Connect with us

NFT

PFP adalah Profile Picture: Bagaimana Tren Penggunaan PFP NFT Sebagai Avatar?

Published

on

apa itu twitter pfp

PFP adalah singkatan dari profile picture. Istilah ini sering digunakan di media sosial seperti Twitter, Instagram, hingga Facebook. Dengan menambahkan PFP, maka profil Anda di media sosial pun akan lebih mudah dikenali. Beberapa akun besar atau selebriti bahkan punya PFP khusus yang menjadi ciri khas mereka.

PFP adalah Bagian dari Identitas Orang

Seperti yang telah disebutkan pada bagian awal, PFP atau profile picture adalah bagian dari identitas seseorang, terutama saat ia sedang menggunakan internet. Bisa dibilang, PFP merupakan representasi Anda di dunia maya atau sederhananya, Anda dalam versi digital. Oleh karenanya, pengguna internet pun memilih hal yang berkaitan dengan dirinya sebagai PFP.

Paling banyak ditemukan adalah PFP yang menggunakan foto diri. Namun, banyak juga yang menggunakan gambar lain untuk memberikan anonimitas. Walau begitu, biasanya gambar yang dipilih pun secara tidak langsung masih berhubungan. Misalnya, menjadikan foto idol Korea sebagai avatar akun Twitter yang digunakan untuk fangirling. Atau bisa juga menggunakan PFP bergambar kucing untuk masuk dalam komunitas pecinta kucing di Facebook.

Tren Penggunaan NFT sebagai PFP

Akhir-akhir ini, Anda mungkin sering menemukan PFP atau avatar khas saat berselancar di media sosial. Tak jarang, muncul beberapa akun berbeda yang menggunakan PFP dengan karakter mirip atau bahkan sama.

Ternyata, PFP tersebut adalah NFT atau non-fungible token. Beberapa PFP tersebut bahkan merupakan milik pesohor atau selebritas. Salah satu NFT yang banyak digunakan sebagai PFP adalah token dari Bored Ape Yacht Club. Ciri khas dari NFT ini adalah karakter monyet dengan berbagai kostum.

Awal Mula Terjadinya Tren PFP NFT

Sebenarnya, penggunaan NFT sebagai PFP bukanlah hal baru. Tren ini dimulai pada 2017 oleh Matt Hall dan John Watkinson. Keduanya berasal dari Larva Labs dan kala itu sedang menjalankan sebuah proyek bernama CryptoPunks. Pada proyek itu, mereka membuat gambar pixel yang diambil dari beberapa gambar orang (punk) secara acak. Hasil gambar tersebut kemudian dijadikan NFT.

Nah, penggunaan NFT sebagai PFP sebenarnya tak jauh dari kegiatan promosi mereka. PFP tersebut merupakan salah satu strategi marketing agar NFT mereka diketahui oleh pengguna internet. Strategi tersebut terbukti manjur karena CryptoPunks menjadi viral. Di samping itu, Hall dan Watkinsons juga mendorong lahirnya token kripto baru seperti ERC-20 dan ERC-721.

Advertisement

Twitter Melakukan Verifikasi terhadap PFP NFT

Penggunaan NFT sebagai PFP di media sosial menjadi semakin solid setelah Twitter menghadirkan sebuah sistem verifikasi baru. Dalam sistem verifikasi tersebut, user yang menggunakan NFT sebagai PFP akan mendapatkan pertanyaan untuk membuktikan kepemilikan token.

Sistem verifikasi Twitter ini mulai berlaku sejak Januari 2022 lalu. Anda bisa menggunakan NFT seperti CryptoPunk sebagai PFP di Twitter. Jika Twitter dapat memverifikasi kepemilikan NFT Anda, maka PFP akan memiliki bingkai heksagonal. Namun, jika Anda menemukan PFP NFT tanpa bingkai tersebut, bisa dipastikan akun tersebut tidak memiliki ownership atas NFT.

Cara Menggunakan PFP NFT di Twitter

apa itu twitter blue

Source by Twitter Blue

PFP NFT adalah temuan menarik yang bisa menjadi identitas unik untuk Anda selama menggunakan media sosial. Ingin mengubah avatar Twitter Anda dengan NFT? Tenang, caranya mudah. Namun, pastikan Anda adalah pemilik resmi NFT agar bingkai heksagonal muncul pada PFP.

  1. Pertama, masuk ke akun Twitter Anda. Setelah itu, klik PFP yang akan diganti. Akan muncul opsi untuk “choose NFT”.
  2. Dalam menu tersebut, sistem akan menampilkan pesan “Show off your prized possessions” dan tombol “Connect my wallet”. Klik tombol tersebut untuk terhubung dengan wallet Anda.
  3. Dari situ, Anda bisa langsung menemukan koleksi NFT. Pilih NFT yang diinginkan.
  4. Selesai! Kini Anda sudah menggunakan NFT sebagai PFP berbingkai heksagonal.

Belum ada NFT yang cocok untuk dijadikan PFP di Twitter? Tak perlu risau. Anda bisa mulai “berburu” NFT menarik yang sesuai dengan kepribadian Anda di TokoMall. Di TokoMall, tersedia berbagai koleksi NFT dari para kreator. Pilih yang paling cocok dengan karakter Anda dan kemudian jadikan PFP Twitter.

Ingat, PFP adalah identitas Anda di dunia maya, jadi pastikan memilih NFT terbaik, ya! Yuk, mulai koleksi NFT di TokoMall! Jangan lupa bergabung dengan Komunitas Resmi di Telegram dan Discord, ya!

Popular