Academy

Apa Itu Kyber Network (KNC)?

Published

on

Kyber Network adalah sebuah protokol terdesentralisasi yang membangun fondasi di dalam jaringan Ethereum. Protokol ini telah diimplementasikan di beberapa blockchain yang kompatibel dengan Mesin Virtual Ethereum (EVM), termasuk Polygon, BNB, dan Avalanche.

Didirikan oleh Loi Luu dan Victor Tran, Kyber Network memiliki peran penting sebagai pusat likuiditas yang bertujuan untuk memperbaiki efisiensi dan mengurangi biaya dalam perdagangan DeFi. Salah satu produk utama yang ditawarkan oleh Kyber Network adalah KyberSwap, sebuah bursa terdesentralisasi (DEX) yang memungkinkan pengguna untuk menukar token dan mendapatkan imbalan dengan menyediakan likuiditas.

Manajemen protokol Kyber Network dipercayakan kepada KyberDAO, di mana para pemilik token asli Kyber Network (KNC) memiliki hak suara dalam proses keputusan. Usulan-usulan akan melalui proses pemungutan suara oleh pemegang KNC.

Tentang KyberSwap

KyberSwap adalah produk andalan yang didukung oleh Kyber Network. KyberSwap, yang beroperasi di atas jaringan Ethereum, adalah sebuah bursa terdesentralisasi (DEX) multi-chain yang memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi di 12 jaringan yang berbeda, termasuk Ethereum, Polygon, BNB Chain, Avalanche, dan Optimism.

KyberSwap juga berfungsi sebagai agregator, yang berarti platform ini menggabungkan likuiditas tidak hanya dari pool-nya sendiri, tetapi juga dari lebih dari 67 DEX yang ada di jaringan yang didukung. Seperti DEX lainnya, KyberSwap beroperasi dalam mode trustless, di mana pengguna memiliki kendali penuh atas pesanan dan dana mereka. Selain itu, KyberSwap berupaya mengatasi masalah likuiditas yang sering dihadapi oleh para trader DeFi, sambil memberikan imbalan yang menarik bagi penyedia likuiditas (LP).

KyberSwap memungkinkan pengguna untuk melakukan swap, yield farming, dan berpartisipasi dalam DeFi dengan mudah di setiap jaringan yang didukung. Ini adalah platform perdagangan yang terdesentralisasi dan tanpa izin, yang berarti pengguna memiliki kendali sepenuhnya atas pesanan dan dana mereka.

Cara Kerja KyberSwap

KyberSwap memiliki dua protokol utama: Classic dan Elastic.

Advertisement

KyberSwap Classic mengadopsi Dynamic Market Maker (DMM), sebuah varian dari model Automated Market Maker (AMM) yang biasa digunakan oleh Uniswap dan DEX lainnya. DMM adalah protokol market maker DeFi pertama yang secara dinamis menyesuaikan biaya likuiditas berdasarkan kondisi pasar. Saat pasar mengalami volatilitas tinggi, biaya likuiditas akan meningkat untuk mencerminkan risiko yang lebih besar dalam setiap transaksi. Saat pasar stabil dan volatilitas menurun, biaya tersebut akan turun. DMM secara otomatis menghitung ulang biaya ini dengan memantau volume on-chain untuk setiap pool likuiditas.

Fitur kedua dari KyberSwap Classic adalah “kurva harga yang dapat diprogram” yang disebut Amplification (AMP). Dengan fitur ini, pool likuiditas dapat meniru tingkat likuiditas yang lebih tinggi tanpa harus menyediakan lebih banyak token. Penyedia likuiditas dapat mengatur AMP sesuai dengan jenis pasangan token dalam pool. Pasangan dengan volatilitas lebih rendah, seperti stablecoin, biasanya memiliki AMP yang lebih tinggi. Sebaliknya, pasangan yang lebih volatil memiliki AMP yang lebih rendah. Pool likuiditas dengan AMP yang setara dengan 1 masih berfungsi sesuai dengan model biaya dinamis tanpa amplifikasi.

