Connect with us

NFT

Penting dan Tak Boleh Terlewat, Inilah Cara Riset Pasar bagi Para Creator

Published

on

pengertian riset pasar

Bagi seorang seniman atau creator, terdapat satu hal yang wajib dilakukan ketika memulai karir. Salah satunya adalah melakukan riset pasar secara menyeluruh. Hal ini bermanfaat agar mereka bisa tepat dalam menargetkan segmentasi pasar mereka sendiri. Karena kembali lagi, industri seni dan industri lainnya tentu berbeda. 

Lalu, bagaimanakah cara riset pasar yang bisa dilakukan oleh seorang kreator? Ini dia penjelasannya! 

Apa itu Riset Pasar?

Secara umum, riset pasar merupakan proses identifikasi kelayakan produk baru. Caranya dengan melakukan penelitian langsung dengan calon konsumen. Melalui metode ini, organisasi atau bisnis dapat menemukan target pasar, mengumpulkan opini dan mencatatnya, serta mengambil keputusan yang tepat.

Riset pasar biasanya dilakukan secara langsung oleh perusahaan atau organisasi, tapi bisa juga diserahkan ke pihak lain dengan keahlian khusus dalam melakukan riset pasar. Tujuan utama dilaksanakannya riset pasar adalah untuk memahami pasar yang terkait dengan suatu produk, serta untuk mengetahui bagaimana target konsumen akan bereaksi terhadap produk tersebut. Informasi dari riset pasar dapat dipakai untuk menyesuaikan kegiatan pemasaran atau untuk menentukan kebutuhan layanan konsumen, jika ada.

6 Langkah dalam Proses Riset Pemasaran

Agar lebih jelas, berikut adalah langkah yang harus Anda lakukan ketika melakukan riset pasar

  1. Apa masalah yang terjadi?

Proses mengetahui masalah yang terjadi dapat membantu Anda untuk memahami ataupun menentukan tujuan yang ingin dicapai. Karena kembali lagi, riset adalah proses yang dilakukan guna mencari tahu informasi yang akurat dan bisa dikatakan menjadi landasan guna mengambil langkah dalam sebuah bisnis maupun kegiatan lainnya. 

  1. Tentukan desain riset

Adapun desain riset yang dimaksud adalah prosedur yang akan Anda pilih terkait prosesnya. Ada bagaimana cara pengambilan data, cara pengujian hipotesisnya, dan bagaimana metode pengumpulan data yang akan digunakan. 

  1. Pilih metode pengumpulan data

Umumnya ada dua sumber data yang dipakai, yakni sumber data primer dan data sekunder. Data primer merupakan data yang didapatkan langsung dari lapangan. Sedangkan data sekunder ialah data yang didapat melalui buku atau referensi lainnya. 

  1. Pengumpulan data

Beberapa metode yang bisa dipilih dalam pengumpulan data antara lain penyebaran survei, wawancara, focus group discussion, atau studi dari dokumen riset lainnya.

  1. Melakukan analisis

Setelah pengumpulan data selesai dilakukan, saatnya Anda menghimpun ke dalam database untuk kemudian dianalisis. Adapun cara yang bisa membantu dalam tahap ini ialah menggunakan software khusus statistik. Setelah itu, baru data yang ada sudah diolah saatnya dilakukan analisisnya. 

  1. Laporan riset 

Ini adalah proses akhir dari riset pemasaran. Adapun isi yang ada antara lain hasil penelitian, kesimpulan, dan rekomendasi. 

Bagaimana Cara Melakukan Riset Pasar NFT?

apa itu market research

Belakangan tahun ini, NFT atau Non-Fungible Token menjadi ramai diperbincangkan oleh banyak orang. Begitu pula di Indonesia. Kepemilikan karya seni digital dalam bentuk NFT ini menarik karena aset tersebut tidak bisa dipublikasi. 

Selain itu, kian banyaknya pesohor dunia yang punya dan memamerkan NFT yang mereka beli adalah salah satu penyumbang kenapa NFT semakin diperbincangkan. Tidak mengherankan jika NFT ini menarik banyak pekerja seni. Terlebih NFT ini bisa menjadi salah satu cara baru bagi para seniman atau kreator dalam mencari pemasukan atau bahkan meraup keuntungan besar. 

