Connect with us

Bitcoin News

Analisis Ini Ungkap Bitcoin Masih Berada di Tren Bullish, Harga Naik?

Published

on

Ilustrasi market kripto Bitcoin.

Platform analitik blockchain, Santiment, menyatakan bahwa metrik kunci menunjukkan tren bullish untuk Bitcoin (BTC) seperti yang terjadi pada November 2022.

Menurut Santiment, tingkat ketakutan di ruang aset digital, berdasarkan istilah kripto yang sedang tren, mirip dengan waktu setelah keruntuhan FTX tahun lalu, yang terbukti menjadi pasar terendah pada saat itu.

“Salah satu tanda utama ketakutan adalah ketika kata kunci kripto yang sedang tren sebagian besar terkait dengan dompet perangkat keras dan keamanan. Kami melihat masalah keamanan yang serupa di antara para pedagang pada bulan November (2022) setelah keruntuhan FTX. Itu menandai titik terendah pasar.”

Percakapan Media Sosial

Santiment juga mencatat bahwa karena harga Bitcoin baru-baru ini turun menjadi US$ 26.000, jumlah percakapan di media sosial tentang raja kripto telah meningkat, yang merupakan sinyal lain yang menunjukkan bahwa BTC mungkin akan naik dalam waktu dekat.

Bitcoin Social Dominance Health Line. Sumber: Santiment/Twitter
Bitcoin Social Dominance Health Line. Sumber: Santiment/Twitter.

Baca juga: Mengapa Pasar Kripto dan Bitcoin Turun Hari Ini (22/5)?

“Dengan Bitcoin mengulang level US$ 26.000, para trader menunjukkan kekhawatiran yang meningkat tentang harga jatuh kembali ke kisaran US$ 20.000 hingga US$ 25.000. Dominasi media sosial BTC meningkat lagi, yang biasanya merupakan tanda ketakutan. Sinyal ketakutan meningkatkan kemungkinan pemulihan.”

Terakhir, Santiment mengatakan bahwa transaksi Bitcoin telah menurun ke level terendah yang terakhir terlihat 22 bulan yang lalu pada Juli 2021, ketika Bitcoin mencapai titik terendah sekitar US$ 29.000 sebelum naik ke level tertinggi sepanjang masa di sekitar US$ 69.000.

“Penggunaan Bitcoin telah menunjukkan penurunan serius di sini pada bulan Mei, karena harga telah mengalami koreksi di seluruh pasar. Untuk pertama kalinya sejak Juli 2021, kami melihat kurang dari 800.000 wallet BTC unik yang bertransaksi di jaringan setiap hari.”

Advertisement

Bitcoin diperdagangkan seharga US$ 26.891 pada saat penulisan, mengalami kenaikan sebesar 0,2% selama 24 jam terakhir. Namun, banyak analis percaya Bitcoin masih dalam tren bullish.

Analisis Harga Bitcoin

Harapan kesepakatan plafon utang AS memberikan dukungan terhadap Bitcoin. Ketua DPR AS, Kevin McCarthy memberikan optimisme, mengatakan pembicaraan bergerak ke arah yang benar.

Komentar The Fed juga menarik minat, dengan Neel Kashkari dilaporkan ragu apakah akan memilih untuk mendukung kenaikan suku bunga atau menekan tombol jeda bulan depan. Menurut CME FedWatch Tool, kemungkinan kenaikan suku bunga 25 basis poin meningkat dari 17,4% pada 19 Mei menjadi 25,7% pada hari Senin (22/5).

Ilustrasi Bitcoin. Sumber: Tokocrypto.
Ilustrasi Bitcoin. Sumber: Tokocrypto.

Baca juga: Sejarah dan Fakta Bitcoin Pizza Day

Angka Purchasing Managers Index (PMI) jasa dan manufaktur AS akan mempengaruhi harga Bitcoin. Sementara PMI manufaktur akan menarik minat, PMI jasa seharusnya memiliki dampak yang lebih besar. Namun, investor harus mempertimbangkan sub-komponen, termasuk tenaga kerja, harga, dan pesanan baru.

Dengan fokus pada aktivitas sektor swasta, investor juga harus memantau obrolan anggota FOMC dengan media. PMI jasa yang lebih panas dari perkiraan dan komentar Fed yang hawkish akan memicu taruhan pada kenaikan suku bunga bulan Juni. Namun, berita terkait plafon utang AS akan tetap menjadi titik fokus.

BTC perlu menghindari pivot US$ 26.849 untuk menargetkan Level Resistensi Utama Pertama (R1) di US$ 27.150. Pergerakan melalui tertinggi Selasa (23/5) di US$ 27.130 akan menandakan sesi bullish yang diperpanjang.

Jika reli diperpanjang, BTC kemungkinan akan menguji Level Resistensi Utama Kedua (R2) di US$ 27.432 dan resistensi di US$ 27.500. Level Perlawanan Utama Ketiga (R3) berada di US$ 28.015.

Advertisement

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Harga aset kripto bersifat fluktuatif, di mana harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu dan Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas perubahan fluktuasi dari nilai tukar aset kripto.

Popular