Altcoin News

5 Jenis Tezos Wallet yang Patut Diketahui oleh Kreator dan Kolektor NFT

Published

on

Tezos wallet merupakan sebuah dompet kripto yang khusus digunakan untuk menyimpan mata uang kripto native Tezos, XTZ. Nah, Tezos sendiri merupakan sebuah ekosistem blockchain yang unik karena menawarkan para pengembangnya untuk merancang smart contract. Itu artinya, Anda sebagai pemilik koin memiliki andil langsung dalam masa depan Tezos. Hal semacam ini tidak berlaku di ekosistem mata uang kripto lain seperti Ethereum.

Pilihan dompet digital tezos pun ada bermacam-macam jenisnya, sebab kini pengembang dompet kripto pun makin banyak jumlahnya. Untuk meminimalisir potensi kerugian, pastikan Tezos wallet Anda memiliki track record yang baik. Selain itu, dompet juga harus mudah digunakan agar transaksi tidak terhambat. 

Baca juga: Pahami Apa itu Ronin Wallet dan Cara Pakainya Di Sini!

Apa Itu Tezos Wallet?

Tezos wallet merupakan suatu teknologi yang digunakan untuk menyimpan aset kripto dari ekosistem Tezos. Nah, Tezos sendiri adalah sebuah platform dengan format open-source untuk pengelolaan aset dan pengembangan aplikasi. Di Tezos, para investor yang membeli token dapat mengatur peningkatan pada protokol inti mereka. Inilah yang kemudian membuat Tezos menarik karena kapabilitas ini tidak ditawarkan oleh platform lain di blockchain.

Tezos wallet digunakan untuk menyimpan dan melakukan transaksi yang menggunakan aset kripto native dari Tezos (XTZ). Tanpa menggunakan wallet, Anda akan kesulitan bertransaksi di platform Tezos atau platform lain yang menggunakan Tezos. 

Advertisement

Dompet Apa Saja yang Bisa Digunakan Tezos?

Secara garis besar, dompet kripto Tezos hadir dalam dua format: software dan hardware. Dompet kripto dalam format software atau perangkat lunak dapat diakses secara online melalui website atau aplikasi (biasanya melalui smartphone). Sedangkan hardware dipilih karena menawarkan tingkat keamanan tinggi. Alasannya karena hardware wallet tidak terhubung dengan jaringan internet sehingga terhindar dari risiko serangan keamanan siber.

Nah, pertanyaan selanjutnya bagaimana saya bisa mendapatkan Tezos wallet?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, untuk dompet berjenis software Anda bisa mengaksesnya melalui website (contoh: Kukai, Temple, Spire) dan mengunduhnya secara gratis. Namun untuk dompet yang berjenis hardware Anda perlu membelinya melalui e-commerce. Untuk lebih jelasnya, yuk, baca terus penjelasannya!

Manakah Tezos Wallet yang Terbaik?

Sejatinya memilih Tezos wallet terbaik untuk diri sendiri adalah dengan melihat kebutuhannya. Dompet digital berjenis software cocok bagi Anda yang punya mobilitas tinggi, sehingga tak perlu takut suatu hari akan tertinggal wallet Anda. Namun, bagi mereka yang menomorsatukan keamanan, maka jenis hardware sangat cocok buat mereka. Terlebih jika Anda memang mencari dompet yang bisa dipakai untuk jangka panjang. 

Tezos Wallet Format Software

Ada beberapa opsi software wallet untuk menyimpan aset Tezos Anda, di antaranya:

Advertisement

Kukai 

Source by Kukai2

Kukai merupakan sebuah software wallet yang dapat diakses melalui web. Dompet kripto yang satu ini sangat populer di kalangan investor Tezos karena memang sudah ada sejak awal token XTZ diluncurkan. Selain itu, dompet ini juga terus dikembangkan untuk bisa memenuhi kebutuhan para pemilik aset Tezos. Paling baru ada Kukai 2.0 yang diklaim lebih aman dari versi pendahulunya.

Temple 

Source by Temple Wallet

Selain Kukai, ada juga Temple untuk dompet Tezos dalam format web. Temple memang dikhususkan untuk menampung aset Tezos sehingga mudah diintegrasikan dan dijalankan. Selain itu, fitur keamanan yang ditawarkan pun cukup lengkap, misalnya plain private keys hingga keystore files.

Trust Wallet 

Source by Trust Wallet

Terakhir ada Trust Wallet. Bisa dibilang, inilah dompet kripto paling populer. Trust Wallet memiliki banyak pengguna karena dompet ini menerima berbagai macam aset kripto, tidak hanya terbatas pada satu jenis aset saja. Selain itu, Trust Wallet juga bisa diunduh di perangkat iOS maupun Android.

Tezos Wallet Format Hardware

Ada dua hardware wallet yang bisa digunakan untuk menyimpan aset Tezos Anda, yaitu:

Ledger

Ledger menawarkan perangkat keras yang dilengkapi dengan keamanan tingkat tinggi untuk menyimpan aset kripto. Dompet kripto ini tidak hanya dibekali dengan keamanan berformat digital melalui aplikasi, tapi juga perlindungan fisik seperti kode.

Trezór

Alternatif lain untuk dompet digital tezos berformat hardware yaitu Trezór. Sama seperti Ledger, dompet ini juga menawarkan perlindungan offline yang diklaim lebih aman dibanding software wallet. Meski disebut memberikan perlindungan offline, sebenarnya perangkat ini juga bisa dihubungkan dengan internet, menyesuaikan kebutuhan Anda.

Sudah menentukan mana Tezos wallet pilihan Anda? Atau justru sekarang Anda belum memulai untuk melakukan investasi aset kripto? Tidak ada salahnya memang untuk selalu berhati-hati saat berinvestasi. Anda bisa mendapatkan informasi terbaru dan terlengkap mengenai dunia kripto, blockchain, dan tentunya NFT (non-fungible token) di Tokonews.

Advertisement

Tertarik koleksi NFT atau bahkan memamerkan karya Anda di marketplace NFT? Yuk daftarkan diri Anda di TokoMall! Oh iya, jangan lupa gabung komunitasnya juga tuk dapatkan informasi terbaru NFT di Discord dan Telegram!

Popular

Exit mobile version