Mengenal Marketplace Yang Terdesentralisasi

0
60

Sejak munculnya Internet, pasar digital telah berhasil mempertemukan antara penjual dan pembeli barang dan jasa secara online. Salah satu yang cukup terkenal dalam memanfaatkan pasar digital adalah Airbnb, sebuah perusahaan dalam bidang penyedia akomodasi penginapan.

Dengan perantara Airbnb, para pemilik properti dapat memasarkan kamar secara langsung kepada para penyewa secara online. Para penyewa dapat memesan kamar hanya dengan beberapa klik di layar handphone, namun dengan kemudahan tersebut, biasanya nilai yang diambil oleh perantara ini seringkali tidak sepadan dengan nilai yang mereka ciptakan. Sebagai contoh, Airbnb memungut biaya tamu 5-15% dan menampung 3-5% dari setiap pemesanan. Ini berarti Airbnb akan mengambil sebanyak 20% dari nilai setiap transaksi.

Dalam hal ini, Antara penyedia akomodasi dan penyewa akan lebih baik dengan tidak adanya perantara, sehingga pemberi layanan dapat memperoleh harga sewa lebih tinggi dan pengguna layanan dapat membayar lebih murah. Namun pertanyaannya, bagaimana cara agar itu semua dapat terjadi?

Origin – Peet To Peer Marketplace

Kemunculan teknologi Blockchain Ethereum yang diluncurkan pada tahun 2015 telah membawa dampak positif terhadap segala bidang, salah satu yang memanfaatkan teknologi tersebut adalah Origin.

Origin adalah perusahaan yang bermarkas di San Francisco yang merupakan platform open-source yang menggunakan blockchain Ethereum dan Sistem File Antarplanet (IPFS), dimana para pembeli dan penjual dapat bertransaksi secara langsung (peer-to-peer) di pasar utama Origin tanpa perantara dan tanpa biaya transaksi. Dan untuk melakukan itu, Origin telah menyediakan tiga komponen open-source utamanya.

  1. DApps

Aplikasi asal flagship Origin adalah produk pasar konsumen yang memungkinkan pembeli dan penjual di jaringan untuk melakukan bisnis. Ini tersedia di web di shoporigin.com dan di perangkat seluler iOS dan Android di originprotocol.com/mobile.

  1. Developer Libraries

Adalah sebuah layanan Pustaka dalam javascript yang mudah digunakan sehingga memungkinkan pengembang membangun pasar terdesentralisasi dengan mudah dan cepat. Pustaka yang pertama adalah pustaka Javascript GraphQL yang dapat digunakan pengembang web dalam aplikasi web mereka. Pustaka masa depan mungkin termasuk pustaka seluler untuk sistem operasi seluler populer seperti Apple iOS dan Google Android.

  1. Open Source Protocol

Adalah sebuah standar Protokol open source blockchain yang banyak fitur, termasuk identitas pengguna, daftar penerbitan, dan transaksi peer-to-peer. Protokol juga mencakup lapisan data pengguna, daftar listings, dan data lain yang terbuka dan dibagikan pada kontrak Marketplace.

Origin Token

Origin Token (OGN) dimaksudkan untuk melayani beberapa fungsi utama pada platform. Pertama, OGN adalah token insentif multi-guna yang mendorong perilaku pengguna akhir, pengembang, operator pasar, dan peserta ekosistem lainnya. Selain itu, OGN adalah token pertukaran yang dapat digunakan untuk pembayaran antara pembeli dan penjual di dalam platform.

Lalu apakah Token Origin bisa digunakan selain daripada fungsi utama tersebut? Jawabannya adalah bisa, Token Origin dapat dijadikan sebagai sebuah aset yang dapat diperjualbelikan seperti Aset Kripto lainnya. Dan kabar baiknya Token Origin ini akan segera hadir di Indonesia dan mulai tersedia di dalam perdagangan Tokocrypto dalam waktu dekat ini.