Crypto

Ethereum Shanghai Hard Fork Bakal Rilis Maret 2023, Apa Untungnya?

Published

on

Peningkatan Shanghai hard fork pada jaringan Ethereum sangat dinantikan oleh komunitas kripto. Kabarnya upgrade jaringan ini akan meluncur pada bulan maret 2023 mendatang.

Jaringan Ethereum beralih ke model penambangan proof-of-stake (PoS), yang secara efektif mengakhiri model penambangan proof-of-work (PoW). Transisi yang ditunggu-tunggu telah berlangsung pada 15 September 2022. Selanjutnya ada upgrade yang sudah dinantikan.

Shanghai hard fork akan mengeksplorasi tiga masalah penting Ethereum. Itu membuat perubahan pada format objek EVM, penarikan Beacon Chain, dan mengurangi biaya L2. Pembaruan Ethereum Shanghai diharapkan berlangsung pada awal 2023, beberapa bulan setelah The Merge.

Namun, sesuai perincian terbaru dari pengembang inti, tanggal yang diharapkan untuk pembaruan telah ditetapkan pada Maret 2023.

Ilustrasi Ethereum. Sumber: Getty Images.

Baca juga: Perbandingan Bitcoin, Emas dan Saham Tesla, Mana Lebih Unggul?

Peningkatan Ethereum

Peningkatan Ethereum Shanghai akan memungkinkan penarikan eter yang di-staking. Pembaruan besar berikutnya untuk jaringan ini akan memungkinkan validator menarik ether yang dipertaruhkan.

Advertisement

Timeline tentatif untuk peningkatan telah ditetapkan oleh pengembang inti. Ethereum Improvement Proposal (EIP) 4895 atau Shanghai kemungkinan akan menyediakan jaringan dengan fitur penarikan ether yang tidak ada.

“Penarikan akan diaktifkan dengan Shanghai yang saat ini direncanakan pada bulan Maret di mainnet jika semuanya berjalan sesuai rencana,” kata Pooja Ranjan, manajer proyek di Ethereum Cat Herders kepada The Block.

Kesulitan

Namun, jangka waktu yang diharapkan tidak tetap dan dapat bervariasi tergantung pada masalah yang mungkin dihadapi tim, termasuk kemungkinan kesulitan lainnya.

Pembaruan hard fork mungkin juga memberikan saran untuk meningkatkan Mesin Virtual Ethereum dan mengatasi masalah skalabilitas. Pada 18 Oktober, pemutakhiran yang dikenal sebagai Shandong ditayangkan di testnet.

Baca juga: Rencana Mark Zuckerberg Soal Metaverse Alami Hambatan Besar

Advertisement

Setelah hard fork, pemutakhiran EIP-4844 dirancang untuk memperkenalkan prototipe data-blob-transaction baru yang sebelumnya ditemukan oleh pengembang pada 21 Februari 2022. Saat ini, teknologi layer-2 seperti Optimistic Rollups dapat memindahkan komputasi Ethereum dan penyimpanan jaringan off-chain untuk meningkatkan skalabilitas sebesar 10x hingga 100x. 

Pengembang mengantisipasi bahwa memperkenalkan bundel portabel besar yang dapat berisi data lebih murah dalam transaksi Ethereum dapat meningkatkan kapasitas rollup hingga 100x. Namun, sementara pemutakhiran akan menurunkan biaya transaksi pada solusi lapisan-2, itu tidak akan memengaruhi biaya gas Ethereum.

Popular

Exit mobile version