Connect with us

Academy

Apa Itu VeChain (VET)?

Published

on

Mengenal VeChain (VET). Sumber; Binance Academy.

Apa itu VeChain? Dalam ranah blockchain, VeChain merupakan tonggak penting yang menghadirkan solusi revolusioner bagi entitas bisnis di seluruh dunia.

Tak ada habisnya pemanfaatan teknologi blockchain di berbagai sektor industri, mulai dari manajemen rantai pasokan, upaya melawan pemalsuan, hingga pelacakan karbon. Keberhasilan berbagai sistem aplikasi ini sudah terbukti di kehidupan nyata. 

Dalam ekosistemnya, VET hadir sebagai koin yang mendorong kemajuan VeChain, sementara VTHO berfungsi sebagai token gas yang mendukung transaksi di blockchain VeChainThor, sebagaimana gas dalam jaringan Ethereum.

Pengenalan

VeChain adalah sebuah perusahaan yang didirikan pada tahun 2015 dan tampil sebagai penyedia solusi blockchain inovatif yang berbasis pada teknologi VeChainThor mereka. Perusahaan ini menjalin ikatan erat dengan komunitas industri dan otoritas pemerintahan Tiongkok, dan terus berupaya memperkuat hubungan tersebut.

Apa Itu VeChain (VET)?

Sejak diperkenalkan pada tahun 2015 sebagai bagian dari BitSE, sebuah perusahaan Blockchain-as-a-Service (BaaS) berbasis di Shanghai, VeChain telah muncul sebagai ekosistem bisnis yang terdistribusi dan memanfaatkan teknologi blockchain. Disejajarkan untuk membantu baik perusahaan kecil maupun raksasa, VeChainThor adalah jantung dari blockchain publik yang mereka miliki.

Vechain Foundation, yang bermarkas di Singapura, memainkan peran penting dalam mengawasi perkembangan, tata kelola, dan kesuksesan ekosistem VeChain.

Sebagai sebuah perusahaan yang sudah matang dalam ranahnya, VeChain memiliki beragam aplikasi bisnis dunia nyata yang sudah berjalan di blockchain VeChainThor. Seperti yang diungkapkan dalam VeChain Whitepaper 2.0, “Solusi ini bukanlah sekadar teori, tetapi telah diuji coba dan digunakan bersama lebih dari 700 perusahaan, termasuk perusahaan-perusahaan Fortune 100+.”

Advertisement

Badan induk VeChain juga telah memperoleh Sertifikat Layanan Blockchain dari TÜV Saarland, lembaga sertifikasi Eropa yang dihormati.

Cara Kerja VeChain (VET)

Blockchain VeChainThor berfungsi sebagaimana blockchain bisnis lainnya. Sejumlah perusahaan menggunakan ToolChain, produk Blockchain-as-a-Service (BaaS) dari VeChain, untuk membangun solusi berbasis blockchain mereka. Selain itu, VeChainThor juga mendukung smart contract.

Sebuah transaksi di blockchain VeChainThor memiliki kapasitas untuk mengeksekusi berbagai tugas. Salah satu fitur menariknya adalah pengguna aplikasi VeChain tidak harus memiliki mata uang kripto untuk melakukan transaksi. Alih-alih, pemilik aplikasi yang memfasilitasi transaksi, menciptakan pengalaman yang lebih bersahabat bagi pengguna umum.

Blockchain VeChainThor beroperasi dengan konsensus Proof of Authority (PoA), yang mendelegasikan wewenang kepada node tertentu dalam jaringan untuk mengonfirmasi transaksi. Artinya, transaksi hanya akan diterima dalam blok oleh Authority Masternodes yang wajib memiliki setidaknya 25.000.000 VET.

Apa Itu VET dan VTHO?

VeChain memiliki dua jenis token yang berbeda: VET dan VTHO.

VET (VeChain Token) digunakan untuk transaksi finansial di blockchain VeChainThor dan juga sering menjadi objek spekulasi di pasar kripto.

Sementara VTHO (VeThor Token) merupakan “token energi” yang diperlukan untuk mengeksekusi transaksi di jaringan VeChainThor. Pemilik VET dapat menghasilkan VTHO untuk digunakan dalam ekosistem blockchain VeChainThor.

