Menjelajahi Polkadot Sebagai Platform Potensial Untuk DeFi

0
41
Menjelajah Polkadot Sebagai Platform Potensial DeFi

Setelah pasar bullish yang terkenal di tahun 2017, pasar cryptocurrency mengalami pasar bearish yang sangat panjang dan keras. Meskipun hal ini membuat periode yang rumit bagi investor, ini tidaklah menjadi tragedi secara total. Walaupun jika harganya megecewakan, namun disisi lain harga aset kripto tidak pernah sekuat ini. Alam blockchain tidak pernah seinovatif dan sekompetitif ini sebelumnya. 

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai Polkadot sebagai salah satu project inovatif blockchain. 

Solusi interoperabilitas DeFi terbaik

Polkadot adalah salah satu projek interoperabilitas yang menjanjikan. ICO-nya merupakan salah satu ICO terbesar di tahun 2017, mengumpulkan $145 juta. Hampir $91 juta ETH dibekukan setelah Parity Bug. Tampak jelas bahwa Polkadot telah melalui masa pasang surut, namun tim tetap berkomitmen untuk memenuhi janji proyek. 

Proyek Polkadot didukung oleh tim teknis yang baik yang dipimpin oleh Gavin Wood, salah satu pendiri Ethereum. Melalui fitur interoperabilitasnya, Polkadot akan memungkinkan transfer data dan nilai diantara berbagai blockchain ekosistemnya. Ini adalah proyek yang sangat berorientasi pada pengembangan dan banyak tim telah memilih untuk membangun Substrat, teknologi Polkadot untuk membuat blockchain. 

Baca Juga: Polkadot Hadir di Indonesia Melalui Tokocrypto, Bisa Diperdagangkan dengan BIDR

Oleh karena itu, Polkadot merupakan pesaing serius bagi Ethereum, dengan tim Polkadot berusaha keras untuk membuat platform mereka seramah mungkin untuk pengembang. 

Dari segi Interoperabilitas, Polkadot didasarkan pada konsep “Relay Chain” atau rantai induk dan rantai yang dibangun diatasnya disebut “Parachain”. Rantai saling terhubung melalui relay chain dan setiap parachain dapat bergabung dengan ekosistem hanya dengan mengikat dan menahan DOT. Hal ini membantu memperkuat jaringan dan kepercayaan diantara rantai. Polkadot memanfaatkan kepercayaan ini dengan membangun model keamanan bersama yang memfasilitasi komunikasi dan pertukaran data dan nilai antara rantai yang berbeda. 

Jika dilihat dari segi teknologi dan aplikasi, Polkadot dapat dikatakan menonjol karena pengembangan blockchain dan platform DApps mereka. Polkadot menggunakan bahasa Rust, namun juga menggunakan WebAssembly seperti yang digunakan oleh Google dan Microsoft. 

Polkadot mencoba menarik para developer dan proyek untuk membangun diatas blockchain Polkadot dengan membuat platformnya semudah mungkin untuk dikembangkan. Polkadot membangun ekosistem besar dengan batasan yang lebih sedikit. 

Baca Juga: Mengenal Polkadot dan Solusi Interoperabilitas yang Ditawarkannya