Connect with us

Bitcoin News

3 Alasan Mengapa Bitcoin Tidak Akan ‘Membosankan’ di September

Published

on

Ilustrasi Bitcoin.

Meskipun Bitcoin belum berhasil menutup harga di atas level psikologis $60.000 pada grafik mingguan, para pemegang jangka panjang (LTH) tetap menunjukkan sikap optimis dan bullish pada tahun 2024.

Harga Bitcoin memang sempat berada di bawah rata-rata pergerakan eksponensial (EMA) 200 hari untuk dua minggu berturut-turut, namun dalam 24 jam terakhir, harga kembali pulih dan berada di atas $60.000. Beberapa indikator menunjukkan bahwa pemegang jangka panjang tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh fluktuasi harga saat ini. Pertanyaannya adalah, apakah ada potensi kenaikan setelah bulan Agustus?

1. Pemegang Jangka Panjang Mencapai Kapitalisasi Pasar $3 Miliar

Bitcoin hanya menutup harga di bawah EMA 200 hari sebanyak tiga kali sepanjang tahun 2024. Grafik menunjukkan bahwa pada 4 Juli, Bitcoin pertama kali menutup harga di bawah EMA 200 hari. Namun, BTC/USD berhasil kembali berada di atas EMA tersebut dalam waktu kurang dari 10 hari. Kali ini, harga hanya butuh waktu kurang dari 24 jam untuk kembali di atas indikator tersebut, mengindikasikan adanya peningkatan momentum bullish dalam minggu ini.

Pemegang Bitcoin jangka panjang menyadari posisi bersihnya. Sumber: CryptoQuant.
Pemegang Bitcoin jangka panjang menyadari posisi bersihnya. Sumber: CryptoQuant.

Investor Bitcoin terbagi menjadi dua kelompok besar: pemegang jangka pendek (STH) dan pemegang jangka panjang (LTH). STH biasanya adalah pedagang harian atau scalper yang mengejar keuntungan cepat dalam jangka pendek. Sebaliknya, LTH adalah mereka yang memegang Bitcoin untuk jangka panjang, biasanya lebih dari enam bulan, dan sering kali terdiri dari individu dengan kekayaan bersih tinggi atau institusi besar.

Data terbaru menunjukkan bahwa kapitalisasi pasar LTH yang terealisasi mencatatkan nilai positif bersih sebesar $3 miliar, angka ini terakhir kali dicapai pada Desember 2023. Kapitalisasi pasar yang terealisasi adalah total akumulasi laba dikurangi kerugian yang sudah terealisasi. Ini menunjukkan bahwa nilai agregat terus mengalir masuk ke dalam Bitcoin, meskipun ada beberapa arus keluar karena kerugian.

Advertisement

Menurut Amr Taha, seorang analis kripto, “Sementara pemegang jangka pendek meningkatkan penjualan mereka, pemegang jangka panjang terus menambah kepemilikan mereka meskipun harga mengalami penurunan.”

2. Tekanan Jual dari Penambang BTC Mulai Berkurang

Cadangan penambang Bitcoin. Sumber: CryptoQuant.
Cadangan penambang Bitcoin. Sumber: CryptoQuant.

Baca juga: Mengapa Harga Bitcoin Sangat Fluktuatif?

Para penambang Bitcoin sebelumnya menjual BTC mereka melalui bursa karena arus keluar bersih mereka menurun selama kuartal kedua 2024. Namun, selama dua minggu terakhir, tekanan jual ini mulai mereda, menunjukkan adanya tanda-tanda akumulasi kembali oleh para penambang.

Grafik terbaru menunjukkan bahwa tekanan jual dari penambang berkurang secara signifikan pada bulan Agustus, yang mengindikasikan bahwa harga BTC mungkin akan stabil pada kisaran saat ini menjelang bulan September.

3. Rasio Pasokan Stablecoin Menunjukkan Tren Bullish

Salah satu indikator positif untuk Bitcoin adalah peningkatan likuiditas global, yang tercermin dalam peningkatan pasokan uang M2 global. Sama seperti likuiditas global, rasio pasokan stablecoin (SSR) juga menunjukkan jumlah likuiditas yang tersedia untuk membeli Bitcoin.

Advertisement
Grafik 1 hari BTC/USD. Sumber: TradingView.
Grafik 1 hari BTC/USD. Sumber: TradingView.

SSR adalah rasio antara kapitalisasi pasar total kripto terhadap kapitalisasi pasar stablecoin. Rasio ini menurun, menunjukkan bahwa pasokan stablecoin meningkat sementara kapitalisasi pasar kripto menurun, yang berarti lebih banyak likuiditas tersedia untuk membeli aset seperti Bitcoin.

Saat ini, SSR berada pada level yang sama seperti pada awal Februari 2024, menandakan adanya likuiditas yang cukup besar di pasar yang berpotensi memicu lonjakan harga. Julio Moreno, kepala penelitian di CryptoQuant, mencatat bahwa total kapitalisasi pasar stablecoin telah mencapai rekor tertinggi baru sebesar $165 miliar, yang menunjukkan peningkatan likuiditas di pasar kripto.

Kesimpulan: Potensi Perubahan Karakter Pasar

Setelah penutupan mingguan yang mengecewakan, Bitcoin menunjukkan tanda-tanda kebangkitan dengan kenaikan harga sebesar 4,5% dalam dua hari terakhir. BTC sedang berusaha untuk menembus pola saluran pelebaran menurun, yang jika berhasil, dapat menghasilkan dampak bullish.

Namun, Bitcoin menghadapi resistensi kuat di sekitar $61.700, di mana EMA 50 hari dan EMA 100 hari bertemu. Jika Bitcoin berhasil menembus resistensi ini dan melewati $62.737, kita mungkin akan melihat konfirmasi pembalikan bullish, yang bisa menjadi sinyal awal perubahan karakter pasar atau “Change of Character (ChoCH)” di bulan September.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

Advertisement

DISCLAIMERSetiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Popular