Connect with us

Blockchain

Tertarik Bermain The Sandbox Game? Berikut Penjelasan Lengkapnya!

Published

on

apa itu sandbox game

Apabila Anda pernah memainkan Minecraft, pasti Anda tak akan asing apabila memainkan sebuah game NFT bernama The Sandbox. Ditambah lagi, tak hanya menghadirkan dunia permainan ala Minecraft yang lucu, The Sandbox game juga memungkinkan Anda untuk menghasilkan uang kripto di sini. 

The Sandbox ini menawarkan pengalaman bermain permainan yang imersif melalui semesta meta atau yang kini dikenal sebagai metaverse

Para pemain di game ini kini bisa bertemu satu sama lain tanpa harus bertatap muka. Dengan memainkan game ini, Anda bisa memperlebar koneksi atau sekadar kenalan tanpa harus pergi dan menghabiskan bahan bakar kendaraan Anda.

Tak hanya bisa berkeliling di dunia The Sandbox saja, para pemain game ini bisa membuat dan memperjualbelikan aset digital mereka dalam bentuk Non-Fungible Token (NFT). Alhasil, para pemain bisa memperoleh pundi-pundi berupa aset kripto dari game The Sandbox ini.  

Sebenarnya bagaimana ya game ini bisa muncul dan sekarang sudah mulai populer? Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas serba-serbi terkait The Sandbox. Mau tahu? Yuk, simak!

Baca juga: 5 Rekomendasi NFT Game Gampang dan Seru Untuk Dimainkan di Android

Apa Itu The Sandbox Game?

The Sandbox game adalah game berbasiskan blockchain dengan konsep metaverse, tempat virtual dimana pemain dapat menjelajah, membuat, memiliki, dan memonetisasi pengalaman virtual mereka. Bagi Anda yang pernah bermain game Minecraft, tentu tak akan asing dengan tampilan yang ditawarkan oleh game The Sandbox. 

Advertisement

Tak hanya mengusung tema open world saja, Game berbasis blockchain ini juga menawarkan pengalaman bermain game yang imersif. Pemain bisa berkreasi dan juga mendapatkan keuntungan secara riil ketika memainkan game nft ini. 

Bagaimana Bermulanya The Sandbox Game?

Proyek game ini diawali di tahun 2012 dan merupakan game untuk platform mobile seperti ponsel dan juga tablet. Ternyata, secara mengejutkan The Sandbox game ini mendapatkan animo yang cukup baik di kalangan gamers. Bahkan permainan ini diinstal oleh 40 juta pengguna smartphone (platform Android maupun iOS) di seluruh dunia. 

Kemudian, di tahun 2018, tepatnya di bulan Januari, proyek game The Sandbox terbaru dikembangkan. Permainan ini tentu menghadirkan konsep baru yang lebih imersif, yakni menggunakan teknologi blockchain. Dengan demikian di dalam dunia 3D seperti Minecraft, para pemain game ini bisa menciptakan dunia, bahkan mendapatkan keuntungan juga, lho!

Sang pengembang The Sandbox ini bertujuan untuk memperkenalkan pengalaman gaming dengan teknologi blockchain ke khalayak ramai. Mereka tak hanya ingin para pelaku di dunia aset kripto bermain di permainan ini, namun juga orang yang belum terjun ke dunia tersebut. 

Dengan mengusung konsep ekosistem User-Generated Content di dalam game ini, para pemain tak hanya bisa berkeliling di dunia digital tanpa batas, namun juga bisa memiliki properti pribadi sebenar-benarnya melalui NFT dan aset kripto.

Karena prospek permainan ini sangat bagus, banyak perusahaan besar yang ingin berinvestasi di dalamnya, salah satunya adalah sebuah developer game ternama asal Jepang, Square Enix. 

Tak hanya itu saja, untuk mengembangkan konten di dalam platform ini, akhirnya The Sandbox bermitra dengan 60 brand ternama seperti Shaun the Sheep, Smurfs, ATARI, Square Enix, dan juga studio game Dapper Labs.

Advertisement

Di dalam dunia The Sandbox ada beberapa tipe token yang bisa digunakan oleh pemain, curator, kreator, dan juga pemilik tanah, di antaranya:

·  SAND: Token ERG-20 ini adalah bagian paling penting dalam permainan ini karena token ini merupakan uang digital yang digunakan sebagai transaksi dan interaksi dasar di dalam The Sandbox.

