Connect with us

Business

Bank Kripto Silvergate Capital Dilikuidasi, Harga Bitcoin Turun

Published

on

Ilustrasi bank Silvergate Capital. Sumber: Getty Images.

Silvergate Capital, salah satu bank terbesar di industri kripto, mengumumkan pada Rabu (8/3) bahwa mereka akan menghentikan operasi dan melikuidasi banknya secara sukarela. Silvergate Bank juga akan menghentikan Silvergate Exchange Network (SEN), yang diumumkan sebelumnya pada 3 Maret 2023 di situs webnya.

“Mengingat perkembangan industri dan peraturan baru-baru ini, Silvergate percaya bahwa penghentian operasi Bank secara tertib dan likuidasi sukarela Bank adalah jalan terbaik ke depan,” tulis pernyataan manajemen Silvergate Capital dalam siaran persnya.

Silvergate adalah salah satu dari dua bank utama untuk perusahaan kripto, bersama dengan Signature Bank yang berbasis di New York. Silvergate memiliki aset lebih dari US$ 11 miliar, dibandingkan dengan US$ 114 miliar yang dimiliki di Signature. FTX, bursa kripto yang baru-baru ini bangkrut, adalah pelanggan utama Silvergate.

Likuidasi Bank

Ilustrasi pergerakan indeks saham AS. Sumber: Shutterstock.
Ilustrasi pergerakan indeks saham AS. Sumber: Shutterstock.

Baca juga: Harga Bitcoin Turun 5% dalam 60 Menit di Tengah Guncangan Silvergate

Semua simpanan akan dilunasi sepenuhnya, menurut rencana likuidasi yang dibagikan pada hari Rabu. Perusahaan tidak mengatakan bagaimana rencananya untuk menyelesaikan klaim terhadap bisnisnya.

Likuidasi terjadi kurang dari seminggu setelah Silvergate menghentikan platform pembayarannya yang dikenal sebagai Silvergate Exchange Network atau SEN, yang dianggap sebagai salah satu bisnis intinya.

Sebagai bagian dari pengumuman likuidasi, Silvergate mengklarifikasi bahwa semua layanan terkait simpanan lainnya tetap beroperasi saat perusahaan ditutup. Pelanggan akan diberi tahu jika ada perubahan lebih lanjut.

Silvergate mengatakan minggu lalu akan menunda pengajuan laporan 10-K tahunannya untuk tahun 2022 sambil menyelesaikan “kelayakan” bisnisnya. Perusahaan mengungkapkan bahwa pengajuan yang tertunda sebagian karena tindakan keras peraturan yang akan segera terjadi, termasuk penyelidikan yang sudah dilakukan oleh Departemen Kehakiman AS.

Advertisement

Harga Bitcoin Turun

Grafik harga mingguan BTC/USD. Sumber: TradingView.
Grafik harga mingguan BTC/USD. Sumber: TradingView.

Baca juga: Pangsa Pasar Stablecoin Tether USDT Naik ke Level Tertinggi

Bersamaan dengan pengumuman likuidasi bank kripto Silvergate, harga Bitcoin (BTC) juga masuk dalam fese bearish lebih lanjut.Pada hari Rabu, bitcoin (BTC) turun sebesar 2,23%. Menyusul penurunan 0,87% pada hari Selasa (7/3), BTC mengakhiri hari di US$ 21.713. BTC menutup hari itu dengan sub-$22.000 untuk pertama kalinya sejak 13 Februari.

BTC harus bergerak melalui pivot US$ 21.874 untuk menargetkan level resistensi pertama (R1) di US$ 22.130 dan tertinggi di US$ 22.291. Pengembalian ke US$ 22.000 akan menandakan sesi bullish. Indikator ekonomi AS harus ramah kripto untuk mendukung reli yang diperpanjang.

Jika reli diperpanjang, BTC kemungkinan akan menguji level resistensi utama kedua (R2) di US$ 22.546 dan resistensi di US$ 23.000. Level resistensi utama ketiga (R3) berada di US$ 23.218.

Sementara, kegagalan untuk bergerak melalui pivot akan meninggalkan level support utama pertama (S1) di US$ 21.458 dalam permainan. Namun, kecuali aksi jual kripto yang dipicu peristiwa kripto, BTC harus menghindari sub-$21.000. Level support utama kedua (S2) di US$ 21.202 seharusnya membatasi penurunan. Level support utama ketiga (S3) berada di US$ 20.530.

Pastikan Anda hanya melakukan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah. Anda juga bisa menyimak berbagai informasi terbaru mengenai kripto dengan mengunjungi website TokocryptoInstagramTwitter, serta  komunitas Tokocrypto!

DISCLAIMERBukan saran atau ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset kripto masih berisiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.

Advertisement

Popular