Connect with us

Metaverse

Kenalkan Decentralized Music, Netra Segera Rilis Royalty-sharing Music NFT di TokoMall

Published

on

Netra Music NFT bekerjasama dengan TokoMall

Selain sebuah benda yang dianggap sebagian dari modern visual art, kini NFT mulai juga dikenal sebagai aset berharga bagi para musisi. Melalui tokenized music, NFT diharapkan dapat menjadi sumber revenue bagi musisi untuk mendapatkan full value atas jerih payah mereka dalam proses menciptakan musik. 

Pada tahun 2020, total pendapatan industri musik rekaman mencapai 23,1 miliar dolar AS. Streaming mencapai 56 persen dari angka ini, menghasilkan $11,9 miliar secara global (Statista, 2021) Salah satu contoh ekstrem adalah lagu Mariah Carey “All I Want For Christmas Is You” telah diputar lebih dari 1,2 miliar kali di Spotify. Menurut kalkulator royalti, lagu ini menghasilkan lebih dari $2,5 juta, tidak termasuk dengan layanan lain seperti Apple Music, Youtube, Tiktok, dll.

Tercatat bahwa industri musik bisa menghasilkan untung sebesar USD$42 miliar setiap tahunnya, namun hanya sekitar 12% dari nilai tersebut dapat benar – benar diterima dan dinikmati musisi dibalik hasil karya miliknya. Sejalan dengan misi untuk memberdayakan potensi kreator lokal Indonesia dalam berbagai bidang kreatif, Netra dan TokoMall bertujuan untuk menjadi solusi bagi masalah-masalah yang mengakar di industri musik hingga saat ini.

Baca juga: Ketahui Serba-Serbi CryptoKitties, Salah Satu Pionir Game NFT

Apa itu Netra?

Netra adalah platform web3 bagi artis untuk berbagi kepemilikan musik dan pembagian royalti menggunakan Non-Fungible Token (NFT). Netra adalah NFT musik berbagi royalti pertama di Asia. Dengan adanya Netra, fans bisa ikut memiliki lagu karya artis favorit. Selain itu, Netra juga menawarkan sistem royalty sharing atau “listen-to-earn”, dimana pemegang NFT akan dibayar setiap kali ada yang mendengarkan lagu tersebut.

Setiap NFT Netra, melambangkan bagian kepemilikan dari sebuah lagu karya musisi papan atas Tanah Air, seperti Titi DJ, Andra Ramadhan, Dewa Budjana, Indra Lesmana, dan masih banyak lagi. Setelah 3 bulan, pemilik NFT dapat mengklaim streaming royalty melalui dashboard di website Netra (https://netra.live/). Royalty tersebut akan dikumpulkan dari berbagai macam platform seperti Spotify, Apple Music, YouTube, dan lainnya.

Dengan menerapkan prinsip desentralisasi, keuntungan yang diperoleh melalui streaming musik akan langsung ditransfer ke musisi dan penggemar yang memiliki NFT sebagai pemangku kepentingan tanpa intervensi pihak ketiga. Kemudian, dengan memanfaatkan teknologi blockchain, keamanan dan keaslian setiap transaksi serta fasilitas yang dijanjikan akan terjamin.

Pembagian Royalti Musik Netra

Pembagian royalti akan dimulai 3 bulan setelah tanggal rilis awal untuk setiap NFT. Setelahnya, setiap bulan akan ada pembagian royalti dari pendapatan streaming yang tersedia untuk diklaim di dasbor Netra.

Nilai royalti yang dapat diklaim akan tergantung pada beberapa faktor:

  • Berapa kali lagu tersebut mendapatkan stream (didengarkan) dari layanan streaming seperti Spotify & Apple Music
  • Berapa nilai $ per stream lagu yang dibayarkan oleh layanan streaming kepada kami sebagai pemilik lagu.

