Bitcoin News

Alasan Bitcoin Dekati Harga US$ 25.000, Pasca Kejatuhan Signature Bank

Published

on

Bitcoin (BTC) mengalami peningkatan harga yang signifikan, hampir mencapai US$ 25.000 atau sektiar Rp 384 juta. Kenaikan harga BTC ini terjadi setelah Silicon Valley Bank (SVB) dan Signature Bank diselamatkan oleh regulator keuangan pemerintah Amerika Serikat (AS) setelah kedua bank ramah kripto itu jatuh.

Berdasarkan situs CoinMarketCap, harga Bitcoin dan Ethereum (ETH) mengalami lonjakan pada Selasa (14/3) pukul 10.00 WIB. BTC melonjak 9,51% dalam 24 jam terakhir berada di posisi US$ 24.510. Sementara, ETH mencapai level US$ 1.685, naik 5,25% sehari terakhir.

Bitcoin dan Ethereum (ETH) melihat lonjakan sekitar 20% sejak posisi terendahnya pada hari Jumat (10/3). Kenaikan mendadak ini terjadi setelah janji meyakinkan dari otoritas AS bahwa simpanan di Silicon Valley Bank dan Signature Bank yang gagal akan dilindungi, membuat banyak perusahaan terkait kedua bank ramah kripto tersebut bisa tenang.

Stablecoin USDC yang bermasalah juga menguat menyusul peningkatan akses pemberi pinjaman ke uang tunai cepat, yang disahkan oleh Federal Reserve dan USTreasury setelah pemerintah mengambil alih SVB dan Signature Bank.

Sentimen Bitcoin

Ilustrasi Bitcoin. Sumber: Shutterstock.

Baca juga: Market Watch: Pasar Kripto Bangkit, Harga Bitcoin Kembali Naik

Dikutip Utoday, ada tiga alasan terkait mengapa Bitcoin bergerak naik setelah mengalami pergerakan yang buruk pada pekan lalu. Alasan pertama adalah indeks Dolar AS yang mengalami depresiasi atau penurunan nilai sehingga membuat Bitcoin bergerak naik.

Advertisement

Berdasarkan grafik harian DXY, sejak akhir pekan lalu, Dolar AS terlihat bergerak turun. Perlu diketahui terjadi hubungan yang negatif antara kripto dan Dolar Amerika, kenaikan harga Bitcoin menjadi hal yang logis.

Alasan kedua adalah banyak akumulasi BTC yang dilakukan oleh investor dan trader. saat harga Bitcoin turun dan stablecoin USDC bermasalah, banyak wallet dengan kepemilikan Bitcoin sebanyak 10 BTC hingga 10.000 BTC melakukan pembelian yang mencapai total 40.557 BTC.

Pembelian Bitcoin yang naik tersebut juga terjadi bersama data USDC yang terlihat mengalami pergerakan masuk ke bursa kripto berpotensi untuk dijual yang lebih banyak dibandingkan yang keluar untuk disimpan di wallet, terutama saat terjadi depeg. Data tersebut menandakan adanya kemungkinan penjualan USDC membuat harga Bitcoin mengalami kenaikan, terutama di akhir pekan.

Pemulihan Market

Ilustrasi market aset kripto.

Baca juga: Binance Umumkan Konversi Dana Pemulihan US$1 Miliar

Alasan ketiga adalah banyaknya kabar positif terkait pemulihan SVB, Signature Bank dan USDC. Kenaikan nilai USDC membuat kepercayaan investor kembali terhadap kripto. CEO Circle, Jeremy Allaire, buka suara dan menyatakan bahwa dana yang menjaga nilai USDC akan tetap stabil dan masih terlihat aman.

Ditambah lagi dengan adanya pengumuman bahwa bank yang bermasalah seperti SVB dan Signature Bank yang akan diselamatkan oleh pemerintah Amerika Serikat, sentiment positif kembali bertebaran sehingga mendorong BTC naik.

Advertisement

Pertumbuhan eksplosif Bitcoin membawanya ke level resistensi kunci yang sama dengan penurunannya beberapa minggu lalu. Jadi, meskipun reli BTC disambut baik dan dialihkan dari jatuh di bawah US$ 20.000, BTC belum menembus kisaran yang ditentukan dari US$ 16.000-US$25.000.

Oleh karena itu, masih terlalu dini untuk mengatakan apakah ini benar-benar pivot dari bearish ke bullish. Meskipun dengan cepat mendekati level resistance yang jika diambil akan menandakan hal itu.

Pastikan Anda hanya melakukan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah. Anda juga bisa menyimak berbagai informasi terbaru mengenai kripto dengan mengunjungi website TokocryptoInstagramTwitter, serta  komunitas Tokocrypto!

DISCLAIMERBukan saran atau ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset kripto masih berisiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.

Advertisement

Popular

Exit mobile version