Bitcoin News

Bitcoin Naik di Atas US$ 30K untuk Pertama Kalinya dalam Seminggu

Published

on

Pasar kripto dan Bitcoin kembali bergairah pada Rabu (9/8) hingga menarik banyak investor dan trader melakukan akumulasi. Salah satu pendorong utamanya adalah karena imbal hasil obligasi pemerintah AS yang menuju penurunan tajam dan menyusul angka perdagangan China yang jauh lebih lemah dari perkiraan untuk bulan Juli.

Di samping itu, langkah ini juga dilakukan satu hari setelah raksasa pembayaran PayPal (PYPL) mengumumkan rencana untuk mengeluarkan stablecoin dalam beberapa hari mendatang.

Bitcoin (BTC) naik hanya sekitar 3% selama 24 jam terakhir menjadi US$ 30.068. Ini adalah kenikan harga pertama kali Bitcoin di atas US$ 30.000 sejak pergerakan yang sangat singkat di atas level tersebut pada 3 Agustus. Penggerak catatan lainnya pada hari Rabu termasuk solana (SOL), toncoin (TON) dan chainlink (LINK), semua keuntungan olahraga lebih dari 5%.

Harga Bitcoin Akhirnya Capai US$ 30.000

Grafik harian BTC/USDT. Sumber: TradingView.

Baca juga: Berkilauan atau Redup? Melihat Update Pengembangan Rupiah Digital

Harga BTC telah turun sejak mencapai level tertinggi US$ 31.818 pada 13 Juli. Penurunan tersebut terkandung di dalam saluran paralel menurun dan memuncak dengan level terendah US$ 28.585 pada 1 Agustus.

Meskipun turun, harga BTC bertahan di atas area support horizontal US$ 28.800, memvalidasinya berkali-kali. Pemantulan menciptakan sumbu panjang yang lebih rendah, dianggap sebagai tanda tekanan beli. Ini terutama terlihat pada sumbu 7 Agustus.

Advertisement

Harga telah meningkat sejak. Itu pecah dari saluran paralel pada 7 Agustus dan bergerak di atas US$ 30.000 keesokan harinya. BTC belum mengalami retracement sejak pecah.

Namun, terlepas dari peningkatan dan penembusan, BTC masih diperdagangkan di bawah area horizontal US$ 30.000. Ini adalah level krusial karena telah bertindak sebagai support sejak 24 Juli dan sekarang telah berubah menjadi resistance.

Harga BTC harus diklaim kembali untuk mengonfirmasi bahwa koreksi yang dimulai pada 15 Juli telah berakhir. Area US$ 30.000 akan mendukung pergerakan naik berikutnya dalam kasus tersebut.

Validasi Potensi Bullish Bitcoin

Baca juga: Momen Terbaik dalam Seminggu untuk Investasi Bitcoin, Kapan?

Terlepas dari lingkungan perdagangan biasa di pasar kripto, harga Bitcoin dapat memperpanjang prospek bullish yang ditunjukkan pada grafik harian di atas US$ 30.000 minggu ini. Investor yang mencari sinyal beli mungkin ingin memperhatikan indikator Moving Average Convergence Divergence (MACD).

Advertisement

Penembusan pola baji jatuh yang akan datang dapat terwujud dengan cepat jika pedagang mengindahkan panggilan untuk membeli BTC karena garis MACD berwarna biru melintasi di atas garis sinyal berwarna merah. Meskipun demikian, penembusan di atas US$ 30.000 harus diikuti dengan cermat untuk menentukan apakah penembusan tersebut berkelanjutan atau dapat berujung pada jebakan bulls.

Di sisi lain pagar, retracements tidak dapat dikesampingkan dan support di US$ 29.345 yang diperkuat oleh EMA 50 hari mungkin berguna untuk menahan situasi bearish sebelum memperumit situasi bulls di US$ 29.000 dan membuka jalan. cara untuk kerugian menjadi US$ 28.000 dan US$ 25.000.

Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi.

Advertisement

Popular

Exit mobile version