Nah, riset pasar NFT sebenarnya berbeda dengan konvensional karena teknologi yang dimiliki pun berbeda. Mengingat pasar NFT sangat baru, tidak sedikit kreator pemula yang mencoba peruntungan dan akhirnya kehilangan uang. Itulah mengapa sangat penting untuk selalu melakukan riset pasar sebelum Anda memutuskan berinvestasi sebagai kolektor NFT.

Advertisement

Untuk melakukan riset pasar NFT, pertama-tama Anda perlu ketahui dulu apa saja kategori NFT teratas yang ada di pasar saat ini, di antaranya:

  • Musik – Artis dari Snoop Dogg hingga Kings of Leon menjual musik dan seni sebagai NFT.
  • Real estat virtual – Decentraland menawarkan sebidang tanah virtual.
  • Gaming – Model game NFT Play-to-earn telah muncul, termasuk pacuan kuda digital.
  • NFT Mewah – Merek mewah dari Gucci hingga Jacob & Co telah memasuki pasar NFT.
  • Memorabilia olahraga – NBA Top Shot dan DraftKings menguangkan memorabilia digital.
  • NFT sebagai bukti kepemilikan dunia nyata – Dengan sepatu palsu membanjiri pasar sneakers, Nike berencana membuat NFT yang mewakili bukti kepemilikan atas sepatu dunia nyata.

Langkah dalam Riset Pasar NFT

Setelah menentukan pilihan NFT dari berbagai kategori teratas tersebut, Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut untuk melakukan riset pasar NFT:

1. Membandingkan marketplace yang ada dengan “identitas” yang akan dibangun

Dengan membandingkan marketplace yang ada, Anda bisa membeli karya NFT yang sesuai dengan “identitas” yang akan Anda bangun sebagai kolektor. Pilihlah marketplace NFT yang sederhana dan mudah digunakan. Marketplace pilihan Anda juga harus mendukung beberapa dompet NFT serta opsi pembayaran yang berguna jika Anda ingin membeli NFT dengan metode pembayaran yang Anda gunakan di dompet kripto.

2. Mencari tahu kebiasaan kolektor melalui komunitas

Bagi Creator pemula, bergabung ke komunitas bisa sangat bermanfaat jika komunitas yang diikuti memiliki anggota yang ramah dan aktif. Komunitas yang baik juga perlu memiliki engagement yang baik di media sosial, orang-orang yang ingin mengadakan proyek jangka panjang, dan moderator obrolan yang mendiskusikan tujuan jangka panjang. Lewat komunitas, Anda juga bisa mencari tahu kebiasaan kolektor sehingga bisa Anda contoh untuk sukses menjadi Creator.

3. Mencatat populasi sasaran

Untuk mendapat keuntungan sebagai kreator, Anda perlu menjual kembali karya NFT. Oleh karena itu, penting untuk mencatat populasi sasaran. Contohnya, karya seni yang sangat mahal umumnya memiliki audiens khusus. Jika ingin mudah dijual, Anda bisa pilih barang-barang yang berada dalam kisaran harga menengah. Dianjurkan untuk tidak berinvestasi pada barang koleksi yang terlalu murah sebab tidak akan memiliki nilai jual kembali.

Baca Juga: Panduan Cara Membuat dan Menjual NFT

Kreator yang Melakukan Riset Pasar dengan Baik

nft superlativess di opensea

Superlative SS on OpenSea

Salah satu creator yang bisa dikatakan melakukan riset pasar dengan baik adalah Prasetyo Budiman atau yang akrab dikenal prasdiman. Ia aktif sebagai kreator di Indonesia dan karya NFT-nya berhasil diminati banyak orang. Prasdiman bisa menjadi salah satu kreator yang sukses melakukan riset pasar, hal ini bisa dilihat dengan keterlibatannya sebagai salah satu yang menciptakan Superlative Secret Society sebagai wadah bagi komunitas NFT di Indonesia. Ia percaya jika pasar NFT di Indonesia dapat berkembang dan tumbuh subur.  

Riset pasar merupakan proses menentukan kelayakan layanan atau produk baru melalui penelitian, yang dilakukan secara langsung dengan pelanggan potensial. Bagi kreator NFT, melakukan riset pasar secara menyeluruh penting karena pasar NFT cukup berbeda dari pasar seni konvensional. Jika Anda sudah mendapatkan informasi cukup tentang market yang dituju, jangan lupa tawarkan karya-karya Anda di TokoMall, platform marketplace NFT pertama di Indonesia! Untuk informasi lainnya terkait dunia NFT, yuk, bergabung dengan Komunitas Resmi TokoMall!

Advertisement

Popular