Connect with us

Market News

Inilah Cara Mendapatkan Uang Online Bagi Anda Pekerja Kreatif

Published

on

Inilah Cara Mendapatkan Uang Online Bagi Anda Pekerja Kreatif

Pandemi COVID-19 membuat sebagian sektor bisnis mengalami kerugian. Tak heran, banyak karyawan yang terkena layoff disaat situasi tidak menentu, seperti halnya para pekerja kreatif. Akan tetapi, sebenarnya masih banyak peluang untuk menghasilkan cuan, salah satunya dengan bekerja online. Penasaran bagaimana cara mendapatkan uang online bagi para pekerja kreatif? Yuk, simak selengkapnya!

Cara Mendapatkan Uang Online bagi Pekerja Kreatif

  • Cari Peluang dengan Menjadi Freelancer

Pada umumnya menjadi freelancer merupakan hal pertama yang terbesit bagi mereka yang menginginkan fleksibilitas dalam bekerja atau ingin mendapat penghasilan tambahan.

Seperti namanya, freelance merupakan pekerjaan yang tidak terikat dengan kontrak jangka panjang namun tetap memiliki ikatan terhadap suatu pihak. Perjanjian yang diberikan terhadap freelancer biasanya mengikat pada project (desain, copy, artikel, script, dan lain-lain), waktu pengerjaan, serta tarif yang dikenakan.

Menjadi freelancer merupakan salah satu cara mendapatkan uang online yang cocok bagi para pekerja kreatif di era pandemi karena bisa dikerjakan di mana saja dan kapan saja. Untuk besaran tarif freelancer sendiri biasanya ditentukan dengan jumlah project yang dikerjakan, tingkat kesulitan, dan tenggat waktu yang diberikan.

  • Jual Karya dalam Bentuk Barang

Selain menjadi freelancer, Anda bisa menjual hasil karya ke dalam bentuk merchandise, seperti baju, sepatu, mug, lukisan, dan sebagainya untuk menaikkan value, menciptakan branding, dan memperluas jaringan. 

Dengan menghadirkan karya Anda ke dalam bentuk fungsional, besar kemungkinan Anda akan mendapatkan persona dan memperluas target market yang nantinya bisa digunakan untuk keperluan strategi berikutnya.

  • Jual Karya Secara Online

Alih-alih hanya menyimpannya di laptop, Anda bisa menjual hasil karya Anda ke dalam situs berbayar seperti Shutterstock, Dreamstime, Flaticon, dan lain-lain. Cara ini cocok bagi para pekerja kreatif seperti graphic designer, photography, dan videography karena mengingat demand karya digital semakin meningkat setiap waktu.

  • Menggunakan NFT

NFT atau Non-Fungible Token merupakan sebuah token digital yang ditautkan ke sistem blockchain dan bisa digunakan untuk membeli serta menawarkan karya berbasis digital (desain, video, animasi, tweet, meme, dan lain-lain). 

Jika melihat salah satu fungsinya yang diperuntukkan untuk membeli serta menjual karya digital, maka bisa dibilang bahwa NFT merupakan bukti sertifikasi kepemilikan sebuah karya digital. 

Salah satu kelebihan yang bisa Anda dapatkan dengan menawarkan karya digital melalui NFT adalah Anda bisa menawarnya dengan harga yang tinggi dan tentu saja ini merupakan peluang untuk mendapat penghasilan tambahan secara online.

Advertisement

Lebih Lanjut Mengenai Jual Karya dengan NFT

Jika ingin menawarkan karya melalui NFT (disebut juga NFT Art), perlu diketahui bahwasannya karya Anda akan diberi sebuah kode khusus yang menandakan kepemilikan dan identitas secara sah, hal inilah yang disebut NFT. 

Disamping itu, NFT dari karya yang telah didaftarkan akan secara otomatis tercatat dalam blockchain dan Anda bisa menggunakan NFT sebagai sarana untuk mendaftarkan orisinalitas karya yang Anda hasilkan. Ini dikarenakan sistem pemrograman pada blockchain memverifikasi NFT Art Anda menggunakan smart contract yang mewakili suatu identitas dan tidak ada satupun yang bisa menduplikatnya.

Mari Gabung sebagai Kreator di TokoMall!

Dalam rangka mendukung panggung NFT di Indonesia, Tokocrypto meluncurkan NFT marketplace (TokoMall) untuk menjembatani para kreator dengan kolektor. 

Dengan bergabung bersama TokoMall, kreator dapat mendaftarkan diri sebagai merchant serta melakukan minting karya NFT setelah dinyatakan lulus review dan verifikasi. Setelahnya, kreator akan dikenakan sejumlah gas fee untuk melakukan proses publikasi karya NFT.

Ternyata cara mendapatkan uang online sangat beragam, ya! Terlebih dengan adanya NFT marketplace, Anda bisa mengambil peluang untuk memperkenalkan hasil karya terbaik kepada kolektor potensial di TokoMall. 

Advertisement
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular