Connect with us

Blockchain

Polkadot (DOT) Melonjak Ke 10 Besar Cryptocurrency, Kok Bisa?

Published

on

Polkadot (DOT) melonjak ke 10 besar

Polkadot (DOT) tiba-tiba berada di peringkat ke 10 besar. Padahal, 3 minggu yang lalu DOT bahkan tidak masuk dalam peringkat 100 besar cryptocurrency.

Saat ini DOT menduduki posisi ke 7 dengan nilai kapitalisasi lebih dari $ 3.7 miliar. Kok bisa DOT melonjak ke 10 besar cryptocurrency dalam waktu kurang dari 1 bulan?

 

 

Jawabannya karena DOT mengalami redenominasi pada 21 Agustus lalu, setelah komunitasnya melakukan pemungutan suara.

Baca Juga: Menjelajahi Polkadot Sebagai Platform Potensial Untuk DeFi

Hal ini membuat pasokan token DOT yang beredar menjadi 10 kali lipat lebih banyak. Semacam proses pemecahan saham yang secara substansial nilai sahamnya naik tapi investor kecil akan melihat harganya semakin terjangkau.

Meskipun di industri cryptocurrency hal ini tidak pernah terjadi, namun cara ini ternyata efektif membuat total pasokan DOT yang semula hanya 10 juta token kini menjadi 1 miliar di Genesis. Redenominasi ini tidak mengubah nilai total kepemilikan investor, hanya membuat jumlah token meningkat.

Cara ini menimbulkan kesan DOT menjadi “lebih ergonomis” – sama seperti yang dikatakan pembuat platform Gavin Wood. Sebelumnya, pasokan awal Polkadot dibatasi hanya sebesar 10 miliar saja dan hal ini dianggap keputusan yang sembrono.

Advertisement

Sehingga Polkadot membutuhkan referendum komunitas untuk memecahkan masalah tersebut. Hasilnya, sejak bulan Juli sebanyak 86% dari komunitas setuju dengan redenominasi DOT. Mereka hanya menunggu waktu yang tepat untuk melakukannya.

Token DOT sempat mengalami keuntungan yang dramatis. Sebelum devaluasi token DOT naik $ 2,92. Kemudian 1 September menjadi kenaikan tertinggi yaitu $ 6,84. Dan, pada saat pers, harga DOT adalah $4.25 menurut CoinGecko.

 

CoinGecko

 

Analis makro bernama Thomas Kuhn memberikan 3 alasan lain yang membuat posisi DOT tiba-tiba melonjak, yaitu: Proyek tersebut semacam peti perang yang layak memulai, sehingga mereka dapat mendanai tim yang kuat mengingat Polkadot adalah proyek yang cukup baru dibandingkan dengan Ethereum, misalnya.

“Selama bertahun-tahun, para pemegangnya sudah tidak tahan menunggu untuk ‘meninggalkan kapal’ pada kenaikan harga pertama,” jelasnya.

Tapi, DOT juga bukanlah proyek yang baru dikembangkan melainkan sudah 3 tahun. Faktanya, peristiwa yang dianggap paling penting adalah adanya referendum komunitas sehingga memungkinkan pemegang untuk mentransfer token mereka – yang sebelumnya sanagat sulit karena hanya melalui pertukaran “over-the-counter”, dan IOU. Jadi, kemampuan transfer yang diaktifkan membuat kapitalisasi pasar DOT melonjak

Transformabilitas dan redenominasi telah menyebabkan sedikit kebingungan karena volume perdagangan DOT juga melonjak dalam beberapa pekan terakhir, melampaui $ 1,4 miliar pada 27 Agustus. Lebih penting dari itu, setidaknya, ambisi komunitas DOT untuk membangun ekosistem pesaing Ethereum: telah terbentuk.

Advertisement

Sayangnya, uang kripto ini tidak diperdagangkan di pialang dalam negeri. Jika anda mau membeli token ini, anda harus ke pialang luar negeri, seperti Binance.

Baca Juga: Wow, Polkadot Menjual 500 Ribu Tokennya dengan Harga yang Tidak Diketahui

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular