Connect with us

Bitcoin News

Menelisik Keuntungan Bitcoin dalam Krisis Perbankan Global

Published

on

market kripto bitcoin

Bitcoin diuntungkan dari krisis perbankan global yang terjadi akhir-akhir ini. Saat dunia bergulat dengan krisis perbankan di ambang kekacauan, Federal Reserve (Fed) telah mengambil langkah drastis untuk memompa likuiditas ke pasar. Inisiatif ini menghasilkan respons yang tidak terduga dari pasar kripto, khususnya Bitcoin.

Di tengah kenaikan suku bunga dan serangkaian dana talangan bank, tindakan penyeimbang The Fed antara pengetatan dan pelonggaran kebijakan moneter telah membuat banyak investor mempertanyakan keamanan aset mereka.

Di Amerika Serikat, banyak bank, termasuk Silvergate, Silicon Valley Bank (SVB), Signature Bank, dan First Republic Bank, berada di bawah tekanan yang luar biasa, membutuhkan intervensi pemerintah atau swasta untuk mengatasi krisis. Tetapi, krisis tidak terbatas pada AS.

Bank-bank Eropa seperti Credit Suisse dan Deutsche Bank juga berjuang untuk bertahan.

Krisis Perbankan Global

Data inflasi AS buat market Bitcoin dan Ethereum naik. Foto: Reuters.

Baca juga: Jumlah Investor Kripto di Indonesia Hampir Tembus 17 Juta Pelanggan

Pemerintah dan bank sentral di seluruh dunia telah mengambil langkah untuk mengurangi krisis dengan menyediakan likuiditas.

Federal Reserve, FDIC, dan organisasi lain telah melemparkan serangkaian kebijakan moneter sebagai langkah penyelematan ke bank-bank yang terkepung krisis di AS. Langkah ini telah membuat neraca Fed membengkak sebesar US$ 400 miliar hanya dalam dua minggu.

Peningkatan pesat ini secara efektif meniadakan 64% dari kemajuan yang dibuat dalam pengetatan kuantitatif selama setahun terakhir.

Advertisement

Pasar, bagaimanapun, tetap tidak yakin dengan strategi Fed. Sementara suku bunga terus meningkat, suntikan likuiditas besar-besaran telah membingungkan pasar.

Dikutip BeInCrypto, Torsten Slok, Mitra dan Kepala Ekonom di Apollo, berpendapat bahwa kesenjangan antara Dana Fed dan suku bunga pada rekening deposito adalah “alasan mendasar mengapa uang dipindahkan dari deposito bank.”

Slok percaya bahwa perbedaan yang berkembang ini “sangat tidak biasa dibandingkan dengan krisis perbankan sebelumnya, di mana sumber ketidakstabilan biasanya adalah kerugian kredit.”

Pertumbuhan Bitcoin

Akibat ketidakpastian ini, banyak investor beralih ke alternatif seperti Bitcoin, emas, dan real estat. Kekhawatiran yang berkembang tentang keamanan perbankan tradisional telah menyebabkan “kebangkitan psikologis” dalam komunitas Bitcoin.

Hal ini, dikombinasikan dengan keinginan untuk mendapatkan pengembalian yang lebih tinggi, telah menyebabkan masuknya dana ke dalam dana pasar uang dan aset non-deposit lainnya, yang semakin menekan sistem perbankan.

Ilustrasi Bitcoin.
Ilustrasi Bitcoin. Sumber: Shutterstock.

Baca juga: Alasan Bitcoin Dekati Harga US$ 25.000, Pasca Kejatuhan Signature Bank

Ekonom Nouriel Roubini menegaskan bahwa deposan mulai menyadari “mereka bisa mendapatkan 4% dari T-Bills jangka pendek yang aman sambil mendekati 0% dari deposito bank.” Ini berfungsi sebagai pendorong utama untuk menjalankan bank yang sedang berlangsung.

Era bank yang mendapat untung dari simpanan gratis akan segera berakhir, menurut Roubini “Dr. Doom”. Roubini menyimpulkan bahwa respons deposan terhadap perubahan suku bunga telah meningkat secara signifikan.

Advertisement

Terlepas dari situasi yang mengerikan, para ahli percaya bahwa krisis perbankan pada akhirnya akan teratasi, dengan pemerintah dan bank sentral bekerja tanpa lelah untuk mencegah kegagalan bank baik di AS maupun internasional.

Presiden Bank Sentral Eropa, Christine Lagarde, mengatakan pada konferensi pers setelah pengumuman kenaikan suku bunga deposito sebesar 0,5 poin persentase:

“Di bawah baseline, ekonomi tampaknya akan pulih selama kuartal mendatang. Produksi industri harus meningkat karena kondisi pasokan terus membaik, kepercayaan terus pulih, dan perusahaan bekerja melalui tumpukan pesanan yang besar. Kenaikan upah dan penurunan harga energi sebagian akan mengimbangi hilangnya daya beli yang dialami oleh banyak rumah tangga akibat inflasi yang tinggi. Ini, pada gilirannya, akan mendukung belanja konsumen.”Presiden Bank Sentral Eropa, Christine Lagarde

Namun demikian, upaya untuk menstabilkan sistem tersebut kemungkinan besar akan menciptakan tekanan inflasi lebih lanjut dan kenaikan harga pangan lebih lanjut.

Sementara itu, investor semakin mendiversifikasi portofolio mereka dan menaruh kepercayaan pada alternatif seperti Bitcoin. Lebih dari 4,28 juta wallet Bitcoin telah dibuat di jaringan, dengan saldo 0,1 BTC atau lebih.

Saat dunia terus menavigasi bidang krisis perbankan global, manfaat Bitcoin sebagai aset safe haven menjadi nyata dan dapat muncul sebagai pemenang terbesar.

Popular