Connect with us

Altcoin News

Rio de Janeiro Terima Bayar Pajak Pakai Bitcoin Mulai Tahun 2023

Published

on

Kota Rio de Janeiro terima bayar pajak properti pakai Bitcoin mulai tahun 2023.

Rio de Janeiro, salah satu kota paling ikonik di benua Amerika Selatan, mengumumkan akan mengizinkan warganya membayar pajak dengan aset kripto. Langkah ini menjadikan Rio de Janeiro, kota pertama di Brazil itu yang melakukannya.

Mantan Ibu Kota Brazil itu memang terkenal ramah terhadap pengembangan aset kripto. Tindakan ini juga merupakan bagian dari rencana kota yang melihat kripto sebagai aset investasi di masa depan.

Walikota Rio de Janeiro, Eduardo Paes, mengungkapkan rencana untuk memperkenalkan aset kripto dalam opsi pembayaran untuk pajak mulai tahun 2023 mendatang. Pajak ini berkaitan dengan properti warga negara dan akan dikumpulkan oleh pemerintah kota.

Kota Rio de Janeiro terima bayar pajak properti pakai Bitcoin mulai tahun 2023.
Kota Rio de Janeiro terima bayar pajak properti pakai Bitcoin mulai tahun 2023.

“Upaya kami di sini adalah untuk memperjelas bahwa di kota Rio kami memiliki inisiatif resmi yang mengakui pasar ini. Sekarang mereka yang berinvestasi dalam aset kripto dan tinggal di kota ini, akan dapat membelanjakan aset ini di sini dengan membayar pajak resmi. Dan kita akan bergerak maju dengan cepat,” kata Paes dikutip Bitcoin.com.

Baca juga: Nasib Ekosistem Kelembagaan Aset Kripto di Indonesia

Rencana Rio de Janeiro di Masa Depan

Untuk merealisasikan tujuan ini, pemerintah kota Rio de Janeiro harus bekerja sama dengan perusahaan pihak ketiga yang akan memproses pembayaran dan mengubahnya menjadi mata uang fiat. Dengan cara ini, kota hanya akan menerima mata uang Brasil, sambil memungkinkan pengguna membayar dengan kripto.

Rencana Paes untuk integrasi aset kripto tidak berhenti di situ. Pemerintahannya memiliki rencana untuk memasukkan lebih banyak layanan di bawah sistem pembayaran baru ini.

Ilustrasi aset kripto.
Ilustrasi aset kripto Bitcoin.

“Di masa depan, ini dapat diperluas ke layanan seperti naik taksi, misalnya. Lebih jauh, kami akan menggunakan aset kripto ini untuk mentransformasi seni, budaya, dan pariwisata, melalui NFT, dan membuat kebijakan tata kelola yang solid dan bertanggung jawab untuk mengevaluasi realisasi investasi kripto,” kata Pedro Paulo, Sekretaris Keuangan dan Perencanaan untuk Rio de Janeiro.

Untuk tujuan terakhir ini, kota Rio akan membuat lembaga baru, Komite Kota untuk investasi kripto, yang akan mempelajari cara terbaik untuk memasukkan sejumlah dana kota ke dalam aset kripto, dengan mematuhi semua undang-undang di negara tersebut.

Advertisement

Sebelumnya, kota Rio de Janeiro telah mengumumkan rencana ini pada bulan Januari lalu, menyatakan bahwa 1% dari dana kota akan dimasukkan ke dalam kripto pada waktu itu.

Baca juga: Harga Bitcoin Melonjak Jadi US$47.700, Inikah Penyebabnya?

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular