Connect with us

Altcoin News

Pasar Sepekan: Market Kripto Mulai Stabil, Akankah Reli Kencang?

Published

on

market aset kripto

Pergerakan market aset kripto dalam seminggu terakhir, memang bikin wajah investor muram dan senyum dalam waktu yang berdekatan. Membuka awal pekan ini, market sempat menghijau, tapi tak lama trus anjlok dan menjelang akhir pekan kembali positif.

Dalam pantauan situs CoinMarketCap pada Jumat (3/6) pukul 15.00 WIB secara umum market kripto berkinerja apik. 10 aset kripto berkapitalisasi pasar terbesar berhasil melaju ke zona hijau dalama 24 jam terakhir. Seperti, Bitcoin (BTC) berhasil tumbuh 1,81% dalam sehari terakhir dan kini berada di US$ 30.480,2. Sementara itu, nilai Ethereum (ETH) naik 0,75% ke US$ 1.828,6 di waktu yang sama.

Altcoin lainnya pun ikut menguat meski dengan angka yang tak begitu signifikan. Binance Coin (BNB), Dogecoin (DOGE) dan XRP kompak tumbuh di atas 2% dalam sehari belakangan. Sementara itu, Solana (SOL) dan Cardano (ADA) tumbuh lebih dari 4% di waktu yang sama.

Trader Tokocrypto, Afid Sugiono
Trader Tokocrypto, Afid Sugiono. Foto: Tokocrypto.

Baca juga: Mengenal Aset Kripto Tribe (TRIBE) dan LTO Network (LTO)

Trader Tokocrypto, Afid Sugiono, mengatakan stabilnya market aset kripto menjelang akhri pekan pertama bulan Juni ini, mengikuti pergerakan yang terjadi di pasar saham. Laju kencang indeks saham AS berimbas pada market kripto yang kembali bergairah, sehingga investor percaya diri untuk melakukan aksi beli.

“Ada kecenderungan investor kini kembali tergugah masuk ke pasar aset berisiko. Hal ini sejalan dengan tren positif di pasar saham. Namun, ada kemungkinan ini tidak akan berlangsung lama. Market kripto belum memiliki sentimen yang kuat untuk reli kencang dalam waktu dekat,” kata Afid.

Lebih lanjut, Afid memperingatkan kinerja pasar kripto yang mulai stabil ini, bisa saja kembali berumur pendek. Sentimen pasar pun masih terpantau bearish akibat situasi makroekonomi yang tidak menentu. Investor masih dihadapkan pada ancaman resesi ekonomi, kebijakan moneter agresif The Fed, dan inflasi yang meroket.

belajar memahami grafik trading
Ilustrasi market kripto.

Baca juga: Analisis Solana (SOL) yang Sering Mati Jaringan Blockchain, Masih Menarik?

Pasalnya, dari sisi analisis teknikal, harga-harga aset kripto masih bergerak di rentang harga yang sangat pendek dan bahkan belum sukses menembus level resistance-nya. Seperti, Bitcoin harus menyentuh level $ 33.500 untuk memulai fase bullish-nya.

Advertisement

“Jika Bitcoin tidak mampu mempertahankan level saat ini atau kembali menembus harga di atas $ 30.000, maka akan melanjutkan periode bearish-nya, di pemberhentian pertama di level $ 28.630. Namun, jika harga rebound dari $ 28.600, BTC dapat kembali mencoba reli ke $ 32.659,” kata Afid.

Prediksi Bitcoin ke level $ 14.000

Kontributor CryptoQuant, Venturefounder, menyebutkan jika ditilik dari pola historis setelah siklus halving Bitcoin sebelumnya, maka harga terendah makro BTC saat ini berada di level $ 14.000-$ 21.000. Ia menganalisis bahwa kemungkinan level tersebut akan terbentuk di enam bulan ke depan. 

“Dalam 670 hari ke depan, BTC akan menyerah dalam 6 bulan ke depan dan mencapai titik terendah ($14-21k), kemudian memotong sekitar $28-40k di sebagian besar tahun 2023 dan berada di ~$40rb lagi setelah halving berikutnya (2024),” tulis Venturefounder di akun Twitter-nya. 

Baca juga: Analisis: Kapan Waktu Tepat Beli Bitcoin di Tahun 2022?

Prediksi ini tentu bukan kabar baik bagi investor Bitcoin dan kripto secara umum, namun hal ini sangat mungkin untuk terjadi. Data menunjukan jika setelah halving harga BTC memang akan mengalami penurunan. 

Contoh, satu tahun setelah halving di 2017 Bitcoin raih ATH di kisaran angka $ 20.000, di Desember 2018 Bitcoin sempat turun ke $ 3.100 dan baru berhasil pulih tujuh bulan sesudahnya ke angka $ 13.800. Selanjutnya kembali turun ke harga $ 3.600 di Maret 2020 saat pandemi COVID-19 menerjang dunia. 

DISCLAIMER: Bukan ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset kripto masih berisiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.

Advertisement

Popular