Connect with us

Market Analysis

Holder Jangka Pendek Bitcoin Kembali Jual Untung, Sinyal Apa?

Published

on

Ilustrasi Bitcoin.

Prospek jangka pendek Bitcoin (BTC) tampak konstruktif karena data blockchain menunjukkan pemegang aset kripto memindahkan koin untuk mendapatkan keuntungan. Rata-rata pergerakan tujuh hari dari rasio laba keluaran (spent output profit ratio/SOPR) pemegang jangka pendek (short-term holder/STH) baru-baru ini bergerak kembali di atas 1, menurut perusahaan analitik blockchain, Glassnode.

“Setelah beberapa saat koin bergerak merugi, STH-SOPR sekarang kembali di atas 1,” kata analis di Blockware Solutions dalam buletin mingguan. “Ini bullish untuk aksi harga jangka pendek karena menunjukkan kapitulasi dari pemegang saham jangka pendek.”

Profitabilitas pemegang Bitcoin jangka pendek yang diperbarui adalah sinyal positif untuk aksi harga jangka pendek, menurut pengamat.

Sinyal Bitcoin

Pemegang SOPR jangka pendek lebih dari 1 berarti rata-rata adalah holder jangka pendek di pasar menjual koin dengan untung. Pembacaan di bawah 1 dianggap sebagai tanda kapitulasi, sementara pembacaan 1 mengindikasikan pemegang rata-rata jangka pendek baru saja mencapai titik impas.

SOPR telah bergerak di atas 1. Sumber: Glassnode.
SOPR telah bergerak di atas 1. Sumber: Glassnode.

Baca juga: Kisah Sukses Trading Meme Coin Dogecoin hingga Pepe

SOPR dihitung dengan membagi nilai dolar AS yang direalisasikan dari output yang dihabiskan dengan nilai pada pembuatan output untuk mencerminkan tingkat keuntungan yang direalisasikan untuk semua koin yang dipindahkan secara on-chain. SOPR pemegang jangka pendek difokuskan pada semua wallet yang telah memegang koin mereka kurang dari 155 hari.

SOPR STH secara historis tetap di atas 1 selama pasar bullish. Itu bisa dimengerti, karena aksi unjuk rasa memungkinkan pemegang jangka pendek – sebagian besar pendatang baru, pedagang aktif atau tangan yang lemah – untuk melikuidasi kepemilikan mereka dengan harga yang lebih tinggi daripada biaya akuisisi.

Selain itu, area di sekitar 1 cenderung bertindak sebagai level support selama bull run, karena pemegang saham, yang mengharapkan reli harga berlanjut, melihat basis biaya mereka sebagai peluang pembelian yang menguntungkan. Di sisi lain, level 1 bertindak sebagai resistance selama tren bearish.

Advertisement

Pemegang jangka panjang Bitcoin juga menjadi menguntungkan sebulan yang lalu, menandakan periode bullish besar di depan.

Whales Bitcoin Utama Tinggalkan Exchange

Whales Bitcoin , atau individu yang memegang Bitcoin dalam jumlah besar, tampaknya secara bertahap mundur dari crypto exchange, menurut Cryptoquant. Metrik ini, yang merupakan jumlah total BTC dari 10 transaksi teratas dibagi dengan jumlah total BTC yang mengalir ke bursa, telah turun menjadi sekitar 0,3, level yang tidak terlihat sejak Maret.

Bitcoin: Exchange Whale Ratio - All Exchanges (SMA 1). Sumber: Cryptoquant.com.
Bitcoin: Exchange Whale Ratio – All Exchanges (SMA 1). Sumber: Cryptoquant.com.

Baca juga: Nabung Kripto Sekarang, Potensi Panen Cuan saat Halving Bitcoin

Sesuai dengan angka ini, pemegang bitcoin besar tampaknya menimbun atau mungkin memindahkan aset mereka ke dalam bentuk investasi lain atau wallet pribadi. Rasio tukar-paus terutama digunakan untuk mengidentifikasi pertukaran yang disukai oleh apa yang disebut whales ini. Menganalisis ukuran relatif dari 10 arus masuk teratas terhadap total arus masuk menjelaskan di mana pemain besar paling aktif.

Sementara itu, harga Bitcoin tampaknya relatif stabil, duduk di US$ 27.642, menurut data dari CoinGecko. Penetapan harga yang tenang dalam menghadapi pergerakan paus ini mungkin menunjukkan peningkatan ketahanan di pasar terhadap aksi jual besar-besaran.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Harga aset kripto bersifat fluktuatif, di mana harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu dan Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas perubahan fluktuasi dari nilai tukar aset kripto.

Popular