Baca juga: Penting dan Tak Boleh Terlewat, Inilah Cara Riset Pasar bagi Para Creator

Simulasi Pembagian Royalti

50% royalti akan disediakan untuk artis yang membuat lagu, dan 50% lainnya akan dibagi di antara pemegang Netra NFT. Misalnya, jika NFT #1 mewakili 1% dari total bagian royalti dalam lagu tersebut dan total royalti yang dibayarkan dari streaming adalah $100.000 pada bulan itu, artinya:

Artis akan mendapatkan 50% = $50.000 Semua pemegang NFT akan mendapatkan total 50% = $50.000 Pemegang NFT #1 akan mendapatkan 1% x $100.000 = $1000

Netra akan bekerjasama dengan Tokocrypto untuk menghadirkan NFT royalty-sharing di TokoMall. Langkah ini dilakukan untuk memperluas revolusi Decentralized Music di Indonesia.

“Kami percaya teknologi web3 dan blockchain merupakan masa depan musik, masa depan yang lebih adil, masa depan yang lebih transparan. Teknologi ini memungkinkan suatu hal yang tadinya tidak mungkin, bagi publik untuk memiliki bagian dari legacy maestro musik Indonesia. Dengan bekerjasama dengan TokoMall, kami berharap dapat mempermudah akses dan memperluas gerakan revolusi decentralized music ini,” ujar team Netra.

Jika kamu penasaran dengan Netra Decentralized Music, bisa lihat update-nya di komunitas telegram Netra t.me/netramusic dan situs https://netra.live/

Metaverse

Yuk, Ketahui Cara Bermain Game Kawaii Island NFT Agar Cuan!

Published

on

game nft kawaii island

Saat ini, game Kawaii Island sedang booming sebagai permainan baru yang fresh. Game ini cukup populer, terutama di kalangan pecinta game Play-to-Earn karena dapat menghasilkan cuan lewat pengalaman bermain game yang berbeda. Memangnya, apa itu Kawaii Island NFT? Bagaimana pula cara memainkan game tersebut untuk menghasilkan uang? Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Apa Itu Kawaii Island NFT?

Kawaii Island adalah game NFT yang dikembangkan oleh Imba Games Studio dan Orai Chain. Rilis dalam web version pada September 2021 dan mobile version pada 30 Maret 2022, game ini bisa mulai dimainkan dengan 1 akun Binance Smart Chain dan koneksi MetaMask Wallet Anda.

Game baru ini menawarkan dunia metaverse dengan gaya anime yang penuh warna-warni. Permainan yang ditawarkan oleh Kawaii Island ini berupa simulasi kehidupan di sebuah alam semesta fantasi berbentuk kepulauan di atas awan. Karakternya imut dan penuh warna, sesuai dengan namanya, kawaii, yang berarti imut.

Disebut sebagai game Anime Metaverse, Kawaii Island dirancang untuk dimainkan secara multiplayer. Anda akan memasuki dunia multiverse anime sebagai penduduk atau warga di sana, lalu ikut serta menjalankan berbagai aktivitas unik di pulau. Game ini memungkinkan Anda atau tim untuk ikut membangun pulau, membuat kerajinan, berkebun, hingga bersosialisasi dengan penduduk lainnya.

Sebelum mulai bermain, Anda harus mengisi pendaftaran terlebih dahulu. Setelah pendaftaran berhasil, Anda sudah bisa langsung bermain. Pada mulanya, Anda akan diberi sebidang tanah di pulau Anda untuk bercocok tanam. Elemen-elemen magis yang berhasil dipanen nantinya dapat digunakan untuk memberi makan makhluk magis, dijual, atau bisa juga disimpan. Semakin banyak hasil panen, maka semakin banyak pula item yang Anda dapatkan.

gameplay kawaii island

Photo Credit: KAWAII ISLANDS – Kawaiiverse via docs.kawaii.global

Gameplay NFT Kawaii Island

Kawaii Island adalah game NFT berbasis Play-to-Earn, yaitu permainan yang tidak sekadar untuk hiburan atau rekreasi, tetapi juga bisa menghasilkan keuntungan. Setiap pemain akan memiliki kesempatan untuk mengasah kreativitas berbisnis dan keterampilan bermain untuk memaksimalkan keuntungan.

Baca Juga: Pecinta Game, Yuk Cobain Thetan Arena untuk Cari Cuanmu di Dunia NFT!

Dilansir dari sumber terkait, game Kawaii Island sangat disukai karena menawarkan gameplay yang menarik, di antaranya seperti berikut ini.

