Korelasi Positif Bitcoin-Pasar Modal Kembali Seperti Maret 2020

0
27
Korelasi Positif Bitcoin

Korelasi positif Bitcoin (BTC) dengan pasar modal kembali seperti Maret 2020, setelah periode dasarnya nol sepanjang Mei.

Seperti yang diukur oleh korelasi Pearson antara imbal hasil indeks saham S&P 500 per jam dan BTC/USD pada di bursa aset kripto Coinbase, korelasi saat ini berada di 0,31.

Itu memang angka yang rendah, tetapi signifikan secara statistik. Selama Mei 2020, korelasi mencapai 0 yang berarti tidak ada korelasi. Itu sangat kontras dari Januari 2020, ketika Bitcoin menunjukkan korelasi negatif yang rendah tetapi signifikan secara statistik.

Sebaliknya, korelasi antara S&P 500 dan emas juga melonjak ke tingkat historis pada akhir Maret 2020 dan awal April 2020. Tetapi logam mulia itu tidak berkorelasi.

Tren terbaru dari korelasi yang tumbuh antara S&P 500 dan Bitcoin tidak ada antara S&P 500 dan emas, seperti yang ditunjukkan grafik kedua di atas.

Korelasi pasar aset kripto secara umum dan harga Bitcoinsecara khusus dengan dinamika pasar modal kian menjadi perhatian. Pasalnya telah berkali-kali turunnya harga Bitcoin terkait erat atau senada juga dengan turunnya kinerja pasar modal, yakni indeks saham S&P 500.

Fenomena itu setidaknya bisa dimanfaatkan oleh trader Bitcoin untuk mengantisipasi pasar secara cermat, bahwa pasar saham di AS sangat dipengaruhi oleh kebijakan pemerintah dan sejumlah regulator terkait, The Fed misalnya.

Kebijakan itu dikaitkan dengan pertimbangan pelonggaran ataupun pengetatan aktivitas warga karena pandemi COVID-19. Dengan kata lain, pelonggaran lock-down kelak bisa membawa rebound ke pasar modal, sekaligus pasar aset kripto. [Theblockcrypto/red]

Baca Juga: 10 Altcoin ini Capai All-Time-High Baru Ditengah Pergolakan Bitcoin dan Ethereum