Protokol terbaru KyberSwap, yaitu KyberSwap Elastic, adalah AMM berbasis tick dengan likuiditas terkonsentrasi. Pengguna dapat menyediakan likuiditas dalam rentang harga tertentu dan menerima NFT yang mewakili posisi likuiditas mereka serta bagian dari pool.

Dengan likuiditas terkonsentrasi, penyedia likuiditas dapat memilih rentang harga yang ingin mereka dukung, berdasarkan keyakinan mereka terhadap perubahan harga di masa depan. Likuiditas yang disediakan akan didistribusikan merata pada rentang harga ini. Setiap swap yang diproses pada harga tertentu dalam rentang yang dipilih akan menghasilkan biaya yang akan dibagikan kepada penyedia likuiditas sesuai dengan kontribusi likuiditas mereka pada harga tersebut.

Rentang harga penuh memungkinkan token untuk diperdagangkan dengan harga apa pun, sementara rentang harga terkonsentrasi memiliki biaya yang lebih rendah karena alokasi likuiditas hanya pada tick harga yang aktif.

KyberSwap Elastic juga menciptakan fitur otomatis untuk penggabungan biaya bagi penyedia likuiditas yang menggunakan Kurva Investasi Ulang. Ini tidak hanya mempermudah penyedia likuiditas karena tidak perlu secara manual menambahkan likuiditas ke dalam pool, tetapi juga memungkinkan mereka untuk mendapatkan lebih banyak imbalan karena biaya akumulasi diperhitungkan bersamaan dengan biaya yang diperoleh dari perdagangan.

Selain itu, KyberSwap Elastic memiliki berbagai tingkat biaya dan Perlindungan JIT (Just In Time) agar penyedia likuiditas memiliki fleksibilitas dan alat untuk menyesuaikan strategi penghasilan mereka tanpa mengorbankan keamanan.

Advertisement

Selain sebagai penyedia likuiditas, para pengguna juga dapat mendapatkan imbalan melalui farm mining likuiditas KyberSwap, di mana KyberSwap berkolaborasi dengan berbagai proyek blockchain dan yayasan untuk menyediakan insentif bagi penyedia likuiditas.

Tambahan Fitur dan Alat Trader

KyberSwap juga menawarkan sejumlah fitur dan alat yang dirancang untuk membantu pedagang DeFi, termasuk Discover, Dynamic Trade Routing, dan Pro Live Chart. Discover adalah alat DeFi yang intuitif, membantu pengguna menemukan token yang berpotensi menjadi tren dengan memanfaatkan data on-chain, volume perdagangan, dan indikator teknis.

Dynamic Trade Routing memungkinkan KyberSwap untuk memindai berbagai DEX dan membagi transaksi untuk menemukan rute perdagangan yang paling optimal untuk swap token pada jaringan yang didukung.

Sementara itu, Pro Live Chart terintegrasi dengan TradingView, memungkinkan pedagang untuk melakukan pemetaan dan analisis teknis yang mendalam.

Apa yang Membuat KyberSwap Unik?

Seperti yang telah dibahas, KyberSwap memiliki berbagai fitur yang membedakannya dari DEX lainnya. KyberSwap Classic menggunakan DMM dan Amplification untuk memastikan likuiditas yang sehat, sementara KyberSwap Elastic menghadirkan model likuiditas terkonsentrasi yang fleksibel.

Likuiditas adalah faktor penting dalam ekosistem DeFi karena memungkinkan para pedagang untuk dengan mudah membeli dan menjual aset tanpa menyebabkan perubahan harga yang signifikan. Likuiditas yang rendah dapat mengakibatkan slippage dan kerugian yang bersifat sementara, sementara likuiditas yang memadai akan memastikan stabilitas harga. Slippage terjadi ketika perdagangan dieksekusi pada harga yang lebih tinggi atau lebih rendah daripada yang diharapkan karena kurangnya likuiditas dalam buku pesanan.

