Tim NBA Pertama Ini Luncurkan Aplikasi Berbasis Blockchain untuk Apa?

0
18
Banyak orang beranggapan bahwa cryptocurrency hanya dapat digunakan dan dimanfaatkan sebagai pilihan alternatif dari opsi pembayaran yang tersedia saat ini. Namun, nyatanya tidaklah demikian melainkan crytocurrency dan blockchain dapat digunakan untuk hal-hal lainnya yang memiliki cakupan yang lebih luas lagi.

Contohnya saja, dalam membantu industri olahraga seperti membantu dan memastikan keaslian tiket pertandingan sepak bola, serta menjadi salah satu cara untuk lebih mendekatkan publik atau suporter dengan pihak tim dan para bintang olahraganya melalui platform blockchain yang dapat melakukan pembelian dan pertukaran merchandise dan sebagainya.

Formula 1, sepak bola dan sebagainya hanyalah bagian kecil dari eksplorasi kegunaan blockchain di industri olahraga saja. Baru-baru ini, salah satu tim bola basket yang berlaga di kompetisi NBA telah meluncurkan sebuah aplikasi berbasis blockchain.

Tim NBA tersebut bernama Sacramento Kings, dan berstatus sebagai tim NBA pertama yang meluncurkan aplikasi berbasis blockchain.  Hal ini menjadi sebuah bentuk upaya untuk lebih mengenal manfaat dari hadirnya teknologi blockchain. Sacramento Kings menjalin kerja sama dengan Consensys dan Treum dalam meluncurkan platform blockchain yang memungkinkan para fans mereka untuk melakukan pembelian asli seperti peralatan basket dalam game.

Platform blockchain yang baru diluncurkan ini akan memungkinkan seluruh fans Sacramento Kings untuk melakukan penawaran untuk mendapatkan jersey yang dipakai oleh pemain Sacramento Kings.

Di mana, pembeli tersebut akan mendapatkan token digital ketika produk  lelang tersebut terjual, penerima token akan memperoleh token digital tersebut di dompet Ethereum. Yang mana, token digital tersebut dijadikan seperti struk atau bukti asli bahwa produk tersebut sudah kamu beli. Dan, sebaliknya jika kamu seorang pemenang lelang tersebut kamu bisa menunjukkan keasliannya melalui token digital yang kamu peroleh dan jika ingin menjualnya kembali kepada pembeli, kamu bisa mentransfer token tersebut kepada pembeli.

Cara ini dirasa aman untuk mengatasi penyebaran produk asli tapi palsu, yang mana di platform blockchain ini, semua barang yang dilelang bisa dibeli secara aman dan transparan, selain itu, kualitas dan keaslian dari produk tersebut dijamin asli.

Peluncuran platform blockchain baru milik Sacramento Kings untuk para fansnya, didasari oleh fakta bahwa NBA menjadi magnet bagi penggemar bola basket di seluruh dunia. Yang mana, salah satu buktinya banyaknya fans yang menginginkan jersey yang pernah digunakan oleh para pemain bintang NBA seperti Lebron James dan sebagainya, walaupun menggunakan cara lelang yang masih dinilai konvensional sekalipun.

Kini, melalui platform blockchain kamu bisa melakukan penawaran lelang secara adil dan transparan. Hal ini menunjukkan bahwa adopsi cryptocurrency dan blockchain sudah masuk ke dalam olahraga profesional. Di mana, ada salah satu pemain guard Nets yakni Spencer Dinwiddie yang telah melakukan kontrak kerja sama secara digital dan menerima pembayaran melalui token digital.

Sumber