Connect with us

Bitcoin News

Bitcoin Ulang Tahun Ke-14, Ini Peran dan Cerita Satoshi Nakamoto

Published

on

Ilustrasi Bitcoin vs emas.

Bitcoin adalah aset kripto terbesar dan terpopuler di dunia yang telah merayakan ulang tahunnya yang ke-14. Pada tanggal 3 Januari 2009, blok pertama dari blockchain Bitcoin, yang dikenal sebagai Genesis block, ditambang oleh pengembang dengan nama samaran yang dikenal sebagai Satoshi Nakamoto.

Dikutip Investopedia, Satoshi Nakamoto, pencipta Bitcoin yang terkenal dan misterius, menambang blok pertama Bitcoin pada 3 Januari 2009. Nakamoto menerima 50 BTC sebagai hadiah untuk Genesis block.

Hadiahnya tidak dapat dihabiskan karena Satoshi tidak mengirimkan transaksi dari Genesis block ke database transaksi global. Tidak jelas apakah ini disengaja.

Pesan Satoshi Nakamoto

Saat ini lebih dari 90 persen BTC telah ditambang. Saat pertama kali Nakamoto menambang set pertama Bitcoin, ia menulis kode blok:

“The Times 03/Jan/2009 Chancellor on brink of second bailout for banks”Satoshi Nakamoto

Ilustrasi mining Bitcoin.
Ilustrasi mining Bitcoin.

Baca juga: Kemendag: Transaksi Aset Kripto Capai Rp 290 Triliun di Tahun 2022

Nakamoto tidak pernah secara eksplisit menyatakan apa maksud pesan tersebut, banyak yang berasumsi bahwa itu adalah referensi alasan di balik penciptaan Bitcoin.

BTC diluncurkan karena berbagai alasan. Kebebasan finansial adalah salah satu tujuan utama. Pesan di atas kemungkinan menunjukkan bagaimana Bitcoin melewati perantara dan bank yang diyakini Nakamoto tidak jujur ​​dan tidak dapat diandalkan demi mengembangkan bentuk uang yang lebih demokratis.

Selain itu, pesan di atas adalah satu-satunya bentuk komunikasi dari Satoshi Nakamoto. Namun, Nakamoto menambang Bitcoin selama beberapa tahun setelah pembuatan Genesis block. Namun, pada tahun 2011, Nakamoto menghilang dan tidak memindahkan simpanan Bitcoinnya selama 10 tahun terakhir.

Advertisement

Blok Genesis

Watcher.Guru mengabarkan bahwa Genesis block adalah Blok 1 dari blockchain Bitcoin. Namun, sebenarnya itu adalah Blok 0. Genesis block Bitcoin, yang dulunya dikenal sebagai “blok 1”, sekarang biasanya disebut “blok 0” oleh pengguna yang sudah ada.

Blok 1, blok berikutnya, tidak ditambang hingga 9 Januari, enam hari kemudian. Perbedaan stempel waktu rata-rata antara blok adalah sepuluh menit, oleh karena itu hal ini tidak biasa.

Namun, beberapa penjelasan atas keterlambatan itu dikemukakan. Beberapa berspekulasi bahwa Nakamoto menghabiskan total enam hari menambang blok pertama untuk memverifikasi stabilitas sistem Bitcoin.

market kripto bitcoin
Ilustrasi market kripto bitcoin.

Baca juga: Sam Bankman-Fried Mengaku Tidak Bersalah dalam Kasus Penipuan FTX

Transaksi Bitcoin Pertama

Transaksi Bitcoin pertama terjadi pada bulan Oktober 2009 ketika seorang mahasiswa ilmu komputer Finlandia bernama Martti Malmi menjual 5.050 BTC, memberikan setiap koin nilai US$ 0,0009.

Salah satu transaksi dunia nyata awal yang paling menonjol terjadi pada tahun 2010 ketika Laszlo Hanyecz yang sekarang terkenal membeli dua pizza seharga 10.000 BTC.

Pada nilai hari ini, itu akan menjadi sekitar US$ 167,3 juta. Pembelian tersebut telah menjadi acara komunitas kripto yang ditandai pada 22 Mei sebagai Bitcoin Pizza Day .

Tidak lama kemudian Bitcoin mencapai valuasi US$ 1, yang terjadi pada Februari 2011. Tak lama kemudian, harga aset naik menjadi US$ 10 dan kemudian menjadi US$ 30, menyebabkan lompatan 30 kali lipat untuk tahun itu. Pada 2013, itu melewati US$ 1.000 per token.

Advertisement

Popular