Pasar Bitcoin Cs Memang Bergejolak, Tetapi Tumbuh Baik

0
14
pasar-bitcoin-tokocrypto

Perusahaan modal ventura, Andreessen Horowitz melihat memandang pasar Bitcoin Cs (aset kripto) memang bergejolak, tetapi tumbuh baik dan konsisten dalam beberapa tahun terakhir, berdasarkan empat ukuran utama.

Empat ukuran itu adalah pertumbuhan wacana di masa lalu di media sosial, pengembang (developer) platform blockchain dan aplikasinya, harga dan perusahaan rintisan (startup company). Inilah yang disebut perusahaan sebaga siklus kripto, yang menguntungkan bagi investor di masa depan.

Pernyataan itu dituangkan dalam satu laporan pada 15 Mei 2020 lalu, bahwa siklus aset kripto, memuncak pada 2010, 2013 dan 2017.

Kata mereka, tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) dari 2010 hingga saat ini menunjukkan adanya “ombak”, namun tumbuh konsisten dalam semua ukuran utama itu.

Baca Juga: Tokocrypto, Pedagang Aset Kripto Pertama yang Teregulasi di Indonesia, Berhasil Raih Pendanaan dari Binance

“Siklus tahun 2017 melahirkan puluhan proyek menarik di berbagai bidang termasuk pembayaran, keuangan, game, infrastruktur dan aplikasi web,” sebut perusahaan.

Andreessen Horowitz mencatat bahwa ide-ide inovatif yang didorong dalam siklus terbaru memiliki potensi untuk menciptakan “siklus kripto keempat”, yang, jika konsisten, dapat melihat peningkatan yang sebanding dalam media sosial, pengembang dan aktivitas startup dan mendorong kenaikan harga Bitcoin.

Baca Juga: Harga Bitcoin dan Emas Melonjak, Setelah The Fed Yakin Ekonomi AS Masih Loyo

“Walapun siklus itu terkesan kacau, namun dalam jangka panjang mereka telah menghasilkan pertumbuhan yang stabil, mulai dari ide-ide baru, coding, proyek dan startup, sebagai penggerak dasar inovasi perangkat lunak. Teknologi dan pengusaha akan terus mendorong aset kripto menjadi lebih baik pada di tahun-tahun mendatang. Kami senang melihat apa yang mereka bangun,” jelas perusahaan.

Andreessen Horowitz memang getol berinvestasi di sejumlah perusahaan terkait teknologi blockchain dan aset kripto. Di antaranya adalah sebagai anggota pendiri Libra Association, yang menggalang proyek blockchain dan aset kripto Libra, yang dikomandoi oleh Facebook.

Selain itu mereka berinvestasi di bursa aset kripto Coinbase, Dapper, Maker dan lain sebagainya. Sejumlah portofolio Andreessen Horowitz lainnya banyak dibeli oleh perusahaan lain, di antara Skype (Micorosoft), Facebook, Github (Microsoft), Instagram (Facebook) dan lain-lain. [Cointelegraph/red]