Farming: 

  • Pemain dapat membangun bisnisnya sendiri secara on-chain berdasarkan kreativitas masing-masing dengan memanfaatkan avatar, tanaman, makhluk, dan item yang ada di pulau.
  • Mengelola sumber daya magis pulau yang berupa buah dan peliharaan ajaib.

Crafting:

Merancang dan membuat berbagai jenis furniture untuk rumah di Cloud. Nantinya, furnitur ini dapat dijual.

Social Club:

Bertemu, bergaul, dan menjalin relasi dengan penduduk Kawaii lain.

Selain farming, crafting, dan social club, pemain juga bisa menyelesaikan berbagai quest yang menantang untuk mendapatkan kekayaan dan prestige, home decorating, dan dress up karakter. Semua kegiatan punya peluang penghasilan dengan sistem Play-to-Earn.

Bagaimana Menghasilkan Keuntungan dengan Bermain Game Kawaii Island?

kawaiiverse

Source: https://kawaii.global/

Lantas, bagaimana cara mendapatkan penghasilan lewat game Kawaii Island? Apa saja keuntungannya? Nah, berdasarkan pengalaman bermain yang dilakukan Gesnef Okami-kun lewat channel YouTube-nya, 

Ia berhasil mengumpulkan uang mencapai Rp200 ribu bersama dua orang anggota timnya dalam sehari bermain. Dalam sehari tersebut, ia dan timnya berhasil mengumpulkan items dari bercocok tanam, menjual furniture, dan sebagainya. Items yang terkumpul itu bernilai Rp200 ribu jika diuangkan.

Apakah Anda tertarik untuk memainkan game ini? Berikut caranya:

  1. Anda bisa membeli kripto Kawaii Island NFT dengan kurs saat ini melalui MEXC, Hoo, dan PancakeSwap (V2). 
  2. Setelah menyiapkan akun dompet digital (MetaMask), Anda bisa mengunjungi laman resmi Kawaii Island atau memainkannya lewat Android dan iOS masing-masing untuk mulai bermain.
  3. Para pemain nantinya juga akan mendapat hadiah berupa token asli Kawaii yang disebut KWT untuk membeli NFT game yang bisa dipakai membuat dan menggabungkan item

Anda bisa menukar aset game dengan menjual NFT di TokoMall, pelopor marketplace NFT di Indonesia. Anda bisa membeli berbagai aset kreatif dan koleksi digital di sini! Yuk, bergabung!

Continue Reading

Metaverse

Ini 5 Game NFT Gratis yang Dapat Memberi Keuntungan

Published

on

rekomendasi game nft gratis

Game NFT adalah salah satu alternatif yang seru untuk mendapatkan keuntungan. Dengan modal bermain game saja, Anda punya kesempatan untuk mengumpulkan kripto sebanyak mungkin. Saat ini, banyak game NFT gratis yang dapat Anda mainkan untuk menghasilkan keuntungan. Apa saja? Simak kelanjutannya berikut ini!

Apa itu Game NFT ?

Game NFT adalah game digital yang menggunakan mekanisme, peraturan, dan interaksi antar pemainnya berdasarkan NFT. NFT sendiri adalah akronim untuk Non-Fungible Token, yaitu sertifikat keaslian yang unik pada blockchain sebagai bukti kepemilikan barang yang dapat dibeli dengan mata uang kripto. 

Bagaimana cara kerja game nft?

Cara kerja game NFT adalah mengombinasikan video game dengan teknologi blockchain, sehingga pemainnya bisa melakukan jual beli aset digital atau NFT mereka. Para pemain game NFT juga bisa memperoleh NFT lewat game-game tertentu yang biasa disebut Play-to-Earn atau bermain untuk dapatkan keuntungan. 

Singkatnya, game NFT memungkinkan para pemainnya untuk mendapatkan item yang diperoleh dari reward game sebagai aset NFT yang berharga.

Apa Itu Play to Earn Game?

Game NFT berbasis Play-to-Earn ini mampu menghasilkan keuntungan dalam bentuk koin kripto atau altcoin yang selaras dengan uang Rupiah. Para pemain harus mengumpulkan sejumlah item unik dalam game agar bisa diuangkan. 

