Creepts: DApp Pertama yang Didukung Cartesi

0
64
Creepts

Creepts adalah sebuah game turnamen tower defense pertama di dunia yang terdesentralisasi. Game open-source ini dikembangkan oleh Cartesi untuk menampilkan fitur-fitur teknologi inti Cartesi. Saat ini, Creepts dapat dimainkan di testnet Rinkeby Ethereum atau dimainkan melalui versi read-only di websitenya. 

Creepts adalah DApp yang sangat unik karena menampilkan game multiplayer yang sepenuhnya terdesentralisasi dan dikembangkan dengan menggunakan komponen perangkat lunak konvensional Linux (dioperasikan dengan Javascript) serta membutuhkan miliaran instruksi mikro-prosesor (sehingga tidak mungkin dijalankan secara on-chain).

creepts

Di Creepts, tiap pemain bersaing melawan satu sama lain untuk mendapatkan skor tertinggi dalam game Tower Defense. Para pemain yang bergabung dalam sebuah turnamen dengan mendapatkan skor tinggi lalu permainan akan dipindah ke jaringan blockchain sehingga biaya lebih rendah. Smart-contracts game ini akan menentukan siapa yang menjadi pemenang dalam turnamen tersebut. 

Berita Terkait: Menghadirkan Cartesi – Membangun DApps yang Terukur Pada Sistem Operasi Linux

Teknologi Cartesi menggabungkan beberapa fitur komponen perangkat lunak on-chain dan off-chain yang melengkapi Creepts dengan dukungan untuk desentralisasi dan turnamen penangkal kecurangan. Cartesi memungkinkan setiap pemain Creepts untuk secara otomatis mereproduksi gameplay dari skor pemain lain secara off-chain. Jika ada yang mencoba curang dengan melaporkan peningkatan skor, beberapa pemain lain secara otomatis menggunakan Cartesi untuk mendapatkan skor nyata berdasarkan gerakan permainan yang dilakukan oleh pemain yang curang. Pemain yang jujur akan secara otomatis menantang dan secara terbuka mengalahkan pemain yang curang menggunakan smart-contract Cartesi, yang menyebabkan mereka didiskualifikasi. 

Tentang Cartesi

Cartesi didirikan pada tahun 2018 oleh Erick de Moura, Augusto Teixeira, Diego Nehab dan Colin Steil yang saat ini sedang membangun sistem operasi DApps. Cartesi memungkinkan aplikasi terdesentralisasi untuk berjalan dalam sistem Linux. Proses yang complex dapat dijalankan off-chain, bebas dari batas komputasi blockchain dan biaya yang sesuai tanpa mengurangi desentralisasi. Cartesi telah menerima pendanaan dari investor terkemuka seperti SNZ, SOSV, Artesian Capital dan baru-baru ini menyelesaikan acara public-sale dengan Binance. Visi dari tim ini adalah untuk membuat pengembangan DApps yang mudah, terukur dan hemat biaya dengan menggabungkan alat yang sudah digunakan oleh para developer.

Cartesi Ecosystem Links: 

Telegram – Indonesia       Website      Twitter      Telegram      Discord      GitHub