Kerugian yang bersifat sementara terjadi ketika sebuah aset mengalami penurunan harga setelah ditaruh dalam pool likuiditas. Likuiditas dalam hal ini dapat dianggap sebagai tingkat kemudahan yang memungkinkan para pedagang untuk membeli atau menjual aset tanpa mengganggu harga secara signifikan.

Advertisement

Untuk mendukung ekosistem DeFi yang sehat, KyberSwap berusaha mengatasi masalah likuiditas dengan memastikan tersedianya likuiditas yang cukup sambil memberikan insentif yang menarik bagi penyedia likuiditas. Dengan berbagai fitur dan alat yang ditawarkan, KyberSwap berperan sebagai salah satu elemen penting dalam ekosistem DeFi yang terus berkembang.

Mengenal Token Kyber Network Crystal (KNC)

Kyber Network Crystal (KNC) adalah token asli yang mendukung ekosistem Kyber Network, termasuk KyberSwap. Token ini mengadopsi mekanisme konsensus proof-of-stake (PoS), yang memungkinkan pemilik KNC untuk berpartisipasi dalam DAO (Organisasi Otonom Terdesentralisasi) dan memberikan suara pada proposal-proposal tata kelola yang berkaitan dengan masa depan jaringan. Pemilik KNC dapat melakukan ini dengan cara melakukan staking aset KNC mereka atau mendelegasikan hak suara mereka kepada platform pihak ketiga.

Selain itu, pemilik KNC juga dapat melakukan staking token dalam pool farming Rainmaker yang memenuhi syarat, sehingga mereka dapat memperoleh reward melalui aktivitas mining likuiditas. Token KNC juga digunakan sebagai imbalan dalam berbagai aktivitas, seperti Kontes Perdagangan, Gleam Giveaway, dan sesi Tanya Jawab (AMA) di dalam ekosistem Kyber Network.

Cara Menggunakan KyberSwap

Jika Anda berencana untuk melakukan swap token menggunakan KyberSwap, berikut langkah-langkahnya:

  1. Kunjungi platform KyberSwap.
  1. Hubungkan dompet DeFi Anda ke KyberSwap. Platform ini mendukung beberapa dompet populer seperti MetaMask, Coin98, WalletConnect, Coinbase Wallet, dan Ledger.

  1. Pilih pasangan token yang ingin Anda tukarkan. Anda dapat melihat detail transaksi lebih lanjut dalam opsi “More Information” (Informasi Selengkapnya).

  1. Lanjutkan dengan melakukan swap dan konfirmasikan transaksi melalui dompet kripto Anda.

Selain swap token, KyberSwap juga menyediakan berbagai jenis transaksi lainnya. Pengguna dapat menyediakan likuiditas dengan berpartisipasi dalam salah satu pool KyberSwap yang ada atau bahkan membuat pool baru. Selain itu, pengguna dapat melakukan staking token LP (Liquidity Provider) dalam berbagai farm yang memenuhi syarat.

Penutup

Kyber Network adalah pusat likuiditas yang mendukung KyberSwap, sebuah platform pertukaran terdesentralisasi (DEX) yang dibangun di atas jaringan Ethereum. Kyber Network adalah tempat berkumpulnya layanan terdesentralisasi dan komunitas penggemar DeFi, yang memungkinkan para pengguna untuk membangun, bertukar, dan mengembangkan ekosistem kripto. KyberSwap, sebagai bagian dari ekosistem ini, berkomitmen untuk meningkatkan pengalaman pengguna, baik bagi penyedia likuiditas maupun pedagang dalam dunia DeFi.


Jika kamu ingin mengetahui lebih dalam mengenai aset kripto atau cryptocurrency, bisa baca artikel “Belajar Crypto untuk Pemula Mulai Dari Sini.”

Advertisement

Sumber: Binance Academy Indonesia

Popular

Exit mobile version