Caranya adalah dengan menjual item tersebut ke bursa, pasar, atau rumah lelang yang sesuai dengan fanbase tertentu. Kisaran harga yang dispekulasikan akan tergantung dengan fluktuasi nilai item atau utilitas sebuah item dalam permainan NFT. 

Sebelum mulai bermain, Anda harus melakukan pendaftaran dan pembuatan akun terlebih dahulu. Jangan lupa juga untuk menghubungkan dompet kripto Anda. Biasanya, dompet kripto yang sering digunakan adalah MetaMask.

Baca juga: 7 Virtual Games NFT Menarik yang Akan Populer di 2022

5 Rekomendasi Game NFT Gratis

ilustrasi art nft

Setelah mengenal apa itu game NFT, pasti Anda mulai tertarik untuk mencobanya, bukan? Anda bisa mulai mengumpulkan keuntungan dengan memanfaatkan beberapa game Play-to-Earn NFT yang beragam jenisnya. Apalagi, sekarang juga banyak game NFT yang gratis yang sangat populer dan menguntungkan. Berikut ini adalah beberapa rekomendasinya.

1. AlterVerse

game nft alterverse

Source: AlterVerse Facebook Page

Suka dengan permainan bertema fantasi? Anda harus mencoba memainkan Alterverse karena game ini memadukan shooter dengan Sci-Fi. Game ini akan mengajak Anda menjelajahi luar angkasa untuk menyelesaikan misi menyelamatkan pesawat luar angkasa. 

Jika berhasil menyelesaikan quest, Anda akan mendapat reward berupa token dan NFT. Dengan NFT yang tertinggi, Anda akan bisa mengalahkan musuh terkuat, termasuk pemain-pemain lain di mode Deathmatch, untuk dapatkan semua reward-nya.

2. Eizper Chain

game nft gratis eizer chain

Source: Eizper Chain Facebook Page

Eizper Chain adalah game NFT gratis tipe ARPG (Action Role Playing Game) yang bisa dimainkan tanpa harus punya modal. Game berbasis teknologi blockchain ini menawarkan banyak misi dengan reward yang menarik. 

Anda bisa kumpulkan banyak karakter yang punya kemampuan khusus masing-masing, seperti menggunakan senjata, armor, dan eizper crystal skill. Selain menyelesaikan misi, game ini juga memungkinkan pemainnya untuk menjelajahi dunia yang bebas dan melakukan beragam aktivitas seru.

3. MIR4

game nft mira4

Source: MIR4 Facebook Page

Berikutnya, ada game MIR4 yang merupakan MMORPG open world dengan latar budaya Korea klasik dalam dunia fantasi. Game ini penuh dengan elemen-elemen laga antar klan yang menyebabkan perpecahan besar. MIR4 punya fitur penerjemah sehingga Anda bisa berkomunikasi dengan pemain-pemain lainnya. Kumpulkan koin kripto dan koin utilitas yang disebut DRACO agar bisa ditukarkan dengan darksteel (DS).

4. Thetan Arena

game nft thetan arena

Source: Thetan Arena Facebook Page

Game NFT selanjutnya adalah Thetan Arena, yaitu game MOBA berbasis blockchain yang menuntut Anda untuk bertarung dengan kelompok lain. Game ini akan memberi Anda tiga hero secara gratis untuk bertarung melewati 11 level permainan agar bisa menang. Setiap levelnya hanya bisa dibuka dengan piala khusus yang diperoleh setelah menyelesaikan quest

5. Tiny Colony

Source: Tiny Colony Linkedin Page

Game Tiny Colony punya konsep permainan yang cukup unik. Di sini, Anda akan bermain dalam sebuah koloni semut. Anda harus bisa membangun sebuah koloni semut yang canggih dan maju demi mendapatkan keuntungan yang melimpah. Anda juga dituntut untuk mempertahankan koloni Anda dari kekuatan gelap yang berkeliaran di bawah tanah. 

Baca juga: Mirip Animal Crossing, Begini Cara Main Game Alice Crypto

Keuntungan Bermain Game NFT Gratis

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, NFT adalah sertifikat kepemilikan asli yang tidak bisa direplikasi. 

Jika Anda membeli in-game item NFT, maka item tersebut akan selamanya menjadi hak milik Anda. Anda pun bisa mengoleksinya atau menjualnya kepada gamers lain. 

