Polkadot Terus Membentuk Harga Tertinggi Baru, Ini Penyebabnya

0
761
polkadot ATH

Polkadot (DOT) nampaknya telah mendapat pencerahan mengenai rencana penerbitan pembaharuan protokol tersebut secara menyeluruh.

Kabar tersebut, walau memiliki beberapa pernyataan tentang hambatan, telah mendorong harga DOT naik secara signifikan, bahkan menyentuh harga tertinggi barunya pada $31,9.

Pergerakan ini melanjutkan pergerakan sejak awal Februari 2021 yang terlihat terus membentuk harga tertinggi baru dan mencapai lebih dari 100% secara akumulatif.

Pembaharuan Sistem Menjadi Penyebab

Sentimen positif terbaru adalah rencana peluncuran baru protokol DOT dimana peluncuruan pembaharuan akan terbagi menjadi tiga tahap utama.

Baca juga: Apa itu Polkadot? Panduan Lengkap untuk Pemula dalam 3 Menit!

Tahap Pengujian

Saat ini, pengujian sedang berada dalam fase Rococo Testnet dimana para developers atau pengguna jaringan dapat menguji mekanisme komunikasi antar parachain.

Platform ini menggunakan mekanisme bernama Cross-Chain Message Passing-lite atau XCMP-lite, yang mempermudah parachain untuk mengirimkan koin dan pesan melalui jaringan Polkadot.

Rococo testnet sendiri telah dibentuk sejak Agustus 2020 namun seluruh komponennya belum terlihat selesai.

Namun, hal tersebut tidak menutup kemungkinan bahwa jaringan ini sudah dapat digunakan akibat tahap utama selanjutnya yaitu pemungutan suara.

Tahap Pemungutan Suara

Pemungutan suara ini dilakukan untuk menentukan apakah pembaharuan sudah dapat diimplementasikan yang akan diuji pada jaringan Kusama, yaitu jaringan canary Polkadot.

Kusama ini adalah sebuah jaringan yang menjadi titik tengah testnet dan mainnet karena sering digunakan untuk uji coba implementasi tahap awal.

Setelah implementasi pada Kusama terlihat stabil dan seluruh pemeriksaan sudah dilakukan, pemungutan suara kedua akan dilakukan pada jaringan utama Polkadot.

Pemungutan suara ini dilakukan untuk memperkenalkan sistem lelang parachain. Hingga saat ini belum ada waktu jelas mengenai fase ini.

Tahap Peluncuran

Walaupun begitu nampaknya saat ini Polkadot sudah mendekati tahap peluncuran yang diprediksi akan terjadi di kuartal pertama 2021.

Saat ini masih terdapat beberapa permasalahan dalam stabilitas Rococo Testnet. Namun, CEO, Alex Melikhov, meyakinkan bahwa semua berjalan sesuai rencana. Ia menyatakan,

“Saya masih optimis terhadap jadwal rencana peluncuran Polkadot Parachain dan permasalahan yang ada hanya mendorong untuk terus meningkatkan kualitas teknologi. Mengingat masih ada satu bulan sesuai rencana, peluncuran sistem lelang DOT akan segera terjadi.”

Potensi Positif dari Pergerakan Harga

Melihat pergerakannya sejak 1 Februari 2021, DOT telah mengalami apresiasi sekitar 101% yang menandakan bahwa pergerakan bulan ini akan terus positif.

Saat ini kemungkinan besar koreksi kecil akan terjadi akibat potensi tekanan jual setelah menyentuh harga tertinggi.

Dengan adanya potensi pola evening doji star pada grafik 1 Jam saat ini dan juga candlestick 4 Jam yang terlihat merah kemungkinan koreksi akan terjadi.

polkadot
Pergerakan Harga DOT 4 Jam

Indikator RSI memperlihatkan bahwa koreksi kecil akan terjadi akibat mulai bergerak turun, namun masih berada di zona beli.

Indikator MACD dan MA Cross mendukung potensi apresiasi akibat MA Cross masih berada di atas harga dan juga MACD masih bergerak naik.

Oleh karena itu, dalam jangka panjang kemungkinan apresiasi ini masih akan terus berlanjut. Namun koreksi kemungkinan akan menuju $30 hingga $29,4.

Jika setelah itu berlanjut turun, kemungkinan apresiasi akan berhenti dalam jangka menengah selama batas bawah pada $25,4 tidak ditembus.

Baca Juga: Prinsip dan Kiat Trading Bitcoin Cs

Namun jika naik, kemungkinan tujuan selanjutnya berada di sekitar $32 sebelum terus naik menuju $35.

Saat ini DOT masih terus berebut peringkat empat kapitalisasi pasar dengan ADA dan XRP.

sumber.