Ethereum 2.0 Rilis 1 Desember, Begini Perkembangannya

0
341
ethereum 2.0

Ethereum 2.0 rilis pada 1 Desember 2020, kurang dari seminggu lagi maka proyek yang sangat dinantikan penggemar crypto ini akhirnya akan muncul ke publik dengan ragam solusi yang lebih baik dibandingkan Ethereum generasi pertama.

Konfirmasi ini seiring dengan kontrak setoran Ethereum yang sudah memenuhi ambang batasnya yaitu 524.288 Ether dari 16.384 validator ke dalam kontrak setoran Eth2 sejak ditayangkan pada 4 November. Saat ini, kurang lebih 694.368 eter senilai lebih dari $422 juta yang berada dalam kontrak.

Baca juga: Apa itu Staking Ethereum 2.0 ? Panduan untuk Pemula

Selain itu sebuah portal web bernama Launch Pad diterbitkan untuk memudahkan pengguna belajar bagaimana menjadi validator ETH dan mengamankan blockchain.

Alamat kontrak telah melihat sekitar 16.736 transaksi sekitar 32 ether per transaksi. 32 ETH adalah jumlah yang dibutuhkan oleh para calon validator untuk bisa berpartisipasi.

Baca juga: Apa Itu Staking? Panduan Lengkap untuk Pemula

Tim Ethereum 2.0 Merayakan Keberhasilan

Setelah pencapaian ini sejumlah besar pendukung dan pengembang Ethereum merayakannya.

“Kami mencapainya, terima kasih untuk semua tim Eth2 dan komunitas yang menulis sejarah. Dan terima kasih kepada kritikus Ethereum yang membuat kami lebih kuat. Jangan lupa untuk memperbarui klien Eth2 Anda dalam beberapa hari,”  kata anggota R&D Ethereum 2.0, Hsiao-Wei Wang.

Pembaruan ETH 2.0 akan dimulai dalam waktu tujuh hari dan Beacon chain akan memulai yang fase eprtama dari empat fase awal.

Perkiraan mengatakan bahwa validator Ethereum 2.0 dapat memperoleh sekitar 20% sebagai hadiah tahunan. Setelah persyaratan dipenuhi, pendukung Ethereum Tom Shaughnessy mengatakan bahwa peluncuran Ethereum 2.0 mendapat lebih banyak perhatian.

Anggota Ethereum Foundation Hudson Jameson men-tweet tentang bagaimana peluncuran rantai Beacon Ethereum 2.0 akan terjadi sehari sebelumnya, dan apa yang perlu terjadi untuk membuat peluncuran yang sukses.

“Beacon chain  menandai awal transisi ke Eth 2.0, tetapi itu tidak berarti bahwa semuanya segera berubah. Eth 2.0 adalah proses multi-tahun dan beberapa bagian pertama dari proses itu tidak akan terlalu memengaruhi mainnet Ethereum saat ini, “ kata Jameson.

Jameson juga menekankan bahwa apapun yang terjadi, komunitas Ethereum harus terkesan dengan tim pengembangan Ethereum 2.0.

Sementara itu para peserta genesis tidak akan dapat menarik koin mereka hingga ETH 2.0 mencapai Fase 1.5  yang akan menggabungkan mainnet Ethereum dengan beacon chain Eth2 dan lingkungan yang dipecah  banyak trader kini menunggu pihak ketiga untuk meluncurkan layanan staking yang mengaktifkan penarikan, meskipun ada potensi risiko penipuan. Oleh karena itu semua harus dilakukan dengan cermat dan penuh pertimbangan.

Perkembangan Ethereum 2.0

Berdasarkan data dari Cryptoquant dari Unfolded, berikut ini adalah perkembangan dari Ethereum 2.0

Ethereum 2.0
Perekmbangan Ethereum 2.0. Sumber: Unfloded

– Phase 0 Success Rate: 111%

– Phase 0 Unique Validators: 18,333

– Total Value Staked: 586,656 ETH

– Unique Depositors: 1733.