Advertisement

Signifikansi VeChain (VET)

Salah satu poin kuat VeChain adalah keterikatan eratnya dengan Tiongkok, sebuah pasar blockchain yang menantang bagi perusahaan-perusahaan dari luar negeri. Walaupun berbasis di Singapura, perusahaan ini membangun kehadiran di Shanghai dan menerima investasi dari FutureCap, sebuah perusahaan ventura Tiongkok. CEO VeChain, Sunny Lu, adalah warga negara Tiongkok. Selain itu, VeChain menjalin berbagai kemitraan dengan berbagai instansi pemerintahan Tiongkok, termasuk Perserikatan Kesehatan Hewan dan Keamanan Makanan Tiongkok.

VeChain juga menjalankan sejumlah kolaborasi bisnis yang menghasilkan solusi praktis dalam dunia nyata di blockchain VeChainThor. Beberapa mitra terkemuka yang telah mengadopsi solusi VeChain meliputi PriceWaterhouseCoopers (PwC), Walmart China, Renault, dan Shanghai Waigaoqiao Direct Imported Goods.

Penggunaan VeChain (VET)

Mari kita telusuri beberapa contoh pemanfaatan teknologi VeChain. Namun, perlu diingat bahwa ini hanya sebagian kecil dari beragam kasus penggunaan yang tersedia. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menjelajahi perpustakaan Dapps VechainWorld.

Keamanan Makanan

Penerapan solusi berbasis blockchain telah membuka jalan menuju ekonomi makanan yang lebih transparan secara global. Melalui perangkat Internet of Things (IoT) yang didukung oleh VeChain, rantai pasokan dapat diawasi dari dekat, bahkan hingga ke produk, kendaraan, dan gudang penyimpanan.

Data lingkungan dan informasi lokasi dari perangkat IoT ini dapat diunggah, diverifikasi, dan disimpan secara desentralisasi di dalam blockchain VeChainThor. Beberapa perusahaan, seperti Shenzhen Yuhongtai Foods, telah berhasil mengimplementasikan solusi semacam ini.

Melawan Pemalsuan

Pemalsuan dalam pasar barang mewah adalah permasalahan serius. Namun, dengan mengintegrasikan chip terenkripsi dan memanfaatkannya untuk mencatat serta melacak logistik, penyimpanan, dan penjualan ulang, pemilik barang dapat memastikan keaslian produk mereka.

Metode ini telah digunakan dalam melacak anggur mewah oleh Shanghai Waigaoqiao Direct Imported Goods, serta dalam uji coba komponen kendaraan mewah Renault.

Advertisement

Rekam Medis

Sistem rekam medis yang konvensional seringkali tidak efisien dan rentan terhadap risiko keamanan. Sebagai alternatif, data berharga ini dapat disimpan dalam blockchain dengan akses terbatas bagi pasien dan pihak berwenang lainnya.

Aplikasi E-HCert berbasis VeChain akan segera dirilis untuk pasien di Mediterranean Hospital of Cyprus dan Aretaeio Hospital pada tahun 2021.

Pemantauan Emisi Karbon

Mendorong pengurangan emisi karbon dengan melacak aktivitas yang menghasilkan emisi, solusi ini memungkinkan konsumen untuk ikut serta dalam skema penghematan karbon. Ketika perangkat cerdas, seperti mobil atau peralatan, membuktikan bahwa konsumen menghasilkan emisi karbon yang lebih rendah, mereka dapat menerima kredit yang dapat digunakan untuk layanan energi.

Merek mobil listrik Tiongkok, BYD, telah menggunakan solusi VeChain untuk tujuan ini.

Cara Menyimpan VeChain (VET)

Anda dapat menyimpan VET dan VTHO, bersama dengan sejumlah aset kripto lainnya, dalam dompet resmi VeChainThor yang tersedia untuk iOS dan Android. Selain itu, dompet desktop resmi yang disebut VeChain Sync juga dapat digunakan dan diintegrasikan dengan perangkat Ledger untuk penyimpanan cold wallet.

Ada juga dompet pihak ketiga yang mendukung penyimpanan VET dan VTHO, seperti Trust Wallet, Cobo Wallet, Atomic Wallet, Arkane Wallet, MySafeWallet, Guarda Wallet, Ellipal, dan Exodus.

Penutup

VeChain adalah proyek yang ambisius dan telah memperkuat kehadirannya di pasar Tiongkok. Dengan sejumlah implementasi sukses di berbagai perusahaan terkemuka dalam ekosistem blockchain VeChainThor, perusahaan ini telah membuktikan kemampuannya dalam membantu bisnis menciptakan aplikasi blockchain yang bermanfaat.

Advertisement

Jika kamu ingin mengetahui lebih dalam mengenai aset kripto atau cryptocurrency, bisa baca artikel “Belajar Crypto untuk Pemula Mulai Dari Sini.”

Sumber: Binance Academy Indonesia

Popular