliar ke Digital Vault, platform kustodian berbasis blockchain baru pada bulan Maret 2020. Dengan menggelar platform ini, HSBC bertujuan untuk mendigitalkan catatan berbasis kertas dari penempatan swasta untuk meningkatkan standardisasi dan mempercepat proses dalam industri yang berkembang, ungkap laporan Reuters.HSBC dilaporkan mengharapkan volume global dari penempatan swasta untuk melonjak 60% dari 2017 hingga mencapai $ 7,7 triliun pada tahun 2022. Bank tersebut tidak dapat memperkirakan berapa banyak platform yang akan dihemat untuk perusahaan atau kliennya, menurut laporan Reuters.

Secara khusus, platform Digital Vault konon akan memungkinkan investor untuk melacak sekuritas yang dibeli di pasar swasta secara real-time.Karena penempatan pribadi biasanya dilakukan di atas kertas, prosesnya sering dikaitkan dengan kurangnya standarisasi, sementara akses ke dokumentasi dapat menjadi rumit dan memakan waktu. Dengan menggunakan blockchain, perusahaan berharap dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk membuat pertanyaan tentang kepemilikan oleh investor.

Sementara HSBC belum memberikan estimasi untuk hasil potensial dari mengadopsi platform, seorang ahli blockchain independen menyarankan penghematan besar tidak mungkin selama tahap pertama proyek.Windsor Holden, seorang konsultan independen yang melacak blockchain dan cryptocurrency, mengatakan kepada Reuters bahwa ia tidak berharap melihat penghematan dari peningkatan efisiensi di tahun pertama hingga 18 bulan.

Penempatan swasta adalah pendanaan putaran sekuritas yang dijual bukan melalui penawaran umum, tetapi melalui penawaran pribadi. Penempatan swasta dianggap sebagai opsi untuk penawaran umum perdana bagi perusahaan yang ingin mendapatkan modal untuk ekspansi.