Motivasi Penambang Bitcoin SV Menurut Binance Research

0
229
Bitcoin SVBitcoin SBinance mempublikasikan laporan yang menyatakan jika motivasi yang mendorong para penambang Bitcoin SV adalah non-ekonomi. Binance Research telah mencoba memperkirakan profitabilitas pertambangan untuk Bitcoin (BTC), Bitcoin Cash dan Bitcoin SV.

Menariknya, perhitungan yang dimasukkan dalam laporan menunjukan bahwa penambang BSV mengalami kerugian yang cukup signifikan yang mengakibatkan penambang tidak digerakan oleh laba.

Dari November 2018 hingga Agustus tahun ini, profitabilitas pertambangan BSV memang lebih rendah dibandingkan dengan Bitcoin dan Bitcoin Cash. Menurut para peneliti hal ini berimplikasi jelas.

“ Singkatnya pola reward kesulitan Bitcoin SV menyiratkan bahwa sebagian besar kekuatan hashnya mungkin tidak berasal dari aktor yang digerakan secara ekonomi hingga Agustus 2019,”

Baca Juga : Tak Memenuhi Standar Binance Hapus Bitcoin SV

Penambang BSV Rugi dibandingkan Penambang Bitcoin

Binance Reserach juga menghitung kerugian yang ditanggung penambang karena menambang BSVbukan Bitcoin. Dari laporan para periode November 2018-Desember 2019, penambang BSV secara kolektif menderita kerugian antara $12 juta dan $13 juta. Para peneliti menyarankan penjelasan yang mungkin

“ Para penambang BSV mungkin tidak menambang dengan kerugian selama enam bulan pertama tahun 2019, dan kepentingan pribadi masing-masing (yaitu, memiliki banyak koin BSV) mungkin mengimbangi biaya peluang. Kepentingan-kepentingan pribadi ini akan mendorong mereka untuk mengamankan jaringan BSV demi mempertahankan sebagian besar modal mereka, “ ungkap para peneliti untuk yang menjelaskan perilaku tampaknya tidak rasional para penambang BSV dilansir dari Cointelegraph.

Laporan yang dirilis Binance itu juga mengungkapkan jika profitabilitas penambangan Bitcoin Cash juga tetap lebih rendah daripada daripada Bitcoin pada periode antara Juni dan Agustus. Binance Reserach memperkiran bahwa penambang BCH telah mempertahankan biaya peluang sekitar $ 7,7 juta.

Ini bukan pertama kalinya penambang Bitcoin Cash ditemukan kehilangan uang dengan salah mengarahkan hashrate. Seperti yang dilaporkan Cointelegraph, para penambang BCH tampaknya telah menyia-nyiakan penambangan uang 14 blok pada rantai yang salah setelah altcoin mengalami kesulitan.

Apa itu Bitcoin SV

Bitcoin SV (BSV) adalah cryptocurrency yang dirancang oleh perusahaan nChain. BSV dikenalkan pada 16 Agustus 2018 dan digambarkan sebagai upaya untuk memulihkan protokol Bitcoin asli.  SV sendiri adalah singkatan dari “Satoshi Vision”, yang mewakili tujuan untuk membangun mata uang kripto yang dikonsep seperti pengembang Bitcoin.

Bitcoin SV adalah produk dari Hard Fork Bitcoin Cash yang terjadi pada 15 November dan dikelola oleh tim pengembangan yang dipimpin oleh karyawan nChain – Daniel Connolly dan Steve Shadders.

Harga BSV sangat fluktuatif, tetapi aset kripto ini dengan cepat menjadi salah satu top 10 cryptocurrency teratas dalam hal kapitalisasi pasar dan secara aktif diperdagangkan di sebagian besar exchange.

Sumber