Connect with us

Business

JPMorgan Bikin Pesaing ChatGPT, Bisa Kasih Saran Investasi Kripto?

Published

on

JPMorgan: Kasus FTX Buka Regulasi Aset Kripto Dipercepat.

JPMorgan Chase dilaporkan sedang mengembangkan layanan mirip ChatGPT yang bersandar pada bentuk kecerdasan buatan (AI) yang dapat digunakan untuk belajar dan memberi saran investasi. Perusahaan telah mengajukan permohonan merek dagang ke Kantor Paten dan Merek Dagang AS untuk chatbot AI bertema keuangan bernama “IndexGPT”.

Menurut aplikasi yang diajukan awal bulan ini, alat tersebut dimaksudkan untuk membantu investor dalam memilih sekuritas keuangan dan aset keuangan. Aplikasi tersebut menyarankan chatbot AI akan memberikan saran investasi dalam “investasi keuangan di bidang sekuritas” dan “investasi dana”, serta dalam “periklanan” dan “layanan pemasaran”.

Bukan tidak mungkin ke depan bisa digunakan untuk membantu investor maupun trader untuk investasi aset kripto.

Inovasi

Pengembangan aplikasi baru muncul setelah survei Februari oleh JPMorgan mengungkapkan bahwa lebih dari separuh investor institusional percaya kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin akan menjadi teknologi paling berpengaruh dalam membentuk masa depan perdagangan selama tiga tahun ke depan.

Ilustrasi investasi aset kripto
Ilustrasi investasi aset kripto.

Baca juga: Kisah Sukses Trading Meme Coin Dogecoin hingga Pepe

Mengomentari langkah tersebut, pengacara merek dagang Josh Gerben mengatakan bahwa dia yakin pilihan JPMorgan untuk merek dagang chatbot adalah “indikasi nyata” untuk meluncurkan produk AI baru bagi investor yang mirip ChatGPT.

“Perusahaan seperti JPMorgan tidak hanya mengajukan merek dagang untuk bersenang-senang. Bagi saya ini terdengar seperti mereka mencoba membuat penasihat keuangan saya gulung tikar,” tulis beberapa komentar.

Model AI, dibangun oleh analis ekonomi JPMorgan, menganalisis komunikasi dari Federal Reserve AS untuk memprediksi keputusan organisasi berikutnya.

Advertisement

Bantu Investor

Selain chatbot keuangan bertenaga AI yang baru, JPMorgan tersebut juga telah memperkenalkan alat inhouse AI, yang disebut Contract Intelligence (COiN), untuk mengekstraksi informasi penting dari dokumen dan kontrak.

Ilustrasi token kripto AI. Sumber: Cryptoslate.
Ilustrasi AI. Sumber: Cryptoslate.

Baca juga: Holder Jangka Pendek Bitcoin Kembali Jual Untung, Sinyal Apa?

CEO JPMorgan, Jamie Dimon, telah memuji teknologi tersebut selama beberapa tahun terakhir. Dalam wawancara baru-baru ini dengan Bloomberg, dia berkata:

“Kami memiliki 200 orang di laboratorium penelitian AI dan kami telah menggunakannya untuk melakukan risiko, penipuan, pemasaran, pencarian calon pelanggan — dan ini adalah puncak gunung es. Bagi saya ini luar biasa.”

Namun, JPMorgan bukan satu-satunya perusahaan keuangan yang memanfaatkan kekuatan teknologi AI.

DIlaporkan Cryptonews, bank investasi global, Morgan Stanley telah mengumumkan bahwa mereka sedang mengembangkan alat untuk membantu manajer kekayaannya untuk lebih memahami penelitian yang dilakukan oleh bank mengenai ekonomi dan pasar.

Dalam usaha yang sama, Goldman Sachs telah mengkonfirmasi sedang mempertimbangkan untuk mengintegrasikan chatbotnya sendiri untuk penasihat keuangannya agar mereka dapat memilah-milah data dan menawarkan hasil yang lebih akurat kepada klien.

Advertisement

Popular