Connect with us

Bitcoin News

Bitcoin Stabil di Atas $ 17.000, Saat Sikap The Fed Kembali Dingin

Published

on

Harga Bitcoin Bergerak Agresif

Bitcoin (BTC) bertahan stabil karena dolar AS menunjukkan sedikit tanda pemulihan setelah pidato Ketua The Fed, Jerome Powell pada Selasa (10/1) yang mendingin dan menunjukan akan terus bersikap hawkish.

Pada saat artikel ini ditulis, Bitcoin diperdagangkan 1,27% lebih tinggi di US$ 17.412, setelah menyentuh level tertinggi tiga minggu di US$ 17.391 pada hari Senin (9/1), menurut data CoinDesk. Ethereum (ETH), aset kripto terbesar kedua, naik hampir 1% menjadi US$ 1.332.

Powell mengatakan data inflasi baru yang keluar akhir pekan ini akan membantu The Fed memutuskan apakah mereka dapat memperlambat laju kenaikan suku bunga pada pertemuan mendatang, menjadi hanya kenaikan seperempat poin daripada peningkatan yang lebih besar.

Data Ekonomi AS

Jika data harga konsumen AS yang dirilis pada hari Kamis (12/1) mengkonfirmasi penurunan yang terlihat dalam laporan pekerjaan bulanan terbaru, Presiden Bank Fed Atlanta, Raphael Bostic, mengatakan kepada wartawan pada hari Senin (9/1) bahwa ia harus menganggap kenaikan seperempat poin “lebih serius dan bergerak ke arah itu.”

Ketua The Fed, Jerome Powell. Foto: Getty Images.
Ketua The Fed, Jerome Powell. Foto: Getty Images.

Baca juga: Kolaborasi Tokocrypto & UNS Surakarta Bangun Pusat Inovasi dan Literasi Blockchain

Setelah hampir satu tahun kenaikan suku bunga agresif yang dirancang untuk memperlambat ekonomi dan membuat inflasi melonjak, The Fed mengatakan mereka didorong oleh perlambatan data pekerjaan dan pertumbuhan upah baru-baru ini yang dapat menandakan inflasi yang lebih dingin ke depan.

Tetapi mereka enggan untuk menghentikan kenaikan suku bunga atau bahkan turun ke lebih kecil terlalu cepat, karena takut membuat inflasi tinggi dan pada akhirnya memaksa The Fed untuk menaikan suku bunga lebih lanjut.

Market Kripto Takut

Dikutip Coindesk, dalam beberapa pekan terakhir, aset berisiko mencerminkan meningkatnya keyakinan bahwa The Fed akan mengakhiri siklus kenaikan suku bunga pada kuartal ini dan beralih ke penurunan suku bunga pada kuartal ketiga. Itu terbukti dari penurunan indeks dolar AS setelah risalah pertemuan The Fed bulan Desember yang baru-baru ini dirilis dan beberapa pejabat Fed mengulangi jalur suku bunga yang lebih tinggi untuk jangka waktu yang lebih lama.

Advertisement

“Pastinya, pasar tidak setuju dengan narasi Fed tentang suku bunga yang diambil menjadi 5,00% dan dipertahankan di sana untuk waktu yang lama. Pasar tampaknya menghargai siklus pelonggaran 50bp pada 2H23,” Frantisek Taborsky, ahli strategi valuta asing di ING.

Ilustrasi aset kripto Bitcoin.
Ilustrasi aset kripto Bitcoin.

Baca juga: Analis Beberkan Ini Akan Terjadi Sebelum Harga Bitcoin Naik

“Dengan asumsi bahwa baik komentar Powell maupun NFIB tidak mematahkan narasi pembangunan Fed yang lebih santai (dan IHK (Indeks Harga Konsumen) AS hari Kamis juga akan menjadi kunci untuk cerita ini), kami berharap momentum tetap terhadap dolar AS,” Taborsky menambahkan.

Pelemahan dolar AS yang berkelanjutan kemungkinan akan menjadi pertanda baik bagi Bitcoin, membantu aset kripto membangun penembusan bullish baru-baru ini di atas simple moving average (MA) 50 hari.

“Bitcoin telah melihat tindak lanjut naik sejak menembus di atas MA 50-hari akhir pekan lalu karena momentum jangka pendek yang lebih baik. Penembusan jangka pendek menempatkan resistensi berikutnya di dekat US$ 18.400,” Katie Stockton, pendiri dan mitra pengelola di Fairlead Strategies.

Popular