Academy

Apa Itu Ankr (ANKR)?

Published

on

Ankr, sebagai penyedia infrastruktur Web3 terdesentralisasi, memainkan peran penting dalam memudahkan interaksi pengembang, aplikasi terdesentralisasi, dan staker dengan berbagai blockchain. Dengan Ankr, Anda dapat dengan mudah mengakses API dan RPC untuk membangun DApp, melakukan staking di Ankr Earn, dan mendapatkan solusi khusus untuk kebutuhan perusahaan blockchain Anda.

Token proyek ini, ANKR, menjadi kendaraan utama dalam menjalankan aktivitas di Ankr Protocol. ANKR digunakan untuk membayar permintaan ke blockchain, memberikan reward kepada penyedia node independen yang melayani permintaan, dan memberikan reward kepada pemilik ANKR yang melakukan staking ke node penuh. Anda dapat memperoleh ANKR melalui Binance dengan menggunakan kartu kredit atau debit di platform pertukaran tersebut.

Pendahuluan

Dalam era di mana peluang cross-chain dan multi-chain semakin populer di kalangan investor dan pengguna, Ankr muncul sebagai solusi efisien bagi mereka yang ingin berinteraksi dengan berbagai blockchain. Sebagai pengembang atau investor kripto, Ankr menawarkan berbagai layanan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Apa Itu Ankr?

Chandler Song dan Ryan Fang menciptakan Ankr pada tahun 2017, dengan peluncuran mainnet pada tahun 2019. Ankr menyediakan serangkaian alat Web3 untuk membantu pengembang, aplikasi, dan staker dalam mengakses berbagai infrastruktur blockchain melalui satu platform terdesentralisasi. Dengan Ankr Protocol, siapa pun dapat menyediakan node dan mendapatkan reward dengan melayani permintaan ke blockchain dari seluruh dunia.

Sementara itu, pengembang dan proyek yang tidak ingin mengelola node sendiri dapat memanfaatkan infrastruktur node terdesentralisasi yang disediakan oleh Ankr Protocol. Pengguna yang tertarik dalam staking atau menjadi validator di berbagai blockchain juga dapat dengan mudah mengelola prosesnya melalui Ankr.

Ankr saat ini mendukung staking di berbagai blockchain seperti Polygon (MATIC), Ethereum (ETH), BNB Smart Chain (BNB), Avalanche (AVAX), Polkadot (DOT), dan Kusama (KSM). ANKR juga dapat digunakan untuk menjalankan node Ethereum 2.0 dengan membayar biaya bulanan.

Bagaimana Cara Kerja Ankr?

Penting untuk dicatat bahwa Ankr bukanlah sebuah blockchain. Sebagai gantinya, Ankr berfungsi sebagai serangkaian alat untuk pengembang, staker, dan perusahaan. Fitur utamanya mencakup:

Advertisement
  1. Layanan Infrastruktur Node Terdesentralisasi: Infrastruktur terdesentralisasi milik Ankr mendukung berbagai jenis platform DeFi, proyek NFT, game blockchain, dan DApp. Melalui banyaknya node independen berkinerja tinggi di seluruh dunia, aplikasi-aplikasi ini dapat mengakses blockchain dengan lebih cepat, lebih dapat diskalakan, dan dengan biaya lebih terjangkau.
  2. Endpoint API dan RPC Premium untuk Pengembang: Ankr Protocol menyediakan layanan API instan dan akses RPC ke jaringan penyedia node terdesentralisasi miliknya. Pengembang dapat berinteraksi dengan blockchain tanpa harus menjalankan node sendiri sepenuhnya, menghemat waktu dan usaha.
  3. Staking Likuid: Ankr tidak hanya menawarkan staking di beberapa blockchain, tetapi juga memberikan token yang menghasilkan reward. Token tersebut dapat diperdagangkan atau digunakan di berbagai aplikasi DeFi, seperti mining likuiditas, farming hasil, dan pinjaman.

Perusahaan

Ankr juga menyediakan model Infrastruktur Web 3 sebagai Layanan untuk bisnis yang memerlukan solusi khusus dan fleksibel. Layanan API dan RPC dari Ankr dapat diakses melalui platform pemantauan, memberikan solusi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis yang berbeda dari proyek-proyek yang lebih kecil atau DApp.

Apa Itu ANKR?

ANKR, sebagai token utilitas platform Ankr, hadir sebagai token ERC-20 dan BEP-20 yang dapat digunakan di ekosistem Ethereum dan Binance Smart Chain. Dengan pasokan maksimum mencapai 10.000.000.000, ANKR memainkan peran inti dalam ekosistem infrastruktur terdesentralisasi Ankr Protocol dengan berbagai fungsi utama:

  1. Pembayaran Layanan Premium: Para pengguna Ankr Protocol menggunakan ANKR sebagai alat pembayaran untuk layanan premium yang mereka nikmati.
  2. Staking oleh Penyedia Node Independen: Penyedia node independen melakukan staking terhadap ANKR dan melayani lalu lintas untuk memperoleh reward ANKR.
  3. Staking oleh Pemilik Token: Pemilik token dapat melakukan staking terhadap ANKR, berkontribusi dalam menjaga keamanan protokol, dan berbagi reward sebagai imbalannya.
  4. Pembayaran untuk Akses Jarak Jauh: ANKR dapat digunakan sebagai metode pembayaran untuk mendapatkan akses jarak jauh ke node yang dijalankan oleh Ankr.
  5. Voting terkait Tata Kelola: Pengguna dapat menggunakan ANKR untuk melakukan voting terkait mekanisme tata kelola Ankr.

Dengan demikian, ANKR berfungsi sebagai token utilitas dan instrumen tata kelola dalam ekosistem Ankr. Sebagai metode pembayaran untuk semua produk Ankr, ANKR menjadi bagian integral dari Ankr Protocol bagi para pengguna, penyedia, dan staker. Keberadaannya lebih mirip dengan CAKE milik PancakeSwap daripada mata uang kripto asli dengan jaringan sendiri seperti BTC atau ETH.

Penutup

Bagi berbagai jenis pengguna blockchain, layanan Ankr menawarkan daya tarik yang tak terbantahkan. Pengguna dapat melakukan staking dengan berbagai blockchain dalam sebuah rangkaian yang mengelola semua dana secara efisien. Pengembang dapat mengakses alat pengembangan multi-chain terdesentralisasi dengan kemampuan untuk memperluas ke jaringan lain secara cepat.

Selain itu, perusahaan dapat memanfaatkan solusi khusus Ankr untuk mengintegrasikan produk staking, infrastruktur, dan layanan lainnya ke dalam platform mereka. Sejauh ini, Ankr telah membuktikan diri sebagai penyedia infrastruktur terdesentralisasi dengan pertumbuhan yang pesat, terus menambahkan layanan bagi pengembang dan pengguna Web3.


Jika kamu ingin mengetahui lebih dalam mengenai aset kripto atau cryptocurrency, bisa baca artikel “Belajar Crypto untuk Pemula Mulai Dari Sini.”

Sumber: Binance Academy Indonesia

Advertisement

Popular

Exit mobile version