NFT sangat terjamin keaslian dan kelangkaannya. Oleh sebab itu, uang yang dihasilkan dari transaksi NFT bisa cukup besar jika Anda pun kreatif dalam berbisnis.

Apalagi jika game yang Anda mainkan adalah game NFT gratis, maka Anda tidak perlu mengeluarkan modal sepeser pun. Anda hanya perlu bermain dengan tekun dan kreatif agar kripto terkumpul sehingga bisa hasilkan cuan. 

Anda juga bisa melakukan jual-beli aset NFT Anda di TokoMall untuk maksimalkan pendapatan. TokoMall adalah pelopor marketplace NFT di Indonesia. Anda dapat membeli atau menjual berbagai aset kreatif dan koleksi digital di sini! Jangan lupa juga bergabung ke komunitas Tokomall di Discord dan Telegram Tokomall sekarang juga!

Continue Reading

Blockchain

Nilai Pasar Metaverse Diramalkan Menjadi US$ 5 Triliun pada Tahun 2030

Published

on

Ilustrasi metaverse

Perusahaan konsultan global McKinsey & Company meramal nilai pasar metaverse dapat mencapai US$5 triliun pada tahun 2030. Selain itu, lebih dari 80 persen perdagangan dapat terdampak aktivitas di metaverse.

Nilai Pasar Metaverse 

News.Bitcoin.com melansir, pekan lalu McKinsey menerbitkan laporan bertajuk “Penciptaan Nilai di Metaverse”. Laporan tersebut adalah hasil survei terhadap lebih dari 3.400 konsumen dan eksekutif terkait adopsi dan potensi metaverse serta peluang perubahan perilaku.

“Kami mewawancara 13 pemimpin senior dan pakar metaverse. Pada tahun 2030, sangat mungkin lebih dari 50 persen acara live digelar melalui metaverse,” jelas McKinsey.

McKinsey menambahkan, lebih dari 80 persen perdagangan dapat terdampak aktivitas di metaverse. Sebagian besar pembelajaran, pengembangan dan kolaborasi juga dapat terjadi di dunia virtual.

Selain itu, McKinsey memprediksi pengguna internet normal akan menghabiskan hingga enam jam per hari dalam kegiatan metaverse pada tahun 2030.

Baca juga: Masih Tentang Game NFT, Begini Fitur dan Cara Kerja Game Upland!

Pada tahun 2022, sektor metaverse menerima investasi sebesar US$120 milyar, dua kali lipat nilai investasi pada tahun 2021 sebesar US$57 milyar.

Kendati data metaverse beraneka ragam, McKinsey menyatakan metaverse dapat bernilai hingga US$ 5 triliun pada tahun 2030. Perkiraan potensi dampak metaverse pada tahun 2030 didasarkan kajian terhadap kegunaan bagi konsumen dan usaha.

Selain itu, McKinsey berdiskusi dengan 20 pakar internal dan eksternal terkait metaverse. McKinsey berkata, mereka memberikan prediksi terbaik kendati ketidakjelasan teknis, regulasi dan sosial terhadap metaverse.

Laporan tersebut menyatakan, metaverse akan memiliki dampak besar terhadap kehidupan individu dan perdagangan. Dengan potensi nilai US$5 triliun pada tahun 2030, McKinsey memandang metaverse sebagai potensi yang sangat besar dan tidak dapat diabaikan.

Baca juga: Elon Musk: Saya Tak Pernah Katakan Orang Harus Berinvestasi Bitcoin dan Dogecoin

Sejumlah bank besar dan perusahaan investasi memasuki sektor metaverse, termasuk JPMorgan, HSBC, Standard Chartered dan Fidelity Investments.

Survei yang dilakukan pada bulan April lalu mengungkap metaverse akan menjadi lokasi paling populer bagi komunitas kripto. 70 persen responden setuju kemajuan kripto dan teknologi blockchain penting bagi pengembangan metaverse di masa depan.

Selain McKinsey, beragam perusahaan lain memberikan prediksi ukuran metaverse. Citigroup meramal metaverse adalah peluang senilai US$13 triliun dengan lima milyar pengguna pada 2030.

Goldman Sachs melihat metaverse sebagai peluang senilai US$8 triliun.

Sumber

Continue Reading

Popular