Riset: 4 Peluang Mendorong Kapitalisasi Bitcoin Jadi $ 3 Triliun Di 2025

0
52
kapitalisasi bitcoin

Bitcoin gagal menembus resistensi di $ 11.000 dan melakukan perdagangan sideways di $10.800. Terlepas dari prospek jangka pendeknya yang volatil, penelitian terbaru memperediksikan adanya 4 peluang pasar yang mendorong kapitalisasi Bitcoin dalam waktu 5 tahun.

Penelitian tersebut berasal dari seorang analis aset kripto di ARK Invest, Yassine Elmandjra. Dia berpendapat bahwa saat ini Bitcoin menjadi aset paling menarik setelah emas.

Baca Juga: Analis: Bitcoin sedang Bergerak untuk Menembus $ 12.000, Mungkin?

Berikut, rangkuman Cryptoharian melansir dari zycrypto :

  1. Bitcoin Sebagai Jaringan Pembayaran Global

Elmandjra mengindikasikan pada akhirnya Bitcoin bisa menjadi sistem pembayaran untuk bank dan bisnis. Elmandjra menilai Bitcoin tidak dapat dimanipulasi oleh badan terpusat seperti bank sentral dan juga tidak dapat menyensor transaksi sehingga sangat cocok untuk peran ini.

“… Jaringan Bitcoin dapat membayar satu transaksi setiap hari dengan setiap bank lain di jaringan global 850 bank. Di Amerika Serikat saja, simpanan sebesar $ 14,7 triliun menghasilkan $ 1,3 kuadriliun dalam volume pembayaran antar bank setiap tahun. Jika ingin menangkap 10% dari volume pembayaran itu dengan kecepatan setoran yang sama, kami yakin jaringan Bitcoin akan berskala lebih dari 7 kali lipat dari nilai sekitar $ 200 miliar hingga $ 1,5 triliun,” mengutip laporan Economics of Bitcoin as a Settlement Network.

2.Bitcoin Sebagai Aset Non-Sovereign

Fakta bahwa cryptocurrency adalah non-sovereign, artinya tidak ada orang yang mengatur. Ini menunjukkan kekayaan pengguna tidak dapat disita oleh pemerintah atau melalui inflasi fiat.

“Jika probabilitas itu rata-rata 5% secara global, kapitalisasi pasar Bitcoin, atau nilai jaringan, dapat melonjak lebih dari 10 kali lipat dari $ 200 miliar menjadi $ 2,5 triliun,” jelas analis.

3.Bitcoin Menyalip Emas Untuk Menjadi Aset Lindung Nilai

Bitcoin sebagai emas digital adalah pendapat lain dari analis Ark Invest. Namun, penggemar crypto menilai Bitcoin lebih dari pada emas karena portable dan dapat diversifikasi – sifat yang tentu berbeda dengan logam mulia.

Bitcoin yang hanya menangkap 10% dari pangsa pasar emas saja, dapat mendorong nilainya menjadi $ 1 triliun – meningkat 5x lipat dari saat ini $ 200 miliar.

4.Bitcoin Sebagai Lindung Nilai Terhadap Devaluasi Mata Uang

Pendapat terakhir yaitu nilai Bitcoin berpotensi meningkat signifikan dalam 5 tahun ke depan, sehingga mampu bertindak sebagai lindung nilai terhadap fiat yang melemah. Bitcoin hadir sebagai sarana penyelamat yang layak bagi warga yang telah tidak percaya lagi dengan fiat karena inflasi dan hiperinflasi dalam beberapa kasus.

Jika Bitcoin dapat meraih 5% dari basis moneter global, selain dolar AS, yen, yuan, dan euro, maka kapitalisasi pasar kripto dapat mencapai $ 1,2 triliun.

Kesimpulannya, “Bitcoin menawarkan salah satu profil risiko-penghargaan yang paling menarik di antara aset, karena analisis kami menunjukkan bahwa Bitcoin harus berskala dari sekitar $ 200 miliar hari ini untuk menjadi $ 1-5 triliun kapitalisasi jaringan selama 5 – 10 tahun ke depan.”

Baca Juga: Pelajari Strategi Day Trading Agar Lebih Untung

Saat ini Bitcoin diperdagangkan pada $ 10.676,53 dengan kapitalisasi pasar $ 197 miliar. Menurut ARK Invest, kapitalisasi pasar $ 3 triliun pada tahun 2025 Berarti bitcoin akan dihargai lebih dari $ 140.000.

Apakah ini mungkin terjadi? Sangat mungkin, karena Bitcoin sudah dilirik oleh investor institusi. Beberapa minggu lalu, perusahaan Microstrategy membeli total $420 juta dalam Bitcoin. Dan bisa dipastikan, akan ada perusahaan lainnya yang mengikuti gaya ini.

artikel ini bisa anda baca kembali disini.