Blockchain

Ingin Coba Game NFT? Pahami Dulu Arti dan Cara Pakai Ronin Wallet

Published

on

Kini dapat kita temui berbagai dompet digital yang berfungsi untuk menyimpan aset digital. Salah satunya adalah Ronin Wallet. Nah, dompet digital ini secara khusus dapat digunakan bagi para pemain NFT game terpopuler Axie Infinity dan game play to earn lainnya yang ada di blockchain Ronin. Apakah Anda salah satunya yang ingin menekuni dunia NFT game? Maka artikel ini sangat cocok untuk Anda. 

Yuk, simak selengkapnya!

Apa itu Ronin Wallet?

Ronin wallet adalah dompet kripto yang beroperasi pada blockchain Ronin. Sedangkan Ronin sendiri merupakan teknologi sidechain yang berada di atas blockchain Ethereum dan didukung penuh oleh perusahaan ConsenSys.

Fungsi Ronin Wallet

Seperti yang sudah disebut di pembuka, Ronin Wallet memang digunakan untuk bermain game Axie Infinity dan game lainnya yang ada di blockchain Ronin. Tak cuma itu, dompet digital ini juga memungkinkan Anda untuk melakukan log in di Axie Infinity Marketplace untuk bisa mengirim atau menerima NFT tanpa perlu membayar gas fee yang mahal. 

Adapun beberapa token yang bisa disimpan pada dompet digital ini terdiri dari Wrapped Ether (WETH), Axie Infinity Shard (AXS), USDC, dan Smooth Love Potion (SLP). Nah, AXS dan SLP lah yang bisa Anda dapatkan ketika memainkan game Axie Infinity.

Cara Membuat Akun Ronin Wallet

Anda bisa membuat akun Axie Infinity dan Ronin Wallet melalui Chrome, Firefox, maupun Google Play. Namun mereka memiliki cara yang berbeda. Berikut kami hadirkan cara-caranya: 

  1. Cara Install dan pakai Ronin Wallet Extension
  • Pertama-tama, Anda harus memasang ekstensinya terlebih dahulu di Google Chrome. Caranya kunjungi Chrome Web Store dan cari Ronin Wallet, atau mudahnya Anda bisa langsung menuju link ini dan klik “Add to Chrome”.
  • Jika sudah terpasang, klik iconExtension” yang ada di bagian kanan atas Chrome sampai tampilan halaman awal terbuka. Lalu klik “Get Started”.
  • Setelah terbuka, klik “I’m new. Let’s get set up”.
  • Selanjutnya adalah saatnya Anda membuat password dan lanjutkan dengan klik “Create Wallet”.
  • Selanjutnya tampilan akan menuju ke “Secret Recovery Phrase” yang terdiri dari 12 kata berurutan yang merupakan sandi khusus sebagai private key wallet Anda. Pastikan Anda menyimpannya dengan baik-baik karena jika private key ini hilang, Anda akan kehilangan akses terhadap aset kripto di dalamnya. 
  • Setelah mencatatnya di tempat yang aman, lanjutkan ke tahap berikutnya dengan meng-klik “Confirm Shred Phase”.
  • Selanjutnya Anda akan diminta menuliskan kembali Secret Recovery Phrase sesuai urutan. Setelah itu klik “Continue”, ya
  • Dompet milik Anda sudah selesai. 
  1. Cara install dan pakai Ronin Wallet untuk Android

Kini dompet digital satu ini juga bisa digunakan di smartphone, baik Android maupun iOs. Adapun cara yang akan kami sampaikan di bawah adalah bagaimana cara menyinkronkan extension milik Anda dengan yang ada di smartphone

  • Pertama-tama, kunjungi wallet.roninchain.com  dan unduh mobile application-nya di smartphone Anda.
  • Selanjutnya Anda harus membuka dengan laptop atau komputer yang sudah ada Extension di Chrome-nya, kemudian menuju ke Account > Settings > Sync With Mobile.
  • Masukkan password kemudian klik “Next”.
  • Selanjutnya scan QR Code yang ada menggunakan smartphone Anda. Kemudian konfirmasi Sync yang telah dilakukan dan masukkan kode verifikasinya. Setelah itu klik “Approved”.
  • Selanjutnya buka Ronin Wallet di smartphone Anda untuk menyinkronkan dengan Extension, kemudian masukkan angka sebanyak 6 digit sebagai pin Anda. 
  • Proses selesai dan dompet digital milikmu sudah selesai di-import.

Cara menghubungkan Axie Infinity dengan Ronin Wallet

Tentu setelah akun wallet sudah berhasil dibuat saatnya menghubungkannya dengan game Axie Infinity. Namun sebelumnya patut dicatat ketika ingin mulai memainkan Axie Infinity, Anda perlu membeli 3 monster terlebih dahulu, ya. 

Nah, berikut cara-caranya:

  • Pertama-tama, kunjungi situs Marketplace Axie Infinity dan klik “Login”.
  • Kemudian pilih “Login with Ronin Wallet dan klik “Confirm”.
  • Tunggu beberapa saat hingga Anda sudah dialihkan ke halaman dashboard Axie Infinity. Jika sudah, ini tandanya Anda sudah berhasil terhubung!
  • Terakhir untuk membuat akun Axie Infinity silahkan untuk klik “Set up email & password”. Isi e-mail dan password, lalu klik “Confirm”. Setelah itu, lakukan verifikasi dengan memasukkan kode konfirmasi yang telah dikirimkan ke email Anda, dan klik “Confirm”.

Baca Juga: Yuk Kenalan Dengan Axie Infinity Indonesia Game Berbasis NFT

Cara mengirimkan SLP dari Ronin Wallet ke Tokocrypto

SLP sebagai token yang bisa didapatkan dari bermain Axie Infinity bisa Anda pertukarkan melalui exchange juga, lho! Tokocrypto sebagai salah satu exchange aset kripto di Indonesia telah me-listing SLP di market-mya. Nah, Anda bisa juga mengirimkan SLP yang ada di Ronin Wallet ke Tokocrypto. 

Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi Tokocrypto, kemudian klik “Dompet” dan  cari lalu klik SLP.
  • Kemudian klik Setoran dan pilih jaringan “Ronin”, kemudian copy “Alamat Deposit
  • Selanjutnya, buka Ronin Wallet, lalu klik “Send” dan masukkan “Alamat Deposit” yang sebelumnya sudah dicopy.  Ubah “0x” pada alamat tersebut menjadi “ronin:”.
  • Pilih SLP pada “My Asset” dan masukkan total SLP yang ingin dikirimkan. Lalu, klik “Next” dan “Confirm”
  • Tunggu beberapa saat, dan SLP Anda telah berhasil masuk ke akun Tokocrypto!

Itulah penjelasan lengkapnya mengenai Ronin Wallet. Ingin investasi aset kripto lainnya selain SLP? Yuk, daftarkan diri Anda dan selesaikan KYC-nya di Tokocrypto. Jangan lupa untuk bergabung dengan Komunitas Resmi Tokocrypto di Discord dan Telegram tuk tahu informasi lengkap mengenai aset kripto, ya

Popular

Exit mobile version