· LAND: Di dunia metaverse The Sandbox disediakan semacam perumahan atau real estate digital yang pemain bisa beli agar mendapatkan pengalaman bermain yang interaktif. Selain itu, LAND juga merupakan NFT yang ada pada blockchain Ethereum (ERG-721).

·  ASSETS: Token ini menggunakan standard ERG-1155 dan bisa dipertukarkan di marketplace. Di samping itu, ASSETS juga dibuat oleh pemain untuk membangun user generated content atau UGC.

Baca juga: Yuk, Kenalan dengan NFT Game Splinterlands yang Populer

Bagaimana Cara Menghasilkan Uang di The Sandbox Game?

Dari beberapa dari Anda mungkin ingin mencoba memainkan game ini tapi masih butuh penjelasan agar Anda bisa mendapatkan profit atau bisa membeli aset di dalamnya. 

Nah, ada beberapa fasilitas yang bisa Anda gunakan untuk memperoleh profit dan juga membeli aset. Berikut fasilitas yang ada di game The Sandbox:

Advertisement

1. VoxEdit

VoxEdit merupakan sebuah tool yang dikembangkan game The Sandbox untuk melakukan penyuntingan sehingga para artis dan krator bisa membuat ASSET voxel yang mereka gunakan di dalam semesta The Sandbox.

2. Marketplace

Karena The Sandbox memungkinkan para kreator bisa menjual karyanya, The Sandbox menghadirkan sebuah fasilitas Marketplace yang tentu sebagai sarana jual beli aset. Di sini Anda tentu bisa meraup keuntungan sebesar-besarnya.

3. Game Maker

Terakhir adalah fasilitas yang memungkinkan Anda untuk membuat game di dalam The Sandbox. Yang menariknya lagi, Anda tak perlu merancang coding untuk membuat game-nya berjalan karena fasilitas ini lebih mengutamakan kreativitas dari pembuat game-nya.Nah, dari penjelasan di atas pasti Anda ingin mencobanya bukan. Untuk memulai game ini tentunya tidak sulit, kok

Bagaimana Cara Mulai Main The Sandbox?

Bagaimana? Sudah tahu kan apa saja yang ada di dalam The Sandbox? Bagi Anda yang ingin memulai game ini, tidak sulit, kok! Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah-langkahnya. Nah, berikut langkah-langkah mulai main The Sandbox game:

the sandbox game website
  • Kemudian, setelah klik Enter Alpha Lobby, akan muncul pilihan dengan apa Anda masuk. Kami rekomendasikan untuk pilih Metamask. Jika Anda belum punya akun Metamask, unduh dan buat akun terlebih dahulu. 
cara membuat account di sandbox
  • Setelah login, pilih avatar yang ingin Anda gunakan. 
cara membuat avatar di sandbox
  • Di sini Anda juga bisa kustomisasi avatar Anda seperti wajah, warna kulit, pakaian, dan yang lainnya.
sandbox avatar customization
  • Pada tampilan seperti gambar di bawah, klik gambar warna biru yang ada di tengah, nanti dan akan muncul tombol Play. Klik gambar tersebut.
sandbox game play button
  • Setelah klik tombol Play, nanti akan muncul pilihan apakah Anda ingin mengunduh game ini untuk Windows atau MacOS
how to download sandbox
  • Setelah klik tombol Play, nanti akan muncul pilihan apakah Anda ingin mengunduh game ini untuk Windows atau MacOS
how to install sandbox
  • Kemudian masuk ke dalam Installer atau client dan kemudian instal.
  • Setelah menginstal, kini Anda sudah bisa masuk ke dalam game The Sandbox. Setelah itu masukkan password dan email yang Anda daftarkan.
sanbox game login page
  • Setelah mengunduh installer, dan menyelesaikan proses installnya, Anda kini sudah bisa masuk ke dalam game dan mulai mengeksplorasi. Ini panduan untuk menggerakan avatar di keyboard:
    • A = ke kiri
    • D = ke kanan
    • W = ke atas
    • S = ke belakang
    • Shift = roll depan
    • Space = loncat
bermain sandbox game

Catatan: Quest-quest tertentu hanya bisa dimainkan jika Anda memiliki Alpha Pass, dan saat diadakan event tertentu juga.Daripada Anda penasaran, coba saja game ini dan terjun ke semesta The Sandbox yang luas dan imersif. Mau tau informasi lainnya mengenai dunia NFT? Yuk, kunjungi Tokonews dari Tokocrypto atau bergabung dengan komunitas resminya!

Popular