NFT

Cara Mencetak NFT Dengan Mudah

Published

on

Ketidakmungkinan pertukaran token atau NFT adalah konsep modern dalam cryptocurrency dan blockchain yang tampaknya beresonansi dengan audiens yang lebih luas, menarik lebih dari sekadar penggemar cryptocurrency. Penilaian eksplosif dari token ini terus menarik investor, pengumpul data digital, dan pembuat konten. Kegilaan NFT bisa dibilang masih pada puncaknya, jadi jika Anda ingin mengikuti tren ini dan membuat NFT sendiri atau sedang mencari cara untuk mendapatkan keuntungan dari kegemaran NFT ini, masuk akal.

Pada ulasan berikut ini kita akan membahas tentang cara mencetak NFT dengan mudah. Kemudahan ini karena memang proses pembuatan NFT tidak begitu teknis. Menggunakan alat yang tepat serta keterampilan computer secara dasar sudah bisa menjadi pegangan untuk mereka yang ingin mencetak NFT. Namun, sebelum anda memahami cara mencetak NFT maka anda perlu memahami terlebih dahulu tentang teknologi ini. 

Tentang NFT

Permintaan akan seni digital serta barang koleksi mengalami peningkatan seiring dengan banyaknya kampanye digitalisasi global. Karena teknologi blockchain adalah pendukung kepemilikan dan otentikasi yang terbukti, tidak mengherankan bahwa barang-barang digital dan langka semakin memasuki ruang blockchain. Ini adalah peningkatan tajam dalam jumlah token yang tidak dapat ditukar, atau lebih umum disebut NFT (akronim yang membuat banyak platform perdagangan terdengar “nifty”).

NFT menentukan keunikan token menggunakan standar token yang memberikan pengidentifikasi unik. Dengan kata lain, dua produk berbasis token NFT, meskipun terlihat mirip, tidak dapat digunakan dengan cara yang sama seperti dua Bitcoin. Kekekalan dan transparansi blockchain memungkinkan untuk melacak cap waktu pembuatan NFT, penulis asli, pemilik saat ini, dan pengidentifikasi unik lainnya. Semua data ini tersedia di buku besar publik dan tidak dapat diubah. NFT memang sangat ideal jika digunakan untuk melestarikan adanya kelangkaan serta membangun sebuah kepemilikan asset digital dan dunia nyata. Maka dari itu tidak heran jika banyak yang mulai mengadopsi NFT contohnya adalah artis, selebritis serta para kolektor.

Keberadaan NFT

Menurut para creator, NFT ini memberikan penawaran terkait dengan tingkat fleksibilitas yang tidak bisa ditemukan pada mteode konvensional. Metode konvensional yang dimaksud ialah pada saat menerima nilai dari penjualan sebuah karta seni, meme, video, mudik dan lain sebagainya. Adanya NFT ini bisa membuat creator menghindari perantara serta bisa mengakses pasar global secara langsung. Cara mencetak NFT dari karya anda serta melakukan penjualan di sebuah pasar NFT yang memiliki reputasi baik, maka anda bisa menjadikan sebuah pemasaran pada metode konvensional yang memiliki biaya intensif serta sumber daya yang baik. Hal ini menyebabkan anda memiliki saham pendapatan yang adil. 

Advertisement

Dalam NFT juga ada pembayaran komisi yang dilakukan secara terus-menerus pada seorang creator asli jika barang ataupun karya seninya berpindah ke tangan orang lain (seperti royalty). Hal ini bisa anda atur dengan menggunakan program klausa royalti sembari melakukan pencetakan token. Hal ini membuat penjualan seni ataupun barang digital anda membuat anda memiliki pasif income. 

Sebagai pengumpul atau investor data digital, NFT menyediakan sistem anti-pemalsuan untuk mencegah pemalsuan dan mempertahankan kepemilikan barang digital yang dibeli. Sementara banyak yang mengklaim bahwa orang dapat membuat salinan barang yang dibeli dengan NFT dan menguangkan sebagian besar biaya ini dalam prosesnya, keaslian barang disimpan dalam NFT yang disimpan dalam dompet digital, menghasilkan biaya tambahan sebagai pendapatan. Hak untuk bangga dan tidak kehilangan nilai lagi. Sama seperti pemalsuan tas Louis Vuitton tidak mengurangi nilai produk asli, reproduksi karya seni NFT yang tidak sah tidak mengurangi nilai produk asli.

Seberapa Penting Mencetak NFT?

Mencetak NFT bisa dikatakan sebagai hal yang sangat penting. NFT memiliki manfaat untuk anda seperti lebih banyaknya anda bisa mengontrol atas kekayaan intelektual anda. Ia juga menawarkan sebuah akses yang tidak diatur ke dalam jaringan global seni dan kolektor barang digital lain. NFT bisa menjadi sebuah gerbang untuk anda yang ingin memiliki, menjual serta melakukan pembelian asset digital yang unik serta langka. 

Cara Mencetak NFT

Sekarang setelah Anda siap membuat NFT, Anda harus memahami beberapa faktor yang dapat memengaruhi keputusan Anda tentang di mana dan bagaimana cara mencetak NFT pertama Anda. Hal pertama yang harus dipikirkan adalah bahwa beberapa blockchain mendukung standar token NFT. Daftar tersebut ialah Ethereum, Binance Smart Chain, Dapper Labs Flow, Tron, Tezos, Cosmos, EOS, WAX dan Polkadot. 

Jika Anda mencetak NFT di salah satu blockchain di atas, kemungkinan besar Anda tidak akan dapat mengirim atau menjualnya di blockchain lain. Jadi, anda perlu untuk meneliti pro dan kontra dari setiap ekosistem blockchain NFT sebelum membuat keputusan. Ulasan ini akan memandu Anda melalui proses pencetakan NFT ke Ethereum. Ethereum saat ini merupakan hub paling populer untuk NFT. Setelah Ethereum, ada Binance Smart Chain, yang lebih murah dalam hal biaya transaksi. Dengan kata lain, smartchain Ethereum dan Binance menjadi tuan rumah ruang NFT terbesar dan memberikan lebih banyak tampilan kepada pembeli NFT.

Advertisement

Blockchain yang dipilih menentukan susunan pasar NFT yang dapat Anda pilih. Untuk blockchain Ethereum, Anda memiliki akses ke daftar kaya platform NFT termasuk OpenSea, Rarible, dan Mintable. Sementara itu, pasar NFT khusus untuk Binance Smart Chain adalah BakerySwap, Juggerworld, dan Treasureland.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular

Exit mobile version