Harga Bitcoin Capai $9.400 di Rally Berbasis Asia

0
35
Pada 28 Januari, sekitar pukul 23.30 UTC harga BTC naik telah naik dalam waktu lima menit dari sebelumnya di angka $9.150 menjadi $9.400. Harga tersebut merupakan level tertinggi dalam 83 hari ini. BPD Coindesk menunjukkan jika harga kripto terbesar di dunia tersebut terus naik di tengah ketidakpastian pasar global.

Dow Jones Industrial Average merugi 1,6 persen pada 28 Januari sementara indeks S&P 500 juga mengalami penurunan tajam, turun  sebesar 1,5 persen.

Kedua indeks tersebut memposting kenaikan yang moderat alam perdagangan setelah mereka berusaha untuk memperbaiki aksi jual kemarin. Namun, dengan ketidakpastian yang berasal dari waah virus corona di Cina, investor mulai mencari tempat lain untuk menaruh dana mereka.

Sedangkan dilansir dari Cointelegraph, ketidakpastian ekonomi dan kegelisahan di pasar seperti itu sering memicu peningkatan aksi bullish untuk Bitcoin.

Sementara Greenspan mencatat jika Bitcoin tetap merupakan aset yang sangat tidak berkorelasi dengan virus corona meskipun banyak yang beranggapan jika BTC mendapatkan keuntungan dari wabah tersebut.

Baca juga : Harga Bitcoin Melesat Setelah Iran Serang Balik AS

Pendapat Soal Lonjakan Harga Bitcoin

Menurut Su Zhu, salah satu pendiri perusahaan investasi crypto, Three Arrows yang berbasis di singapura berbagai pendapatnya soal harga Bitcoin.

“Rally [BTC] didorong oleh Asia dengan pembukaan kembali pasar ekuitas China setelah liburan yang sebelumnya sempat tertunda karena coronavirus, sehingga para pedagang yang gatal untuk aktivitas keuangan mungkin telah mengarahkan pandangan mereka pada pasar crypto yang selalu aktif 24/7, “ujar Zhu dilansir dari Coindesk.

Jehan Chu, salah satu pendiri dan mitra pengelola di investasi blockchain dan perusahaan perdagangan Kenetic yang berbasis di Hong Kong, mengatakan mengingat lingkungan makro yang sangat fluktuatif, bitcoin tiba-tiba tidak tampak begitu berisiko lagi.

“Lonjakan harga bitcoin baru-baru ini hanyalah awal dari langkah yang jauh lebih besar, karena adanya guncangan seperti gejolak Iran, perselisihan politik AS, dan sekarang virus corona mengguncang pasar publik mendorong investor untuk mencari tempat berlindung alternatif untuk modal. “ jelas Chu lagi.

Baca juga: Virus Corona Pengaruhi Bitcoin dan Saham

Di tempat lain di pasar, 10 cryptocurrency teratas berdasarkan kapitalisasi pasar telah menunjukkan kenaikan positif, Cardano (ADA) naik 8,6 persen, Bitcoin Cash (BCH) naik 4,6 persen, Eter (ETH) naik 2,15 persen, dan XRP naik 1,94 persen selama periode 24 jam.

Sumber